Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

Resep Olahan Sayur Labu dan Segudang Manfaatnya!

Rizki Indra
Rizki Indra
30 Dec 2020
Clock Icon
4 menit
Tumis labu siam tahu jadi salah satu resep sayur labu yang bisa dicoba.
Salah satu olahan paling terkenal dari labu adalah sayur labu. Sayur yang terbuat dari labu ini begitu disukai berkat rasanya yang lezat dan bisa dipadukan dengan berbagai jenis bahan masakan lainnya. Tidak hanya memiliki rasa yang lezat dan nikmat saja, labu memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Berikut resep olahan sayur dari labu yang bisa kamu tiru di rumah.
banner consideration shipping bg blue

1. Sayur Labu Fiber Crème



Resep ini cocok untuk kamu yang ingin mengurangi konsumsi makanan mengandung santan. Bahan yang perlu kamu siapkan hanyalah labu siam besar, daun bawang, wortel, air, dan fiber crème. Untuk bumbu halusnya, siapkan bawang putih, lengkuas, daun jeruk, cabe rawit, bawang bombay, kunyit, daun salam, lada bubuk, garam, gula merah, gula putih, dan kaldu bubuk.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, iris labu siam, wortel, dan daun bawang berbentuk korek api. Kemudian ambil bawang bombay dan iris kasar. Cuci bersih seluruh bumbu.
  • Haluskan bawang putih dan kunyit, lalu tumis bawang bombay hingga mengeluarkan bau yang harum.
  • Jika bawang bombay sudah mengeluarkan bau harum, masukkan bumbu halus dan bumbu lain diikuti dengan labu siam, wortel, dan daun bawang. Tumis hingga setengah matang saja.
  • Larutkan bubuk fiber crème dengan menggunakan satu gelas air, campur ke masakan yang sudah kamu buat.
  • Tambahkan air secukupnya dan masukkan garam. gula putih, kaldu bubuk, serta gula merah. Sebelum matang, jangan lupa untuk koreksi rasa lebih dulu.

2. Sayur Labu Jepang Simple Ala Anak Kos



Untuk kamu yang ingin merasakan kelezatan labu siam tanpa harus mengeluarkan banyak uang, resep satu ini bisa kamu coba. Pertama, siapkan bahan berupa labu siam, bawang merah, daun bawang, bawang putih, bawang goreng, garam, minyak untuk menumis , dan air secukupnya.
banner consideration promotion bg blue

Cara membuat:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengiris daun bawang, bawang merah, dan bawang putih. Belah labu siam lalu kupas kulitnya. Jika sudah terkupas semua, iris tebal labu siam.
  • Tumis bawang merah dan bawang putih menggunakan minyak atau margarin jika tidak ingin terlalu berminyak dan api sedang. Masukkan daun bawang, tunggu sampai mengeluarkan bau harum.
  • Tambahkan air, masukkan labu siam yang sudah dipotong jika sudah mendidih. Aduk sebentar dan tutup agar labu siam lebih cepat matang.
  • Cek kematangan labu, beri garam, koreksi rasa, lalu matikan jika dirasa semua sudah pas. Beri taburan bawang goreng diatasnya agar lebih nikmat.

3. Tumis Labu Siam Tahu



Labu siam bisa diolah menjadi berbagai jenis bahan masakan sederhana yang nikmat dan bergizi tinggi. Bahan yang kamu butuhkan hanyalah labu siam, tahu kulit, telur, bawang putih, cabai hijau, bawang merah, daun salam, lengkuas, gula merah, garam, minyak goreng, dan air.

Cara membuat:

  • Pertama, tumis bawang putih, cabai hijau, bawang merah, daun salam, dan lengkuas yang sudah digeprek hingga harum.
  • Taruh ke bagian pinggir wajan dulu lalu ceplokkan telur, aduk sampai terlihat seperti butiran.
  • Masukkan labu siam dan tahu, kemudian beri garam dan gula merah yang sudah disisir. Aduk kembali dan tambahkan air secukupnya, masak sampai seluruh bumbu meresap.
  • Angkat jika dirasa sudah matang.

Labu siam sendiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Kandungan nutrisi yang ada dalam labu siam ini juga sangat banyak diantaranya kalium, karbohidrat, glukosa, serat, protein, kalsium, magnesium, vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, vitamin C, natrium, kalium. Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang ada di labu siam, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah resep olahan sayur labu dan segudang manfaat yang bisa kamu dapatkan. Semoga artikel resep sayur dari labu ini dapat membantu kamu dalam mengolah labu siam. Selamat mencoba!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.