Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

Resep Kepiting Asam Manis untuk Menu Keluarga Terlezat

Rizki Indra
Rizki Indra
06 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Nikmati enaknya resep kepiting asam manis yang mudah dibuat di rumah.

Sebagai salah satu seafood dengan peminat terbanyak, kepiting banyak diolah menjadi masakan-masakan lezat yang menggiurkan. Kepiting asam manis menjadi olahan kepiting yang banyak diminati. Perpaduan antara rasa asam dan manis ditambah dengan daging kepiting yang lembut dapat menggugah selera makan Anda. Berikut resep kepiting asam manis ala rumahan yang lezat dan mudah untuk dibuat.

1. Resep Kepiting Asam Manis Simple


Resep pertama ini yang paling mudah untuk Anda ikuti di rumah. Untuk membuatnya, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan penting seperti kepiting, bawang putih, jagung, bawang bombay, daun bawang, wortel, cabai merah, telur, air, margarin, minyak goreng, garam, gula stavia, saus cabai, saus tomat, kecap manis, saus tiram, merica bubuk, dan air jeruk nipis. Untuk bumbu halusnya, Anda perlu menyiapkan cabai merah, bawang putih, dan bawang merah.


Pertama, bersihkan dulu bagian tubuh kepiting lalu cuci hingga kepiting bersih, rebus sebentar sampai warnanya berubah. Setelah itu angkat dan tiriskan kepiting, letakkan pada wadah lain. Selanjutnya, panaskan minyak goreng atau margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan bawang merah, cabai, dan bawang putih yang sebelumnya telah dihaluskan, masak hingga warnanya mulai berubah.


Setelah itu masukkan jagung, wortel, dan air, masak hingga teksturnya berubah menjadi lunak. Ambil kepiting yang tadi sudah direbus kemudian masukkan ke dalam bumbu, aduk agar bumbunya merata. Tambahkan saus tiram, saus sambal, saus tomat, garam, gula stavia, merica bubuk, kecap manis, dan perasan air jeruk nipis, aduk semua bahan agar tercampur rata.


Periksa rasa, sisihkan kepiting kemudian masukkan telur. Setelah telur berubah tekstur menjadi berserabut, aduk kembali hingga menyatu dengan kepiting. Terakhir, masukkan daun bawang dan irisan cabai, aduk lalu matikan api. Sajikan kepiting asam manis selagi masih hangat.

2. Kepiting Asam Manis Jagung


Kepiting sangat cocok jika dipadukan dengan jagung. Siapkan bahan yang terdiri dari kepiting, daun salam, serai, jahe, udang kupas, jagung manis. Belah kepiting menjadi dua bagian lalu rebus menggunakan jahe, serai, dan daun salam hingga matang, angkat kemudian tiriskan. Jangan buang air sisa rebusan karena nanti akan dipakai kembali. Kupas udang kemudian rebus sebentar, angkat lalu tiriskan. Potong-potong jagung manis, rebus lalu taruh di wadah lain.


Untuk bumbunya, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan yang terdiri dari bawang putih cincang, bawang bombay, margarin, cabai besar, daun jeruk, daun salam, daun bawang, lada bubuk, saus tomat, saus tiram, kecap asin, kecap ikan, tepung maizena, telur, minyak goreng, dan air kaldu bekas rebusan kepiting yang tadi sudah disisihkan.


Setelah semua bahan siap, panaskan margarin atau minyak, tumis bawang bombay, bawang putih, cabai, daun salam, dan daun jeruk. Jika sudah mengeluarkan aroma harum, masukkan lada bubuk, garam, saus, dan gula stavia, aduk hingga rata. Tambahkan air kaldu sisa rebusan kepiting, aduk kembali.


Setelah itu, tambahkan telur dan aduk sembari melakukan koreksi rasa. Jika dirasa sudah pas, masukkan jagung manis, kepiting dan daun bawang, aduk hingga bumbu merata. Masak sampai bumbu meresap, terakhir masukkan udang dan larutan maizena. Campur kembali lalu tunggu hingga bumbu benar-benar meresap. Angkat jika sudah matang kemudian sajikan dengan nasi hangat yang pulen.


Demikianlah rangkaian resep kepiting asam manis ala rumahan yang paling mudah untuk Anda buat. Harga dari kepiting asam manis di restoran memang terbilang cukup mahal. Maka dari itu, lebih baik memasaknya sendiri di rumah dengan menggunakan resep-resep diatas.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.