Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

Resep Tempe Orek Gurih Nikmat Sederhana Buatan Sendiri

Rizki Indra
Rizki Indra
01 Mar 2021
Clock Icon
3 menit
Resep tempe orek sangat mudah dibuat sendiri di rumah.

Resep tempe orek enak sebenarnya tidak sulit untuk membuatnya selama kamu tahu bumbu apa saja yang digunakan serta takaran yang tepat. Tempe orek merupakan lauk favorit kebanyakan masyarakat kita dan hampir selalu ada di setiap warung makan terutama warteg. Rasanya yang enak dan gurih dipadukan dengan bumbu pedas manis sangat cocok untuk dijadikan teman makan nasi.

banner consideration shipping bg blue

Tempe orek juga merupakan pilihan lauk sederhana yang ramah di kantong namun kaya nutrisi. Kacang kedelai yang menjadi bahan baku tempe adalah sumber vitamin dan antioksidan yang sangat bagus untuk kesehatan. Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari makan tempe dan olahannya antara lain merawat kecantikan kulit dan menurunkan risiko terkena penyakit kanker.


Nah, langsung saja kita bahas tentang resep membuat sajian orek tempe yang mudah dan praktis namun rasanya membuat ketagihan. Kamu harus menyiapkan bahan yang diperlukan untuk membuat tempe orek tersebut. Kali ini kamu akan diberikan resep tempe orek dengan tekstur kering agar lebih awet dan tahan lama disimpan.




1. Bahan yang Dibutuhkan


  • 2 papan tempe, iris dadu atau persegi
  • 100 ml minyak goreng kelapa Lemonilo 
  • 4 buah cabai merah besar (atau menurut selera), cuci lalu iris serong
  • 2 buah cabai rawit (atau menurut selera), cuci dan iris serong
  • 3 lembar daun salam
  • 1 ruas jari lengkuas, cuci lalu memarkan atau geprek


2. Bahan Bumbu


banner consideration promotion bg blue

3. Cara Pengolahan


Setelah bahan dan bumbu tempe orek siap, sekarang saatnya kamu untuk memasak lauk favorit semua orang tersebut. Jangan lupa untuk menggunakan peralatan memasak yang bersih agar terhindar dari kuman dan bakteri. Ikuti cara berikut ini untuk mengolah tempe orek kering menjadi lauk nasi yang gurih dan lezat.


  1. Siapkan wajan, tuangkan minyak goreng kelapa Lemonilo sedikit dan tunggu hingga panas.
  2. Masukkan tempe lalu goreng hingga setengah kering. Angkat dan tiriskan lebih dulu. sisihkan.
  3. Setelah itu, masukkan bumbu beserta cabai merah dan rawit ke dalam wajan bekas menggoreng tempe, aduk jangan sampai gosong. Tunggu hingga mengeluarkan bau harum.
  4. Setelah aroma keluar dan berbau harum tuangkan air agar bumbu tidak gosong. 
  5. Masukkan daun salam dan lengkuas.
  6. Tambahkan gula merah, gula pasir dan garam, aduk hingga agak mengental.
  7. Masukkan tempe yang telah digoreng, aduk sebentar hingga semua bumbu tercampur dengan tempe. Koreksi rasa, dan tambahkan rasa jika ada rasa yang kurang.
  8. Matikan apinya, tuangkan temper orek ke dalam wadah atau piring.
  9. Tunggu hingga dingin lalu sajikan sebagai lauk makan nasi.


Hal penting yang sebaiknya kamu perhatikan dalam pembuatan tempe orek adalah saat akan masukkan tempe kedalam bumbu. Tunggu hingga air mengental namun jangan sampai berserabut agar tempe nantinya tidak menempel satu sama lain. kamu juga bisa menyesuaikan jumlah cabai yang digunakan, bisa ditambah atau dikurangi sesuai level pedas yang diinginkan.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Resep tempe orek kering dengan rasa pedas manis ini bisa kamu simpan sebagai lauk hingga beberapa hari. Sangat cocok untuk dijadikan menu lauk dalam bekal makan siang kamu ke kantor dan sebagainya. Lauk sederhana tempe orek sangat gurih jika disantap dengan nasi putih hangat. Dijamin dengan resep ini kamu bisa membuat olahan tempe orek yang lezat dan menggugah selera. Selamat mencoba resep ini ya Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.