Resep Sop Iga yang Lezat Gurih dan Istimewa Ada 5 Rahasianya

Hidangan berkuah dengan daging yang nikmat ini memang favorit semua orang. Sop iga merupakan jenis makanan yang bisa kamu temukan di berbagai daerah di Indonesia lho, tentunya dengan ciri khas daerah masing-masing. Nah, agar sop iga lezat dan gurih ada rahasia memasak resep sop iga. Yuk, cek resepnya berikut ini:
Bahan-bahan yang harus kamu siapkan adalah:

  1. 1 kg iga sapi sapi
  2. 2 liter air
  3. 2-5 buah wortel, potong sesuai selera
  4. 2 buah ukuran sedang, potong dadu
  5. 3 buah tomat ukuran sedang, potong jadi 4-6 bagian
  6. 1 buah bawang bombay ukuran besar, potong dadu
  7. 1 batang kayu manis 
  8. 15 gram bunga lawang
  9. 4 butir cengkeh
  10. 3 butir kapulaga
  11. 2 batang daun bawang, iris tipis (sisakan untuk garnish)
  12. 2 batang seledri, potong beberapa bagian (sisakan untuk garnish)
  13. Mentega secukupnya
  14. 6 sdt garam
  15. 6 sdt gula pasir
  16. Kaldu bubuk secukupnya
  17. 7 -8 siung bawang putih dimemarkan
  18. 1 sdt lada hitam 
  19. 1/4 sdt bubuk pala
  20. 1/4 sdt Merica bubuk
Cara membuatnya:

  1. Tumis semua bumbu menggunakan mentega secukupnya.  
  2. Rebus dua liter air sampai mendidih dalam panci berukuran besar dan masukkan iga sapi.
  3. Masukkan bumbu yang sudah ditumis ke dalam kaldu dan masukkan ke dalam rebusan iga.
  4. Rebus daging minimal selama satu jam menggunakan api kecil, biarkan sampai daging lembut dan mulai terpisah dari tulangnya.
  5. Kemudian saring kaldu agar terpisah dari rempah dan iga sapi. 
  6. Sisihkan kuah kaldunya untuk  digunakan kembali.
  7. Siapkan panci, rebus lagi kaldu hingga mendidih. Masukkan potongan daging iga dan kentang, rebus sampai kentang empuk.
  8. Masukkan wortel dan tomat, rebus sekitar semenit.
  9. Tambahkan gula, garam, dan lada putih, pakailah penyedap rasa dari Lemonilo rempah alami yang bisa kamu dapatkan di Lemonilo.com. 
  10. Cicipi rasanya, kalau sudah pas, matikan api.
  11. Tambahkan potongan seledri dan daun bawang. Sajikan.
Setelah mengetahui resep sop iga tersebut, kamu juga harus tahu rahasia agar sop iga yang kamu buat bisa memiliki rasa yang lezat dan gurih. Apa aja sih rahasianya? 

1. Pemilihan Iga Sapi 

Iga sapi bisa kamu peroleh di supermarket atau pasar tradisional. Kalau kamu membeli di pasar tradisional, biasanya harus dibeli semuanya termasuk bagian pangkal tulang iga yang besar, pilih saja iga sapi yang menyisakan lapisan daging yang tebal. Minta juga pada tukang daging untuk memotong menjadi potongan kecil. Kalau kamu membeli di pasar swalayan, pilih iga sapi potongan short riba. Potongan tulang yang kecil dengan lapisan daging yang tebal, dan yang ada lapisan lemak tipis. 

banner consideration promotion bg blue

2. Saat Perebusan 

Saat mencuci iga pastikan cuci bersih dengan air dingin agar semua kotorannya larut. Lalu didihkan air secukupnya dalam panci dan masukkan potongan iga, biarkan hingga mendidih. Angkat air rebusan pertama ini dan taruh kembali iga dalam panci, tambahkan air panas dan didihkan dengan api kecil. 

3. Cara Menumis Bumbu 

Untuk mendapatkan rasa gurih dan enak, gunakan mentega saat menumis bumbu. Masukkan bumbu yang sudah ditumis ke dalam kaldu dan masukkan ke dalam rebusan iga. Tambahkan merica, pala dan garam. 

4. Tambahkan Sayuran 

Untuk menambah nutrisi dan kelengkapan rasa tambahkanlah sayuran, seperti kentang dan wortel. Tambahkan sayuran tersebut saat daging iga sudah empuk.  Masukkan dulu sayuran yang perlu waktu lama untuk lunak, seperti kentang baru masukkan wortel dan sayuran lainnya. 

5. Pelengkap 

Sebagai pelengkap, sebelum disajikan tambahkan irisan daun bawang, bawang goreng, sambal rawit dan jeruk nipis jika suka. Nikmati saat masih hangat agar terasa gurihnya.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Itulah resep sop iga yang bisa kamu coba dengan mudah. Jangan lupa juga lakukan rahasia diatas agar sop iga yang kamu buat bisa lebih lezat. Selamat mencoba! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami