Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

Resep Bubur Sumsum Cocok Untuk Kakek dan Nenek Tercinta

Rizki Indra
Rizki Indra
02 Feb 2021
Clock Icon
3 menit
Resep bubur sumsum jadi menu andalan untuk keluarga di rumah.
Bubur sumsum adalah salah satu hidangan tradisional Indonesia yang banyak disukai. Penggemar bubur sumsum ini berasal dari berbagai kalangan usia termasuk para lansia. Bukan tanpa alasan, bubur sumsum memang memiliki citarasa yang lezat, manis, dan lembut saat dimakan. Berikut resep bubur sumsum yang bisa kamu buat di rumah.
banner consideration shipping bg blue

1. Bubur Sumsum Pkamun



Untuk membuat bubur sumsum pkamun, kamu perlu menyiapkan beberapa bahan dulu yang terdiri dari tepung beras, air putih, gula pasir, garam, pasta pkamun, susu UHT, dan daun pkamun.

Jika semua bahan sudah tersedia, bersihkan 4 sampai 6 helai daun pkamun lalu blender hingga halus. Ambil sari daun pkamun yang tadi sudah diblender untuk dijadikan penambah cita rasa bubur sumsum pkamun. Setelah itu siapkan wadah untuk tepung beras, kemudian hangatkan susu UHT, garam, dan dua helai daun pkamun, tunggu hingga mendidih.

Jika sudah mendidih, masukkan tepung beras yang tadi sudah disiapkan lalu aduk hingga tepung membentuk gumpalan. Masukkan pasta pkamun yang tadi sudah disiapkan untuk memberi warna pada bubur sumsum. Jangan memasukkan terlalu banyak pasta pkamun karena dapat mempengaruhi rasa bubur sumsum. Jika sudah, aduk kembali dan tunggu hingga matang. Angkat dan sajikan bubur sumsum pkamun selagi hangat.
banner consideration promotion bg blue

2. Bubur Sumsum Sederhana



Jenis bubur sumsum yang satu ini paling mudah dibuat dan ditemukan di pasar. Meski sederhana, rasa dari bubur sumsum ini patut diacungi jempol. Pertama, siapkan bahan-bahan yang terdiri dari tepung beras, garam, santan, dan daun pkamun. Jika semua bahan sudah siap, bagi santan menjadi dua bagian yang sama. Rebus satu gelas santan bersamaan dengan lima helai daun pkamun sambil diaduk.

Setelah itu, ambil satu gelas santan yang tersisa lalu campur dengan tepung beras sambil diaduk agar tidak menggumpal. Tambahkan sejumput garam agar terasa lebih nikmat lalu masukkan adonan tersebut ke dalam santan yang tadi sudah melalui proses perebusan. Aduk agar bubur sumsum tidak menggumpal.

Jika adonan sudah tercampur rata, matikan api dan lanjut membuat pelengkapnya. Agar bubur sumsum semakin nikmat, cincang gula merah lalu rebus dengan menggunakan api kecil. Lalu masukkan daun pkamun ke dalam rebusan gula merah tadi dan aduk rata hingga aroma pkamun tercium harum. Setelah itu rebus santan yang tersisa untuk dijadikan kuah pada bubur sumsum lalu sajikan dengan bubur sumsum yang sudah matang. Agar lebih nikmat, sajikan selagi masih hangat.

3. Bubur Sumsum dengan Tambahan Keju



Keju adalah salah satu makanan yang bisa diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Siapkan dulu bahan-bahan utamanya yang terdiri dari santan kara siap pakai, keju kraft, gula merah, tepung beras, dan air. 
Pertama, campurkan dulu air dan gula muerah lalu panaskan hingga mendidih, angkat jika sudah matang. Kemudian, masukkan santan, air dan parutan keju ke dalam panci kecil. Setelah itu, sisihkan sebagian santan yang sudah dicampur dengan air dan taruh di wadah berupa gelas panjang.

Lalu, campurkan tepung beras dan santan kemudian aduk hingga merata agar adonan tidak menggumpal. Masak santan dengan api kecil, aduk rata lalu masukkan campuran tepung beras dan santan yang tadi sudah dibuat. Tunggu hingga matang, angkat dan sajikan selagi bubur masih hangat, terakhir tambahkan parutan keju sebagai pelengkap.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Demikianlah daftar resep bubur sumsum yang bisa dibuat di rumah. Bubur sumsum sangat cocok disajikan selagi hangat dan sangat melegakan untuk pencernaan. Sangat sesuai dikonsumsi untuk berbagai suasana. Selamat mencoba resep ini ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.