Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

Resep Kepiting Saos Padang Terenak dan Sederhana

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Resep kepiting saos padang cocok jadi menu keluarga yang enak dan lezat.

Kepiting merupakan salah satu jenis seafood yang paling populer di Indonesia. Citarasa dari kepiting lezat yang dipadukan dengan berbagai jenis bumbu atau rempah membuat hidangan dari kepiting menjadi begitu populer. Salah satu olahan kepiting yang populer di Indonesia adalah kepiting saus padang. Bumbu saos padang yang lezat dipadukan dengan daging kepiting yang lembut membuat makanan ini terkesan ‘mewah’. Anda bisa membuat olahan lezat ini di rumah. Berikut resep kepiting saus Padang yang bisa Anda tiru di rumah.

1. Kepiting Saus Pedas Sederhana


Resep pertama ini sangat mudah untuk Anda ikuti. Pertama, siapkan bahan-bahannya yang terdiri dari kepiting, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, kemiri, garam, saos tiram, tomat merah, air, serai, bawang bombay, kecap manis, dan air. Untuk membuat kepiting saos padang ala rumahan ini, pertama cuci kepiting hingga bersih kemudian potong menjadi beberapa bagian lalu kukus selama kurang lebih 15 menitan.


Sembari menunggu daging kepiting matang, haluskan bumbu berupa bawang merah, bawang putih, cabai rawit dan cabai merah. Tumis bumbu halus hingga mengeluarkan aroma harum lalu masukkan air secukupnya. Aduk hingga merata, masukkan kecap manis, garam, saos tiram, dan gula. Setelah itu, angkat kepiting kukus, masukkan ke dalam bumbu yang telah di tumis.


Campur seluruh bahan dengan bumbu hingga tercampur merata. Kocok telur dalam wadah tersendiri kemudian masukkan ke dalam bumbu yang telah ditumis. Masak selama beberapa saat hingga bumbu menjadi lebih kental dan meresap. Kepiting saos pedas sederhana siap disajikan bersama nasi hangat.

2. Kepiting Rajungan Udang Saus Padang


Kepiting juga bisa dipadukan dengan jenis seafood lain seperti udang. Salah satu jenis kepiting yang paling banyak digunakan adalah kepiting rajungan. Anda bisa menggunakan kepiting rajungan dan udang untuk menyajikan hidangan ini. Bahan yang perlu Anda siapkan adalah kepiting rajungan berukuran sedang, udang berukuran sedang, bawang bombay, jahe, daun salam, serai, saos tomat, saos sambal, saos tiram, air mineral, garam, gula, olive oil, telur, dan daun bawang. Siapkan bumbu halusnya berupa bawang putih, bawang merah, dan kemiri.


Setelah semua bahan lengkap, rebus kepiting rajungan bersama dengan dua lembar daun salam dan bawang bombay yang telah dipotong, tambahkan 1 sendok olive oil. Sembari menunggu kepiting siap, haluskan bawang merah dan kemiri. Panaskan margarin atau minyak goreng lalu masukkan bumbu yang telah dihaluskan, tumis hingga berbau harum. Tumis secara terus menerus agar bumbu tidak gosong.


Masukkan jahe yang telah digeprek, serai, bawang bombay, saos tiram, dan dua lembar daun salam., setelah itu oseng kembali. Selanjutnya, masukkan saos tomat dan sambal, ganti saos tomat dengan saos sambal jika ingin mendapatkan rasa pedas yang lebih tajam. Masukkan kepiting rajungan dan udang, goreng pelan agar tercampur dengan merata. Jangan mengaduknya terlalu kasar karena dapat membuat rajungan menjadi hancur, tambahkan air secukupnya. Tunggu hingga terdapat letupan mendidih kemudian tambahkan gula dan garam.


Jika sudah mendidih, masukkan telur dan hancurkan perlahan, oseng kembali hingga matang. segera matikan kompor jika dirasa sudah matang. Jangan memasaknya hingga overcook karena dapat membuat tekstur udang menjadi keras. Sajikan diatas piring saji lalu santap bersama nasi hangat.


Kepiting memang dapat menjadi hidangan lezat yang menggugah selera. Selain lezat, kepiting memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Anda bisa memasaknya dengan bumbu khas Indonesia yang lezat. Resep kepiting saos Padang diatas sangatlah mudah untuk Anda terapkan di rumah.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.