Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

Resep Capcay Kuah Sederhana dan Enak Dinikmati Bersama Keluarga

Rizki Indra
Rizki Indra
03 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Resep capcay kuah bisa dibuat dengan mudah untuk menu makan keluarga.

Resep capcay kuah merupakan salah satu menu andalan Lemomoms saat harus memasak dalam waktu singkat. Masakan ini bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah, karena memang tidak ada patokan khusus.


Meski demikian, capcay termasuk jenis masakan sehat untuk keluarga di rumah. Sebab, berbagai sayur dan bahan lain yang digunakan menyimpan banyak nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan. Sebenarnya, dari mana sih masakan capcay berasal?

Asal Usul Capcay


Sebenarnya, menu capcay bukanlah masakan khas Indonesia, melainkan dari negara China. Menariknya, makanan lezat ini justru kurang diakui di negara asal, karena dianggap sebagai makanan murahan.


Hal ini dikarenakan menu capcay merupakan hasil kreasi para koki kerajaan, karena merasa sayang dengan sisa sayuran. Perlu kamu ketahui, keluarga istana dulu tidak mau memakan makanan sisa. 

Alih-alih terbuang percuma, para koki memasaknya menjadi hidangan capcay. Lain hal dengan Indonesia yang justru menyambut baik dengan hidangan ini.


Indonesia kaya akan jenis sayuran dan rempah-rempah, sehingga capcay mendapat respon positif. Hanya saja, ada sedikit adaptasi terhadap menu tersebut, karena disesuaikan dengan selera masyarakat.

Resep Memasak Capcay Kuah Sederhana


Selain memesannya di restoran Chinese Food, kamu bisa memasak capcay sendiri di rumah. Tidak hanya praktis dan bergizi, capcay kuah akan terasa lebih mantap saat disantap dalam keadaan hangat.


Ditambah dengan cuaca mendung atau hujan gerimis, rasanya akan semakin luar biasa. Untuk menambah cita rasa, kamu bisa menambahkan air kaldu saat memasaknya. Tak perlu berlama-lama, ini dia bahan dan cara pembuatan capcay kuah:

Bahan utama:

Bahan bumbu iris:

Bumbu untuk saus:

Cara memasak:

  1. Panaskan minyak, lalu tumis bawang bombay, bawang putih, dan irisan cabai.
  2. Tumis hingga harum, lalu masukkan daging ayam dan udang. Masak hingga setengah matang.
  3. Tambahkan kembang kol dan wortel, tuang sedikit air. Biarkan hingga setengah matang.
  4. Masukkan tomat dan sawi hijau ke wajan, aduk rata. Tunggu sampai sawi terlihat layu.
  5. Tuangkan bumbu saus, aduk hingga rata.
  6. Setelah rata, tambahkan air kaldu, biarkan sampai mendidih.
  7. Tambahkan larutan tepung maizena. Aduk hingga rata, biarkan air mendidih dan sedikit mengental. Jangan lupa untuk cek rasa. Jika ada yang dirasa kurang, kamu bisa menambahkan bumbu penyedap (optional).
  8. Angkat dan capcay kuah siap disajikan bersama keluarga.

Nah, itulah resep capcay kuah beserta cara memasaknya yang bisa kamu coba di rumah. Dengan resep ini, kamu bisa menyajikan menu masakan sehat, mudah dibuat, dan tentunya lezat untuk keluarga. Jadi, yuk coba resep capcay kuah ini sekarang juga!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.