Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

Resep Nasi Uduk Ala Rumahan Mudah Enak Disantap Di Pagi Hari

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Mar 2021
Clock Icon
3 menit
Resep nasi uduk sangat mudah dibuat oleh pemula.

Resep nasi uduk banyak dicari orang yang ingin membuat sendiri di rumah, meskipun makanan ini banyak dijajakan di sekitar tempat tinggal. Namun, tak ada salahnya membuat sendiri di rumah. Sebab, dengan membuat sendiri, tentu dapat disesuaikan dengan selera favorit masing-masing anggota keluarga.banner consideration shipping bg blue

Nasi uduk memang menjadi favorit banyak orang. Seporsi nasi uduk yang gurih karena kandungan santannya, disajikan lengkap dengan aneka lauk pendukungnya. Di antaranya adalah perkedel, ayam goreng, semur jengkol, kering kentang, bihun atau mie goreng. Ingin membuat sendiri di rumah? Berikut ini resep nasi uduk yang bisa kamu coba:


Bahan:

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, silahkan cuci beras hingga bersih, kemudian sisihkan terlebih dahulu.
  2. Campurkan air dan santan, tambahkan serai dan lengkuas yang telah digeprek. Masukkan juga daun salam dan kaldu bubuk. Koreksi rasa dan tambahkan bumbu yang dirasa kurang.
  3. Rebus campuran santan menggunakan api sedang, aduk sesekali agar santan tidak pecah. 
  4. Saat santan mendidih, masukkan beras, aduk hingga merata. Masak terus hingga air terserap oleh beras. Aduk sesekali agar tidak ada nasi yang lengket di panci. Jika santan sudah terserap semua, angkat panci dan sisihkan.
  5. Panaskan panci kukus hingga airnya mendidih. Masukkan beras yang sudah bercampur santan dan kukus selama kurang lebih 25 menit. Setelah nasi matang, angkat.

Mudah, bukan, membuatnya? Nasi uduk yang pulen, enak, dan cocok disantap di pagi hari sudah siap dihidangkan.  Untuk lauk pelengkapnya, dapat dipilih sesuai selera kesukaan keluarga.  Ada berbagai macam lauk yang sering dijadikan pelengkap saat menyantap hidangan yang umum tersaji saat sarapan ini. Membuat lauk tersebut tidak sulit karena umumnya lauk nasi uduk memang tergolong simpel. Berikut ini beberapa di antaranya.

banner consideration promotion bg blue

1. Perkedel Kentang


Lauk yang satu ini memang pas menjadi pelengkap nasi uduk. Cara membuatnya pun mudah. Kentang dikupas, dipotong-potong, kemudian digoreng. Setelah itu, haluskan dan campur bersama bawang putih halus, merica, garam, dan sedikit terigu. Bentuk bulat gepeng dan goreng dengan dilapisi telur yang dikocok lepas.

2. Telur Dadar Tahu


Telur dadar saja sudah enak, apalagi jika ditambahkan tahu kukus. Caranya, peras tahu yang sudah dikukus, kemudian blender bersama telur, bawang putih, sedikit cabe jika suka, dan garam. Kemudian goreng dengan minyak sedikit dan api sedang. Cita rasanya yang gurih dan sedikit pedas, klop dengan rasa nasi uduknya.

3. Bihun Atau Mi Goreng


Pelengkap nasi uduk lainnya adalah bihun atau mie goreng. Jika memilih mie goreng, tak ada salahnya menggunakan mi instan Lemonilo yang diproduksi dengan menambahkan ekstrak bayam. Selain praktis, mie instan ini lebih sehat karena tidak menggunakan MSG, pengawet, maupun perasa buatan dan diproses dengan cara dipanggang.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah tadi resep nasi uduk ala rumahan yang mudah dan enak untuk dijadikan menu sarapan. Ternyata menyajikan sarapan enak untuk keluarga, cukup mudah, bukan? Memasak sendiri di rumah memang lebih disarankan karena dapat menjamin kebersihan dan mutu makanan yang disajikan untuk keluarga. Dengan demikian, kesehatan keluarga pun dapat terjaga. Namun, mengonsumsi nasi uduk untuk sarapan, sebaiknya tidak setiap hari. Hal ini disebabkan kandungan kalori dan karbohidratnya cukup tinggi. Sebaiknya konsumsi sesekali saja dan dalam porsi secukupnya.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.