Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

Resep Peyek Kacang Lezat Gurih dan Nikmat, Wajib Coba

Rizki Indra
Rizki Indra
02 Feb 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak resep peyek yang mudah dibuat.
Berbicara tentang makanan pendamping khas Indonesia, peyek atau rempeyek tentu tidak boleh terlewatkan. Lauk yang terkenal dengan citarasa gurih dan renyahnya ini banyak digemari karena mudah dibuat dan biasanya dijual dengan harga terjangkau. Untuk kamu yang ingin mencoba membuat peyek, berikut adalah resep peyek kacang yang bisa kamu ikuti.
banner consideration shipping bg blue

1. Resep Peyek Kacang Tanah Renyah



Kacang tanah seringkali diselipkan dalam peyek. Untuk membuat peyek kacang tanah yang renyah, siapkan tepung beras, kacang tanah yang sudah dipotong menjadi dua bagian, daun jeruk yang diiris tipis-tipis, tepung tapioka, telur, dan air. Untuk bumbu halus, gunakan bawang putih, kunyit, kencur, kemiri, lada bubuk, ketumbar, dan garam.

Pertama, letakkan air dalam wadah lalu masukkan bumbu halus, tepung tapioka, tepung beras, daun jeruk, dan telur, kemudian aduk seluruh bahan hingga tercampur rata. Tambahkan kacang tanah lalu aduk kembali agar seluruh adonan tercampur. Panaskan minyak, siram bagian pinggir wajan dengan minyak panas lalu tuang satu centong adonan searah horizontal ke bagian tepi wajan, jangan menggorengnya di genangan minyak panas. Goreng hingga peyek berwarna kuning kecoklatan, angkat, tiriskan dan hidangkan.

2. Peyek Teri Super Pedas



Untuk membuat peyek super pedas, kamu perlu menyiapkan beberapa bahan seperti kacang tanah, tepung beras, tepung tapioka, daun jeruk, teri, telur, dan air. Selain itu siapkan bahan halusnya yang terdiri dari bawang putih, kunyit, lada bubuk, kemiri, kencur, ketumbar, dan garam.
banner consideration promotion bg blue

Pertama, rendam teri dalam air selama kurang lebih dua jam lalu sisihkan. Buat adonan peyek yang terdiri dari tepung beras, telur, daun jeruk, tepung tapioka, bumbu halus, dan air, kemudian aduk hingga seluruh adonan tercampur rata. Panaskan minyak lalu goreng peyek hingga seluruh adonan habis. Angkat dan tiriskan, peyek teri super pedas siap dinikmati.

3. Peyek Kacang Hijau



Selain kacang tanah, kacang hijau juga bisa digunakan sebagai isian pada peyek. Pertama, siapkan kacang hijau, telur, kaldu bubuk, tepung beras, daun jeruk, dan air secukupnya. Untuk bumbu halus, kamu bisa membuatnya dari kemiri, kencur, ketumbar, bawang putih, kunyit, dan garam.

Jika semua bahan dan bumbu halus sudah siap, rendam kacang hijau menggunakan air panas lebih dulu. Rendam hingga kacang hijau menjadi lebih lunak, lalu sisihkan. Campur tepung, daun jeruk, bumbu halus, kaldu, telur, dan air menjadi satu, aduk hingga seluruhnya tercampur rata, kemudian masukkan kacang hijau dan aduk kembali.

Panaskan minyak untuk menggoreng peyek lalu tuang kurang lebih satu centong adonan ke bagian pinggir wajan. Goreng hingga peyek berwarna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.

4. Peyek Teri Medan



Satu lagi varian peyek yang bisa kamu buat di rumah adalah peyek teri Medan. Siapkan dulu bahan-bahannya yang terdiri dari teri Medan, tepung beras, tepung tapioka, telur, daun jeruk yang diiris tipis, air, dan minyak untuk menggoreng.

Untuk bumbu halusnya, kamu bisa menggunakan bawang putih, kemiri, kaldu bubuk, dan ketumbar. Pertama, rendam teri Medan selama kurang lebih 2 jam, setelah itu tempatkan di wadah lain. Campur bumbu halus, tepung beras, telur, daun jeruk, air, dan tepung tapioka, aduk rata seluruh bahan. Panaskan minyak dalam wajan, lalu goreng peyek di bagian pinggir wajan hingga seluruh adonan habis. Angkat dan tiriskan jika peyek teri Medan sudah matang.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah beberapa resep peyek kacang yang bisa kamu coba buat di rumah. Peyek cocok untuk kamu jadikan lauk maupun camilan. Selain bisa dikonsumsi sehari-hari, peyek juga bisa kamu jadikan ladang bisnis dengan menjualnya di kedai atau warung. Selamat mencoba resep ini ya Bund!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.