Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

Resep Tumis Buncis Sederhana Mudah dan Lezat Buatan Rumah

Rizki Indra
Rizki Indra
15 Feb 2021
Clock Icon
4 menit
Resep tumis buncis cocok jadi menu makan di rumah.
Kamu penggemar berat buncis? Sayuran sehat yang terlihat seperti versi mini dari kacang panjang ini memang banyak dijadikan hidangan atau lauk pauk. Salah satu jenis olahan yang paling terkenal adalah tumis buncis. Sayuran hijau yang penuh nutrisi ini bisa dengan mudah didapatkan di pasar maupun supermarket. Berikut resep tumis buncis yang bisa kamu coba praktekkan di rumah. banner consideration shipping bg blue

1. Tumis Buncis Daging Cincang



Buncis bisa diolah dengan berbagai jenis bahan makanan lain, daging adalah salah satunya. kamu bisa mempersiapkan beberapa bahan yang terdiri dari buncis, saus tiram, gula, garam, minyak wijen, daging cincang, bawang putih, lada bubuk, cabai merah besar, air, dan seruas jahe geprek.

Pertama, didihkan air lalu masukkan buncis yang sudah dipotong-potong, bubuhkan sedikit garam. Rebus sebentar lalu tiriskan dan masukkan ke dalam air es, angkat setelah beberapa saat. Sisihkan sebagian bawang putih yang sudah diiris tipis dan tumis sisanya hingga mengeluarkan bau yang harum. Masukkan buncis, tumis sebentar lalu angkat dan tiriskan. Tumis sisa bawang putih yang tadi bersamaan dengan cabai dan jahe.

Setelah tercium bau harum, masukkan daging cincang dan tumis hingga warnanya sedikit berubah. Bumbui dengan saus tiram, gula, lada bubuk, minyak wijen, dan garam, lalu tambahkan sedikit air dan tumis hingga matang. Tunggu sebentar agar bumbu meresap, koreksi rasa. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan, sajikan tumis buncis daging cincang selagi masih hangat.

2. Tumis Buncis Jagung Muda



Selain daging, buncis juga lezat saat dimasak dengan jagung muda. Pertama, siapkan bahan yang terdiri dari buncis, jagung muda, air, garam, dan gula. Untuk bumbu halusnya, kamu perlu menyiapkan bawang merah, ebi atau udang, cabai merah, dan bawang putih.
banner consideration promotion bg blue
Pertama, bersihkan dan cuci buncis lalu buang bagian serat yang ada di sampingnya. Iris menyilang jagung muda yang sudah dibersihkan sebelumnya. Tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukkan potongan jagung muda dan aduk rata agar bumbunya tercampur semua. Masukkan buncis, tumis lalu tambahkan air, garam, dan gula. Masak hingga matang, koreksi rasa sebelum diangkat. Sajikan tumis buncis jagung muda bersama dengan nasi hangat.

3. Tumis Buncis Tempe



Untuk membuat tumis buncis tempe, kamu perlu menyiapkan beberapa bahan yang terdiri dari buncis, tempe berukuran sedang, garam, gula pasir, kaldu bubuk, saus tiram, dan kecap manis. Untuk bumbu halusnya, siapkan bawang merah, bawang putih, cabai rawit merah, dan cabai merah keriting.

Langkah pertama, goreng tempe hingga matang, angkat dan tiriskan. Tumis bumbu halus sampai harum dan tambahkan air secukupnya saja. Setelah itu, beri tambahan garam, saus tiram, gula, kaldu bubuk, dan kecap manis, aduk rata hingga semuanya tercampur. Terakhir, masukkan buncis dan tempe, tes rasa dan tunggu hingga buncis matang setelah itu angkat dan sajikan.

4. Tumis Buncis Ati Ampela



Bahan yang perlu kamu siapkan untuk membuat ini adalah buncis, ati ampela, jagung muda, bawang putih, bawang Bombay, cabai rawit hijau, cabai merah keriting, tomat, merica bubuk, saus tiram, gula, minyak goreng dan air.

Pertama, panaskan minyak dan tumis bawang bombai bersama dengan bawang putih dan cabai. Aduk dan tunggu hingga tercium bau harum. Masukkan ati ampela, lalu aduk hingga air sedikit menyusut. Setelah itu, masukkan jagung muda, tomat, buncis dan aduk hingga sedikit layu. Beri tambahan sedikit air kemudian bumbui dengan gula, saus tiram, garam, dan merica. Aduk rata, koreksi rasa dan masak hingga matang kemudian sajikan.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Nah Lemonizen, itulah daftar resep tumis buncis yang bisa kamu ikuti di rumah. Hidangan buncis yang lezat ini memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Kamu bisa mencoba variasi resep berikut sebagai bagian dari hidangan sehat sehari-hari. Selamat mencoba ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.