Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

Resep Telur Balado Enak dan Mudah Ala Rumahan Wajib Coba

Rizki Indra
Rizki Indra
14 Mar 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak resep telur balado yang enak.

Resep telur balado yang enak, memang menjadi incaran para penikmat kuliner. Jika mengetahui resep yang mudah, tentunya dapat memasak kapanpun di rumah, untuk disajikan bagi keluarga. Teknik pengolahan hidangan khas Minangkabau ini memang memiliki cita rasa yang menggoda dengan paduan bumbu dan cabainya. banner consideration shipping bg blue


Ciri khas masakan Minang adalah penggunaan bumbu yang kaya dan terkesan tidak ragu-ragu. Selain itu, masakan Minang juga terkenal akan cita rasa pedasnya yang menggigit. Begitu juga yang tampak pada balado. Penggunaan cabai menjadi poin utama dalam masakan ini. Berikut ini adalah cara membuat telur balado yang mudah dan enak.

1. Telur Balado Sederhana


Cara membuat telur balado ini mudah dan sederhana, sehingga dapat dipraktikkan di rumah. Resep sengaja dibuat sebagai sajian untuk empat orang anggota keluarga.

Bahan:

Cara membuatnya adalah:

  1. Pertama-tama, silahkan mulai untuk menghaluskan semua bahan, kecuali tomat dan cabe rawit.
  2. Setelah semua bahan halus, tambahkan tomat yang dipotong kecil, kemudian ulek kasar. Selanjutnya, tumis semua bahan hingga harum, masukkan gula dan garam.
  3. Tambahkan telur dan cabe rawit utuh, tumis hingga rata, masukkan air, masak terus hingga air menyusut.banner consideration promotion bg blue

2. Telur Balado Santan


Ada juga varian telur balado yang menggunakan santan kental. Berikut ini cara membuatnya.

Bahan:

  • 10 butir telur ayam rebus yang sudah dikupas kulitnya dan digoreng hingga berkulit
  • 200 milliliter santan kental
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 buah tomat, dipotong kasar
  • Gula, garam, penyedap rasa, dan air secukupnya. 
  • Minyak goreng untuk menumis bumbu

Bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 5 buah cabai merah
  • 3 buah cabai rawit. Jika suka lebih pedas, bisa ditambahkan

Cara membuatnya adalah:

  1. Pertama, tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan potongan tomat, gula, garam, penyedap rasa, dan daun jeruk.
  2. Setelah diaduk rata, tambahkan sedikit air, masukkan telur, aduk kembali. Tuangi santan, aduk sesekali agar santan tidak pecah.
  3. Gunakan api kecil hingga santan menyusut. Angkat, kemudian sajikan dengan taburan bawang goreng.

3. Telur Balado Ceplok Plus Tahu Bakso


Tidak hanya direbus saja, telur yang digunakan dalam masakan balado ini juga bisa diceplok terlebih dahulu. Jadi, bagi orang yang tidak menyukai telur rebus, resep ini bisa dicoba. Bumbu yang digunakan sama dengan telur balado sederhana atau yang bersantan. Untuk variasi, bisa juga ditambahkan tahu bakso.

Telur yang digunakan juga bisa diganti dengan telur puyuh, maupun telur bebek. Jadi, tidak harus selalu menggunakan telur ayam. Bahkan, jika suka, bisa juga menggunakan telur asin. Telur asin matang yang sudah dikupas, perlu digoreng terlebih dahulu agar tidak hancur saat dimasak.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Sebagai penyedap, umumnya digunakan kaldu bubuk. Salah satu pilihan yang lebih sehat adalah menggunakan penyedap Lemonilo. Produk penyedap rasa Lemonilo terdiri dari empat varian, ayam negeri, ayam kampung, sapi, dan  jamur. Semuanya dibuat dari bahan alami tanpa pengawet, perasa, pewarna, maupun tambahan MSG.

Itulah tadi resep telur balado  yang enak dan mudah untuk dimasak di rumah. Cukup dengan disajikan bersama nasi hangat saja sudah enak. Apalagi jika diberi pelengkap lalapan timun segar dan kerupuk ikan. Telur balado ini juga cocok dijadikan lauk nasi kuning maupun nasi uduk yang gurih.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.