Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

Resep Sambal Dabu-Dabu Terenak dan Sehat Ala Rumahan

Rizki Indra
Rizki Indra
02 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Resep sambal dabu-dabu cocok jadi menu keluarga yang enak.

Sambal adalah salah satu makanan kesukaan masyarakat Indonesia. Ibaratnya, makan tidak akan terasa enak jika tidak menggunakan sambal. Ada berbagai jenis sambal yang biasa dikonsumsi, salah satunya adalah sambal dabu-dabu. Resep sambal dabu-dabu juga banyak dicari karena rasanya yang lezat dan unik.


Sebagai informasi, sambal dabu-dabu adalah sambal khas Manado yang memiliki citarasa pedas dan nikmat. Umumnya, sambal dabu-dabu ini digunakan untuk mendampingi ikan goreng, ikan bakar, seafood, dan lain sebagainya. Berbagai bahan dipadukan menjadi satu sambal lezat yang menggugah selera. Berikut resep sambal dabu-dabu ala rumahan yang bisa Anda tiru.

1. Sambal Dabu-Dabu Asli


Seperti yang sudah diketahui, sambal dabu-dabu menjadi lebih populer sejak munculnya kreasi resep olahan sambal dabu-dabu terbaru. Sebelum mempelajari perihal kreasi resep, Anda perlu mencoba untuk membuat sambal dabu-dabu asli. Rasa pedas yang dipadukan dengan sensasi menyegarkan membuat sambal ini cocok untuk dijadikan makanan pendamping.


Pertama, siapkan bawang merah, cabai rawit merah, tomat merah, tomat hijau, gula pasir, dan air jeruk lemon. Setelah itu, iris tipis bawang merah dan cabai rawit merah. Potong tomat berbentuk dadu. Jika semua bahan sudah tersedia, letakkan pada wadah. Beri gula pasir dan air peras jeruk lemon. Diamkan selama 10 menitan agar seluruh bahan termarinasi sempurna. Sambal dabu-dabu siap untuk dinikmati.

2. Ikan Pindang Sambal Dabu-Dabu


Sambal dabu-dabu memang paling mantap jika disajikan dengan ikan. Kali ini, Anda bisa mencoba untuk membuat hidangan olahan dabu-dabu yang lezat ini. Untuk membuat ikan pindang sambal dabu-dabu, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan seperti ikan pindang, bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, tomat, cabai rawit, serai, gula, garam, minyak goreng, dan bumbu untuk goreng ikan. Jika tidak memiliki ikan pindang, Anda bisa menggantinya dengan ikan sarden.


Pertama, siapkan dulu bahan-bahan yang akan digunakan. Goreng ikan dengan bumbu goreng yang sudah disiapkan, goreng menggunakan api sedang. Tunggu hingga ikan matang, angkat dan tiriskan. Pindahkan ikan ke piring setelah minyaknya sudah hilang. Potong-potong bahan yang akan digunakan untuk sambal. Sajikan ikan pindang sambal dabu-dabu ini dengan nasi hangat agar semakin lezat.

3. Ikan Kembung Bakar Sambal Dabu-Dabu


Sambal dabu-dabu sangat cocok disantap bersama dengan ikan bakar. Ada banyak ikan yang cocok untuk dijadikan ikan bakar, salah satunya adalah ikan kembung. Untuk membuatnya, Anda membutuhkan beberapa bahan seperti ikan kembung, jeruk nipis, kecap manis, minyak goreng, margarin, dan saus tiram. Untuk membuat sambal dabu-dabu, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan seperti tomat, jeruk nipis, cabai, bawang merah, garam, dan gula pasir.


Setelah seluruh bahan siap, cuci ikan terlebih dahulu. Siapkan bumbu marinasi ikan yang terbuat dari saus tiram dan kecap manis, beri tambahan jeruk nipis lalu balurkan pada seluruh bagian ikan. Sebelum dibakar, simpan dalam kulkas selama 30 menitan. Setelah itu bakar ikan sambil diolesi margarin.


Jika ikan kembung sudah matang, Anda bisa meletakkannya di piring lalu lanjut membuat sambal dabu-dabunya. Pertama potong tomat, bawang merah, dan cabai. Letakkan pada mangkuk lalu tambahkan garam, jeruk nipis, dan gula. Aduk  hingga merata, sajikan di piring dengan sambal dabu-dabu. Sebagai pelengkap, gunakan nasi hangat agar semakin pas.


Sambal sabu-sabu memiliki citarasa pedas dan menyegarkan. Selain mudah dibuat, sambal ini cocok untuk dipadukan dengan berbagai jenis lauk. Resep sambal dabu-dabu ala rumahan diatas bisa dengan mudah Anda buat. Selamat mencoba resep ini ya Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.