Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

Resep Ceker Mercon yang Mudah Diolah untuk Menu Keluarga

Rizki Indra
Rizki Indra
04 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Resep ceker mercon cocok jadi menu keluarga yang enak dan lezat.

Ceker adalah salah satu bagian dari ayam yang cocok untuk diolah menjadi makanan pedas. Olahan ceker super nikmat ini bisa dijadikan lauk maupun dimakan tanpa nasi. Kuliner ini begitu digemari setelah makanan pedas menjadi tren. Anda juga bisa membuat olahan ceker lezat di rumah. Berikut resep ceker mercon ala rumahan yang mudah dan sederhana.

1. Ceker Mercon Simple


Resep satu ini paling simple dan gampang diikuti di rumah. Bahan yang perlu Anda siapkan hanyalah beberapa potong ceker ayam, sesuaikan dengan porsi masing-masing.  Selanjutnya, siapkan bahan bumbu halusnya yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabai rawit, kunyit, cabai keriting, jahe, kemiri, serai, daun jeruk, gula pasir, daun salam, kecap manis, garam, daun seledri, dan air.


Jika semua bahan sudah siap, cuci ceker, buang kuku dan kulit kerasnya. Setelah itu rebus dengan air secukupnya, tunggu hingga ceker menjadi lebih empuk, angkat dan tiriskan. Haluskan semua bumbu yang sudah disiapkan, kecuali serai, daun salam, dan daun jeruk. Setelah itu, panaskan minyak dan tumis bumbu hingga tercium bau harum.


Masukkan serai, daun jeruk, dan daun salam. Terakhir, masukkan ceker yang tadi sudah direbus kemudian tambahkan satu gelas air. Bubuhkan garam, gula pasir, dan kecap manis agar rasa ceker mercon semakin nikmat. Masak hingga air menyusut, koreksi rasa, angkat jika sudah matang. Tata di piring saji, sajikan ceker mercon selagi hangat.

2. Ceker Mercon Kuah


Makanan satu ini cocok untuk Anda makan saat sedang hujan. Untuk membuatnya, siapkan bahan-bahan yang terdiri dari ceker ayam, saus sambal, saus tiram, daun jeruk, perasan air jeruk nipis, bawang bombay, tepung beras, gula pasir, minyak goreng. Bumbu halusnya bisa Anda buat dari cabai rawit, bawang putih, dan cabai merah.


Langkah pertama untuk membuatnya adalah mengupas kulit kasar ceker kemudian mencucinya sampai bersih. Setelah itu rebus ceker bersama daun jeruk hingga lunak lalu buang airnya. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum kemudian masukkan bawang bombay, tunggu hingga layu.


Masukkan saus tiram dan saus sambal lalu tambahkan ceker, beri bumbu berupa garam dan gula. Tuangkan air sampai ceker tenggelam, masak hingga air menyusut lalu koreksi rasa. Terakhir, larutkan tepung beras ke dalam air secukupnya dan masukkan bersama dengan air perasan jeruk nipis. Ceker mercon kuah siap untuk dinikmati bersama keluarga.

3. Ceker Mercon Pedas Manis

Resep ceker mercon satu ini cocok untuk Anda yang ingin merasakan ceker mercon pedas manis. Hal ini bisa menjadi resep yang tepat untuk Anda pecinta citarasa pedas namun enggan untuk memakan belasan cabai rawit yang membuat mulut terasa terbakar. Untuk membuatnya, Anda membutuhkan beberapa bahan yang terdiri dari ceker ayam, jahe, daun jeruk, santan, kecap manis, daun bawang, garam, daun seledri, gula pasir, dan minyak goreng.


Bumbu halus yang Anda butuhkan adalah bawang merah, cabai rawit, bawang putih, merica bubuk, dan gula merah. Pertama, buang kuku pada ceker lalu cuci dan rebus ceker hingga empuk. Panaskan sedikit minyak goreng lalu tumis bumbu halus hingga tercium aroma harum.


Setelah itu, masukkan ceker yang sudah direbus, jahe yang dimemarkan, dan daun jeruk. Aduk rata agar bumbu tercampur, tambahkan kecap manis dan santan, tunggu sampai santan mendidih. Aduk sampai air menjadi menyusut, koreksi rasa. Terakhir, tambahkan daun bawang dan seledri sebagai pelengkapnya. Angkat jika dirasa sudah matang, makan selagi hangat.


Demikianlah tiga resep ceker mercon paling mudah untuk dibuat di rumah. Anda bisa dengan mudah mencari bahan-bahannya di sekitar. Ceker mercon paling cocok dinikmati saat hujan. Bagaimana? Ingin mencoba membuat ceker mercon di rumah?

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.