Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

Resep Gudeg Nangka, Ini Cara Pengolahannya Supaya Enak

Rizki Indra
Rizki Indra
07 Feb 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak resep gudeg nangka yang mudah diolah.
Gudeg menjadi hidangan paling populer dari Yogyakarta yang dibuat dari olahan nangka. Resep gudeg nangka biasanya menggunakan daun jati untuk menambah aroma dan warna kecoklatan ketika matang. Gudeg sendiri termasuk makanan dengan rasa yang memanjakan lidah dengan rasa gurih dan legitnya.

Tidak hanya enak, bahan gudeg yang terbuat dari nangka muda juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Itu karena kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Nah, mengkonsumsi nangka muda dalam bentuk sajian gudeg bisa jadi ide yang tepat untuk kamu.
banner consideration shipping bg blue

Resep gudeg nangka terdiri dari beberapa macam, diantaranya yaitu gudeg kering, gudeg basah, dan ada juga gudeg khas Solo. Bagi kamu yang ingin mengolah nangka muda, gudeg bisa dijadikan pilihan untuk. Berikut ini resep gudeg nangka yang dapat dijadikan referensi memasak!

1. Resep Gudeg Basah



Bahan-bahan:


Bumbu halus:


Cara membuat:

  1. Pertama rebus nangka yang sudah dipotong-potong, sebentar saja.
  2. Haluskan semua bahan bumbu halus dengan cobek atau blender, jika sudah halus campurkan dengan setengah air kelapa, aduk-aduk.
  3. Ambil panci letakkan daun salam di dasarnya dan diikuti irisan lengkuas. Kemudian masukkan nangka yang sudah direbus bersama gula aren dan telur rebus.
  4. Masukkan bumbu bercampur air kelapa ke dalamnya. Tuangkan juga sisa air kelapa dan sebagian santan ke dalam panci hingga nangka dan telur terendam.
  5. Masak dengan api sedang kurang lebih selama 2 jam. Jika air santan sudah menyusut sisihkan telur dari panci. Tuangkan kembali sisa santan sambil diaduk sampai potongan nangka hancur.
  6. Masukkan kembali telur ke dalamnya fab masak dengan api kecil selama 3-4 jam sambil sesekali diaduk.
  7. Tunggu hingga santan benar menyusut dan berwarna kemerahan. Jika sudah menyusut tuangkan gula aren atau kuah opor keatas gudeg tersebut. Gudeg basah siap dihidangkan dengan nasi hangat.
banner consideration promotion bg blue

2. Resep Gudeg Kering



Bahan-bahan:

  • 1 kg nangka muda dipotong-potong
  • 1 liter santan encer
  • 5 sdm air asam jawa
  • 1 ruas lengkuas
  • 1 genggang kulit bawang merah
  • 3 lembar daun jati
  • 8 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jambu biji

Bumbu halus:

  • 15 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 150 gr gula merah
  • 3 sdt garam
  • 4 sdm ketumbar

Cara membuat:

  1. Langkah pertama haluskan semua bumbu halus. Kemudian letakkan kulit bawang merah, daun jati, dan daun jambu di dasar panci.
  2. Masukkan juga nangka, daun salam, santan, lengkuas, dan bumbu halus di atas daun-daun tersebut.
  3. Masak hingga tekstur nangka empuk dan bumbunya meresap. Masukkan garam, air asam jawa,dan gula merah dan masak kembali dengan api kecil hingga santan mengental. Untuk hasil gudeg kering yang maksimal masak selama 12 jam.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah resep gudeg nangka basah dan kering yang bisa dicoba sendiri di rumah. Selain lezat, olahan gudeg tersebut juga mudah untuk dibuat sebagai hidangan bersama keluarga di rumah. Dengan 2 resep tersebut, diharapkan kamu bisa lebih variatif lagi dalam mengolah dan mengkonsumsi gudeg ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.