Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

Resep Bubur Kacang Hijau yang Enak dan Empuk

Rizki Indra
Rizki Indra
18 Jun 2020
Clock Icon
3 menit
Bubur Kacang Hijau
Kepopuleran kudapan tradisional satu ini tak lekang oleh waktu. Bubur kacang hijau disukai oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Selain rasanya nikmat, di dalamnya juga terkandung vitamin, mineral, zat besi dan juga folat yang memiliki segudang manfaat untuk tubuh.

Makanan dengan sifat mengenyangkan ini biasanya disajikan bersama dengan santan gurih dan dalam keadaan hangat. Apalagi jika disantap pada saat musim hujan, tentu menimbulkan rasa yang lebih nikmat. Untuk membuatnya sangat mudah, berikut ini bahan dan cara membuatnya.

banner consideration shipping bg blue
Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah: 
  1. 125 gram kacang hijau
  2. 90 ml santan yang telah matang
  3. Garam secukupnya
  4. Dua lembar daun pandan
  5. Jahe secukupnya
  6. Gula pasir sesuai selera
  7. 67 5ml air
Cara membuatnya adalah sebagai berikut: 
  1. Rendam kacang hijau di dalam air selama kurang lebih 1,5 jam. 
  2. Setelah itu, masukkan ke dalam air yang telah mendidih. 
  3. Kemudian tambahkan pula jahe dan daun pandan. Semuanya dimasak dengan waktu 5 menit.
  4. Selanjutnya tutuplah panci tersebut, matikan kompornya, lalu diamkan hingga 30 menit agar semua bahan bisa meresap. 
  5. Kemudian nyalakan kembali, masukkan santan beserta gula pasir sesuai selera, masak selama 7 menit. 
  6. Jika kemanisannya sudah pas, padamkan apinya dan bubur siap disajikan!

Selain lezat ketika disantap dalam bentuk bubur, ternyata kacang ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Siapa sangka, bulir-bulir kecil ini menyembunyikan khasiat di balik bentuknya yang imut. Tak heran jika ibu hamil kerap kali disarankan untuk mengkonsumsinya, beberapa manfaat tersebut seperti:

1. Meningkatkan Daya Imun



Ketika tubuh terserang mikroba yang dapat mempengaruhi kesehatan, maka secara otomatis daya imun akan memerangi mikroorganisme tersebut. Oleh sebab itu, penting sekali menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Biji berwarna hijau ini memiliki senyawa antioksidan atau fitonutrien dalam bentuk fitoestrogen. Unsur bioaktif tersebut berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh, sebagai zat anti pembengkakan serta memerangi berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri, virus dan lain sebagainya.
banner consideration promotion bg blue

2. Mencegah Penyakit Kanker



Dalam kehidupan sehari-hari tentu tak lepas dari kegiatan mengonsumsi berbagai jenis makanan. Namun, siapa yang bisa memastikan jika segala yang masuk ke dalam tubuh tidak bersifat karsinogenik? Tentu kebenarannya memiliki peluang cukup tinggi untuk ikut terkonsumsi oleh manusia.

Oleh sebab itu, mengonsumsi makanan ini secara rutin dalam jumlah cukup mampu mencegah terjadinya mutasi dari sel-sel berbahaya di dalam tubuh. Kandungan karbohidrat golongan oligosakarida serta polifenol dapat memelihara DNA agar tidak mudah rusak juga menghambat pertumbuhan kanker.

3. Mengontrol Produksi Hormon saat PMS



PMS atau Premenstrual Syndrom dialami hampir oleh semua perempuan menjelang masa haid. Tak jarang beberapa di antaranya sering mengalami perubahan mood secara drastis bahkan ada yang merasakan nyeri. Gejala-gejala tersebut disebabkan oleh peningkatan hormon estrogen dan progesteron.

Hormon estrogen secara alamiah diproduksi setelah perempuan mengalami pubertas dan akan terus berproduksi hingga puncaknya adalah menjelang haid. Maka, penting sekali untuk mengendalikannya, salah satunya dengan mengonsumsi bubur lezat dari tumbuhan berkhasiat ini. Kandungan vitamin serta folatnya mampu melakukan kontrol.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Resep bubur kacang hijau dapat diterapkan di rumah dengan mudah. Bahan-bahannya juga tergolong sederhana. Selain itu, mengkonsumsi salah satu famili dari kacang-kacangan ini ternyata juga bisa membantu untuk menjaga kesehatan tubuh bahkan menyembuhkan berbagai penyakit.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.