Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

Resep Cumi Asin Mudah Cocok Untuk Teman Makan Nasi

Rizki Indra
Rizki Indra
06 Mar 2021
Clock Icon
4 menit
Resep cumi asin cocok jadi menu makanan yang enak di rumah.

Siapa nih diantara kamu yang menyukai olahan cumi? Salah satu yang banyak difavoritkan adalah cumi asin. Dibalik rasanya yang enak, siapa sangka jika resep cumi asin ternyata mudah dibuat sendiri lho. Cumi asin atau cumi kering biasanya ada yang berbentuk kecil kemudian dikeringkan dengan campuran garam.

banner consideration shipping bg blue

Ada juga cumi kering yang ukurannya sudah agak besar, sehingga sebelum dimasak perlu dipotong-potong sesuai selera. Harganya jauh lebih murah daripada ikan cumi segar saat musim. Untuk memasak cumi asin kering yang enak sebagai teman makan nasi, ikuti panduan berikut ya!

Resep Olahan Cumi Asin 


Bahan utama untuk memasak cumi asin tentu adalah cumi asin kering. Untuk porsi 4-5 orang sekali makan kamu bisa menyiapkan sekitar 250 gram cumi kering. Ukuran ini bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera. Selain cumi kering, siapkan air panas kira-kira 500 ml ketika sudah siap memasak.

Sebelum mulai memasak, cuci bersih cumi kering kemudian siram dan rendam dengan air panas yang sudah disiapkan. Biarkan hingga 20 menit. Sementara sambil menunggu, kamu bisa menyiapkan bumbu sebagai berikut:

banner consideration promotion bg blue

Cara membuatnya adalah:

  1. Cuci lagi dan tiriskan cumi yang sudah direndam air panas tadi kemudian potong-potong sesuai selera. Kamu tidak perlu memotong lagi jika cumi kering yang digunakan berukuran kecil (squid baby).
  2. Iris tipis bawang merah, bawang putih, cabai merah dan cabai rawit. Lengkuas bisa diiris tipis atau digeprek. Kemudian sisihkan.
  3. Tuang 2-3 sendok makan minyak goreng atau olive oil ke dalam wajan. Nyalakan kompor dan biarkan sejenak sampai minyak panas. Lalu tumis bumbu iris tersebut hingga harum. Masukkan juga lengkuas dan daun salam.
  4. Setelah harum, masukkan potongan petai dan tumis lagi hingga layu. Lalu masukkan cumi dan tutup wajan atau teflon selama 3 hingga 5 menit dengan api sedang cenderung besar.
  5. Tambahkan air jika dirasa kurang. Namun biasanya dari cumi yang sudah dicuci masih mengandung air, jadi tidak perlu ditambahkan lagi agar tidak terlalu berkuah. Biarkan cumi dan bumbu kembali dalam keadaan tertutup.
  6. Setelah 5 menit, pastikan cumi sudah matang dan empuk. Pastikan juga rasanya tidak terlalu asin. Untuk cumi asin yang rasanya sudah mempengaruhi bumbu sehingga airnya terasa asin, maka tidak perlu ditambahkan garam lagi. Namun jika cumi keringnya tidak terlalu asin, silahkan tambahkan sedikit garam.
  7. Tambahkan gula pasir sebanyak 1 sendok makan, kemudian tes rasa. Jika ternyata masih terlalu asin, tambahkan satu sendok makan lagi gula pasir. Kemudian biarkan mendidih lagi dan bumbu meresap. Di tahap ini kamu bisa juga menambahkan kaldu daging atau kaldu jamur sesuai selera.
  8. Jika dirasa kurang pedas, kamu bisa menambahkan Lemonilo Chilota (Chili Tabur Alami). Produk Lemonilo yang dibuat dari cabe pilihan dan digiling hingga lembut dengan rasa ekstra pedas.
  9. Angkat dan matikan kompor. Lalu pindahkan ke mangkuk atau piring lauk. Seporsi tumis cumi asin siap dinikmati bersama nasi hangat.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikian resep cumi asin yang mudah dibuat di rumah dan cepat saji. Selamat menikmati sajian tumis cumi yang lezat bersama sepiring nasi hangat. Kamu bisa tambahkan tahu yang sudah digoreng dan dipotong ke dalam tumisan cumi jika suka. Atau tidak menyertakan petai jika kurang suka dengan aromanya. Selamat mencoba resep ini ya Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.