Resep Sayur Asem Nikmat dan Sehat

15 Mei 2019 @ 11:28:33
Sayur asem jadi sajian khas Indonesia yang selalu punya tempat di hati penikmatnya. Tiap daerah di Indonesia punya bervariasi sajian sayur asem lezat yang menunjukkan budaya masing-masing daerah. Salah satunya dengan menyajikan sayur asem bersama bahan yang populer dan mudah ditemukan di masing-masing daerah.

Di daerah Betawi biasanya olahan sayur asem menggunakan asam kandis sedangkan sayur asem di Jawa biasanya menggunakan asam jawa. Tampilan sayur asem di tiap daerah juga berbeda-beda, kuah sayur asem dari Sumatra biasanya berwarna agak merah dan keruh, sedangkan sayur asem Betawi berkuah bening. 

Tak hanya lezat, sajian otentik Indonesia ini juga punya manfaat baik untuk diet dan kesehatan. Kira-kira bahan apa saja dari sayur asem yang bisa membuatnya kaya manfaat ya? Ini dia jawabannya!

  • Asem untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Walaupun memiliki banyak variasi berbeda, sayur asem selalu menggunakan asem sebagai bumbu masak utamanya. Asem, selain sebagai campuran bumbu dapur dan penambah rasa dalam tiap masakan ternyata punya banyak khasiat, misalnya untuk mengatasi konstipasi (sembelit), gangguan liver dan melancarkan pencernaan. Bagi kamu yang sedang menjalani diet, khasiat ini sangat penting. Asem juga bisa membantumu untuk menurunkan berat badan karena buah asem dapat memperlambat produksi lemak serta menekan nafsu makan. 

  • Kacang Panjang dan Labu Siam Bisa Lancarkan Pencernaan

Salah satu bahan yang sering digunakan dalam sayur asem adalah kacang panjang. Seperti asem, kacang panjang dapat membantu melancarkan pencernaan serta mencegah sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Labu siam juga jadi salah satu komponen sayur asem yang cocok dikonsumsi saat diet, karena labu siam mengandung kalori rendah dan kaya serat. Selain itu labu siam memberi efek kenyang lebih lama dan tidak mengandung lemak jahat. Manfaat lain labu siam adalah untuk melancarkan pencernaan.

  • Melinjo Membantu Cegah Penumpukan Lemak Pada Tubuh

Melinjo merupakan salah satu bahan yang kehadirannya membuat sayur asem terasa lebih lengkap. Bahan lezat ini juga memiliki manfaat untuk diet. Kandungan stilbenoid dalam melinjo membantu menghambat kerja enzim lipase, sehingga membantu menekan penyerapan dan penumpukan lemak pada tubuh. 

Gimana Lemonizen, tertarik untuk menyajikan sayur asem untuk makan siang keluarga hari ini? Nih, Moni kasih kamu beberapa resep sayur asem lezat khas beberapa daerah yang bisa jadi pilihan menu masak sehatmu!

Sayur Asem Jawa Tengah 

Keunikan sayur asem dari Jawa Tengah adalah bumbunya yang tidak dihaluskan, melainkan diiris. Untuk membuatnya, masukkan irisan cabai merah, cabai hijau, bawang putih, dan bawang merah ke dalam air mendidih bersama daun salam dan lengkuas. Setelah itu, masukkan sayuran lainnya seperti melinjo, labu siam, kacang panjang, dan jagung manis. Setelah sayuran matang, masukkan larutan asem jawa yang terbuat dari asem jawa yang telah dilarutkan dengan 2 sendok makan air panas. Setelah dibumbui dengan gula dan garam, sayur asem pun siap disajikan.

Sayur Asem Bumbu Kuning

Sayur asem Bumbu Kuning ini terasa istimewa dengan penambahan terasi bakar dan kunyit bakar. Sayur asem ini juga menggunakan kangkung untuk menambah cita rasa dan nutrisi hidangan. Untuk membuatnya, haluskan kemiri yang telah disangrai, kunyit dan terasi yang telah dibakar, dan bawang merah. Setelah itu rebus bumbu halus dalam air bersama garam, gula merah, daun salam, melinjo, dan lengkuas. Masak hingga melinjo matang, lalu tambahkan jagung manis, labu siam, daun melinjo, dan air asam. Sayur Asem Bumbu Kuning pun siap tersaji.

Sayur Asem Ikan Patin

Ikan patin lezat juga bisa diolah menjadi sayur asem. Caranya, haluskan bawang putih, bawang merah, jahe, kencur, kemiri, terasi, dan kunyit. Setelah itu, tumis bumbu halus tersebut hingga harum bersama asem jawa, laos, dan serai. Bila bumbu sudah siap, masukkan bumbu tumis tersebut ke dalam air, lalu rebus bersama labu siam, ikan patin, cabai hijau, dan belimbing wuluh. Bumbui dengan garam dan gula sesuai selera, lalu sajikan sayur asem ikan patin ini untuk keluarga.

Selain lezat dan sehat, sayur asem merupakan sajian otentik Indonesia yang muncul dari kekayaan budaya Indonesia. Masih ragu sajikan sayur asem untuk keluarga?


Artikel Terkait

Resep Berbuka Lezat, Sehat & Praktis Ala Lemonilo
Buka puasa jadi salah satu momen yang berkesan saat Ramadan. Euforia buka puasa bagi sebagian orang bahkan ditandai deng..
Shella Rafiqah Ully
17 Mei 2019
Diet Sukses dengan Konsumsi Olahan Ayam Sehat
Diet enggak melulu tentang aturan makanan sehat yang jauh dari kata nikmat atau aturan makan secara ketat yang akhirny..
Shella Rafiqah Ully
25 Februari 2019
Buat Ayam Goreng Kremes? Ini Resep Terbaiknya Biar Nggak Cuma Itu-Itu Aja!
Ayam goreng kremes sudah menjadi santapan dan kuliner yang banyak disukai oleh orang Indonesia. Bukan hanya orang dewasa..
OT Handoko
12 Desember 2018