Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

Resep Pembuatan Klepon Makanan Tradisional Mudah dan Enak

Rizki Indra
Rizki Indra
02 Feb 2021
Clock Icon
3 menit
Nikmati lezatnya klepon dengan resep klepon yang enak.
Bagi para penggemar jajanan pasar, klepon tentu menjadi salah satu jajanan yang banyak disukai. Camilan tradisional ini memiliki citarasa manis dan kenyal. Sensasi ‘meledak’ yang berasal dari gula merah didalamnya membuat camilan ini terasa semakin lezat. Klepon bisa dengan mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional. Nah, bagi Lemonizen yang ingin membuat klepon di rumah, berikut resep klepon yang bisa kamu ikuti.
banner consideration shipping bg blue

1. Klepon Ubi Ungu



Jika klepon identik dengan warna hijau, kamu bisa berkreasi dengan membuat klepon ubi ungu. Sama seperti namanya, klepon ini berbahan dasar ubi ungu. Untuk membuat klepon ini, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan yang terdiri dari ubi ungu kukus, tepung ketan, vanili bubuk, gula pasir, kelapa parut, air panas, dan gula merah sebagai isian.

Pertama, haluskan ubi ungu yang sudah dikukus lalu campur dengan tepung ketan, gula pasir, dan vanili bubuk. Tambahkan air panas sedikit demi sedikit sambil diuleni agar adonan menjadi lebih kalis dan bisa dibentuk. Jika adonan sudah kalis dan bisa dibentuk, buat bulatan-bulatan kecil.
 
Beri tambahan gula merah yang sudah disisir pada bagian tengah adonan. Didihkan air yang nanti akan digunakan untuk merebus klepon, masukkan klepon satu persatu, biarkan hingga mengembang dan terangkat. Jika sudah matang, tiriskan lalu gulingkan pada parutan kelapa yang sudah dikukus sebelumnya. Klepon ubi ungu siap dinikmati dengan secangkir kopi.

2. Klepon Buah Naga



Varian klepon berwarna ungu satu ini bukan terbuat dari ubi ungu melainkan buah naga. Kendati berasal dari dua bahan utama yang berbeda, cita rasa dari kedua klepon ini juga sedikit berbeda. Pertama, siapkan buah naga, garam, tepung ketan, gula merah yang disisir, dan kelapa parut yang dikukus.
banner consideration promotion bg blue

Jika semua bahan sudah disiapkan, kupas buah naga dan haluskan menggunakan garpu atau blender. Setelah itu, campur seluruh bahan menjadi satu dan tuang air hangat sedikit demi sedikit sampai adonan tercampur rata dan kalis. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat lalu masukkan gula merah sisir  di tengahnya. 
Didihkan air lalu masukkan klepon yang tadi sudah dibuat. Masak hingga klepon mengambang di permukaan air, setelah itu angkat dan gulingkan pada kelapa yang tadi sudah diparut. Agar lebih terasa nikmat, bubuhkan sejumput garam pada parutan kelapa tersebut.

3. Klepon Labu Kuning



Variasi klepon satu ini juga tidak kalah dari kedua klepon sebelumnya. Labu kuning dikenal sebagai salah satu makanan penuh gizi yang bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan lezat. Untuk membuat klepon labu kuning, siapkan bahan yang terdiri dari labu kuning kukus, tepung ketan, gula pasir, kelapa parut, gula merah sisir, garam, air, dan vanili bubuk.

Pertama, campurkan kelapa parut dengan sedikit garam lalu kukus selama lima menit saja, angkat dan taruh di wadah lain agar dingin. Haluskan labu kuning yang tadi sudah dikukus, beri tambahan gula, tepung ketan dan garam. Uleni adonan hingga kalis dan dapat dibentuk, bentuk adonan menjadi bulat-bulat lalu beri gula merah sisir di bagian tengahnya.

Siapkan air, didihkan dalam panci, masukkan adonan klepon yang tadi sudah dibentuk dan tunggu hingga matang. Jika klepon terlihat sudah matang, angkat dan tiriskan, lalu gulingkan pada parutan kelapa yang tadi sudah dikukus. Klepon labu kuning siap dinikmati bersama keluarga tercinta.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah deretan resep klepon yang bisa kamu tiru di rumah. Tidak hanya proses pembuatannya yang sederhana, bahan yang digunakan untuk membuat klepon juga mudah ditemukan di sekitar. Maka dari itu, kamu bisa langsung mencoba deretan resep diatas. Selamat mencoba resep ini ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.