Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

Resep Gado-Gado Sederhana Mudah dan Enak Buatan Sendiri

Rizki Indra
Rizki Indra
26 Feb 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak resep gado-gado yang mudah dibuat.
Dunia kuliner Indonesia dikelilingi oleh berbagai macam jenis makanan yang lezat dan menyehatkan, salah satunya adalah gado-gado. Kuliner khas Indonesia satu ini terbuat dari macam-macam sayuran yang direbus kemudian dibumbui dengan bumbu kacang. Umumnya, sayuran yang terdapat pada gado-gado adalah kol, kacang panjang, daun selada, kangkung, kentang, dan masih banyak lagi. Berikut resep gado-gado yang bisa kamu tiru.

1. Gado-Gado Khas Surabaya



Meski berasal dari Indonesia, gado-gado di setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing, salah satunya adalah Surabaya. Untuk isiannya, siapkan bahan seperti tauge, kacang panjang yang sudah direbus, kol rebus yang diiris tipis, timun, tahu goreng, telur rebus, emping melinjo, lontong, daun selada, tomat, kentang, dan bawang goreng yang digunakan untuk taburan.

Saus kacang gado-gado bisa kamu buat dari cabai keriting, kacang tanah, bawang putih, gula pasir, gula merah, asam jawa, terasi, garam, santan, tepung beras yang dicairkan, kentang rebus yang dipotong kasar, dan kecap manis.

Pertama, goreng kacang tanah dan bawang putih hingga matang dan berwarna kecoklatan. Haluskan seluruh bahan saus yang sudah disiapkan kecuali santan dan kecap manis  dengan menggunakan ulekan. Masukkan bahan saus yang sudah diulek ke dalam panci, beri santan sedikit demi sedikit lalu aduk rata.

Masak hingga mendidih sambil terus diaduk, beri tepung beras yang agar adonan saus menjadi lebih kental. Aduk hingga saus mendidih dan siap disiramkan pada isian gado-gado. Tata sayuran yang sudah direbus di piring, beri tambahan telur, tahu goreng dan lontong. Siram isian dengan menggunakan saus kacang yang tadi sudah dibuat. Terakhir, taburi bawang goreng dan emping melinjo sebagai pelengkap.

2. Gado-Gado Semarang



Tak ingin ketinggalan, Semarang juga mengeluarkan varian gado-gado terbaiknya. Siapkan dulu bahan-bahan yang terdiri dari kerupuk, tomat, bawang putih, cabai rawit merah, santan kental, kacang tanah, garam, air secukupnya, minyak sayur, daun jeruk, air asam jawa, gula merah, selada, kol, kentang rebus yang sudah dipotong, telur rebus, timun, tauge, kacang panjang rebus, tempe goreng, dan tahu yang sudah digoreng.

Pertama, panaskan dulu minyak lalu masukkan cabai rawit merah, bawang putih dan daun jeruk yang sudah dihaluskan. Tunggu hingga bumbu matang dan mengeluarkan aroma yang harum. Setelah itu, masukkan santan dan kacang tanah yang sudah dihaluskan. Aduk rata dan tunggu hingga saus kacang sedikit mengental.

Masukkan bahan lain seperti gula merah, air asam jawa, dan garam, aduk semua bahan lalu tunggu hingga matang. Terakhir, tata semua sayuran dan isian di piring dan siram dengan saus kacang yang tadi sudah dibuat. Sebagai pelengkap, beri tambahan kerupuk dan tomat.

3. Gado-Gado Padang



Untuk membuat gado-gado Padang, siapkan beberapa bahan yang terdiri dari lontong, selada, kol, tauge, timun, telur rebus, emping goreng, mie kering kuning, kentang rebus, kacang panjang rebus, tahu goreng, dan bawang goreng. Untuk bahan saus, gunakan bawang merah, bawang putih, cabai merah, jahe, cabe rawit, pala, merica, dan ketumbar.

Pertama, tumis bumbu halus yang digunakan untuk saus hingga mengeluarkan aroma harum. Agar lebih nikmat, beri tambahan lengkuas, daun jeruk, dan daun salam, aduk hingga bumbu matang. Masukkan kacang tanah yang sudah dihaluskan, air, dan santan. Tambahkan kecap manis, air asam jawa, garam, seledri, daun bawang, dan gula sebagai pelengkapnya.

Masak hingga kuah mendidih dan sedikit mengental, angkat dan tunggu sampai kuah menjadi lebih dingin. Tata seluruh isian di wadah atau piring, siram dengan saus kacang yang tadi sudah dibuat, beri taburan bawang goreng dan emping agar lebih lezat.

Demikianlah beberapa resep gado-gado yang bisa kamu tiru di rumah. Gado-gado memiliki citarasa yang lezat dan kaya akan nutrisi karena mengandung banyak sayuran bergizi. Selain itu, gado-gado cocok untuk kamu yang sedang menjalani program diet.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.