Resolusi Sehat Tahun Baru 2018

03 Jan 2018 @ 17:31:18
Memasuki tahun baru, banyak resolusi yang dibuat orang-orang untuk dilakukan dalam setahun ke depan. Ada yang ingin kurus, ada yang ingin berhenti makan makanan berlemak, ataupun ada yang beresolusi menjadi vegan. Untuk itu, Anda tentu punya resolusi Anda sendiri yang sudah disiapkan dalam menyambut tahun baru. 

Pada dasarnya, resolusi merupakan hal yang mudah untuk dibuat, namun dalam pelaksanaannya sulit sekali tercapai. Beragam kendala menghambat Anda untuk mewujudkan resolusi tahun baru. Jika resolusi Anda di tahun baru adalah menjadi lebih sehat, Moni punya tips ampuh bin mujarab untuk mewujudkan resolusi Anda. Check this out

Tidur yang Cukup

Walaupun terkesan sepele, tidur cukup memegang peranan penting untuk menjadikan tubuh Anda lebih sehat setiap hari. Tidur cukup membantu menurunkan resiko obesitas, penyakit jantung, hipertensi, diabetes, serta depresi. Selain itu, tidur memaksimalkan kerja organ tubuh dalam menghasilkan tenaga dan konsentrasi lebih mudah Anda dapatkan. 

Untuk itu, Anda bisa mulai tidur cukup setiap hari untuk mewujudkan resolusi sehat Anda tahun ini. Ikutin langkah-langkah berikut:
  • Ikuti jadwal tidur yang teratur dan tubuh Anda akan menyesuaikan diri sehingga dapat meningkatkan kemungkinan Anda untuk beristirahat lebih nyenyak dan lebih lama. 
  • Tidur dan bangunlah dengan waktu yang sama setiap harinya. Proses ini akan memberikan kesegaran pada tubuh Anda keesokan harinya. 

Clean Eating 

Dari sekian banyak resolusi sehat yang ada, clean eating mungkin menjadi resolusi sehat yang paling populer. Clean eating banyak dikaitkan dengan proses penurunan berat badan atau diet sehat. Padahal, clean eating adalah proses gaya makan yang mengutamakan makan makanan alami dan yang tidak dimasak terlalu lama. Banyak yang berhasil dan tak sedikit juga yang gagal. Kegagalan umumnya didasari kurangnya target realistis sewaktu menerapkannya.
 
Untuk itu, bagi Anda yang beresolusi untuk clean eating di tahun yang baru, Anda bisa mulai dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini: 

  • Mulailah dengan menetapkan target yang dapat Anda pantau setiap harinya. Misalnya: Hari ini, Anda sudah menyiapkan menu harian pribadi dan membuat daftar makanan dan minuman yang akan dihindari. 
  • Bebaskan diri Anda dari makanan olahan dan aneka makanan dan minuman yang mengandung pengawet, perisa, dan pemanis buatan. 
  • Perhatikan konsumsi gula Anda setiap hari. Ini juga bisa Anda catat seperti melakukan target pada poin no. 1. Jika Anda memang sulit menghindari aneka makanan dan minuman manis, ganti gula Anda dengan sirup Agave ataupun madu. 

Mindful Eating

Untuk resolusi sehat Anda, cobalah untuk melakukan mindful eating setiap hari. Mindful eating adalah sebuah gaya makan yang mengutamakan fokus pada makanan atau minuman yang Anda makan. Dengan mindful eating, Anda akan memperhatikan detil dari makanan dan minuman yang Anda makan, mulai dari rasa, aroma, tekstur, serta suhu dari makanan. 

Apa hubungannya mindful eating dengan resolusi sehat Anda? Dengan memperhatikan setiap detil dari makanan dan minuman Anda, tubuh akan lebih maksimal dalam mencerna dan mengolah makanan. Hal ini tentu akan menimbulkan dampak bagi diri Anda dimana Anda akan merasa kenyang sesungguhnya, bukan kenyang yang hanya berasal dari sugesti diri. Selain itu, makan dengan penuh perhatian dapat membantu Anda belajar memberi makan diri sendiri saat Anda lapar, dan berhenti saat Anda kenyang. 

Berolahraga Secara Rutin

Jika di tahun lalu Anda jarang berolahraga, mulailah aktif berolahraga untuk mencapai resolusi sehat Anda. Agaknya kurang maksimal jika Anda sudah makan makanan alami dan sehat, namun tidak berolahraga rutin. Olahraga membantu mempercepat pembakaran lemak dan kalori di dalam tubuh. Selain itu, olahaga membantu menyehatkan organ tubuh semisal jantung dan ginjal, meningkatkan kualitas tidur, memperkuat fungsi kognitif, meningkatkan metabolisme, serta mengurangi stres. 

Untuk awalan baru, mulailah lakukan kegiatan sederhana berikut ini:
  • Membiasakan naik tangga, bukan naik lift atau escalator. Naik tangga dapat berdampak besar bagi jantung Anda dalam jangka panjang. 
  • Memulai untuk melakukan olahraga selama 30 menit setiap harinya hanya dengan berjalan kaki. Jika Anda memiliki jadwal yang padat, maka berjalanlah selama 10 menit sebanyak 3 kali sepanjang hari Anda. 

Berkumpul dengan Keluarga

Keluarga ternyata berdampak pada kesehatan Anda. Studi mengatakan bahwa berkumpul dengan keluarga akan membuat mental Anda lebih bahagia. Selain itu, kegiatan ini dapat memperkuat ikatan, mengurangi stres, kecemasan, depresi dan memelihara perilaku yang positif. Orang-orang yang memiliki jaringan sosial yang kuat telah terbukti berhubungan erat dengan kesehatan yang lebih baik serta lebih sedikit masalah kesehatan.

‘Banyak jalan menuju Roma’ begitu juga banyak jalan untuk mewujudkan resolusi hidup sehat Anda di tahun ini. Bagaimanapun, usaha Anda tetap memegang peranan untuk membantu Anda mewujudkannya. Dibarengi dengan tekad dan keyakinan yang kuat, mulai resolusi hidup sehat Anda dengan perasaan bahagia dan gembira, lalu jangan lupa tetaplah bersama dengan Lemonilo, partner sehat Anda. Happy New Year!



Artikel Terkait

Serba-serbi Diet Ketogenik dan Manfaatnya
Diet Ketogenic atau yang terkenal dengan “diet keto” merupakan salah satu jenis diet yang sedang naik daun di Indon..
V Istarinda
05 Mei 2017
Kunci Rahasia Menurunkan Berat Badan Anti Yo-yo
Kamu sedang ingin menurunkan berat badan?Lakukan 3 kunci rahasia mudah dalam menurunkan berat badan berikut ini. Dengan ..
S Nurfauzia
06 April 2017
Aneka Cemilan Sehat untuk Diet
Kebiasaan menikmati cemilan dianggap sebagai salah satu penyebab peningkatan berat badan. Padahal, anggapan tersebut tid..
OT Handoko
23 Februari 2017