Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Saat Berbuka Puasa Lebih Baik Minum Air Hangat atau Dingin?

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
16 Apr 2021
Clock Icon
3 menit
Buka puasa

Setelah menahan rasa haus dan lapar seharian, momen buka puasa tentu jadi hal yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim. Ketika berbuka puasa, tidak jarang kita dihadapkan dengan berbagai pilihan minuman yang menggugah selera. Mulai dari minuman hangat sampai minuman dingin. Namun, sebenarnya mana yang lebih baik? Yuk ketahui jawabannya di bawah ini! 


Minum Air Dingin Saat Perut Kosong


Minum minuman dingin saat perut kosong memang terasa menyegarkan. Terlebih ketika sudah menahan haus seharian, minum air dingin seakan bisa melegakan dahaga seketika. 


Namun sayangnya minum air dingin ketika berbuka puasa saat perut masih kosong tidaklah disarankan. Dilansir dari Healthline, minum air dingin dapat menyebabkan pencernaan berjalan lebih lambat. 


Selain itu, dalam keadaan perut yang kosong, minum air dingin dapat membuat perut kaget sehingga memicu gangguan pencernaan. 


Buka Puasa Lebih Baik dengan Air Hangat 


Secara umum, buka puasa disarankan dengan minum air hangat terlebih dahulu. Air hangat dianggap dapat mengembalikan suhu tubuh dan melancarkan sistem pencernaan setelah seharian berpuasa. Di samping itu, dilansir dari StepToHealth, minum air hangat punya banyak manfaat lain untuk kesehatan seperti berikut. 


1. Melancarkan Sistem Pencernaan


Manfaat minum air hangat yang utama adalah untuk melancarkan pencernaan. Mulai dari mengurangi sembelit, menjaga keseimbangan tubuh, melancarkan metabolisme hingga dapat membantu proses penurunan berat badan bila diiringi dengan olahraga dan makan makanan seimbang. 


Menurut Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, minum 500 ml air hangat sebelum makan dapat meningkatkan kemampuan tubuh pada proses metabolisme hingga 30 persen. Kondisi inilah yang dapat meningkatkan penurunan berat badan dalam tubuh. 


2. Membantu Meredakan Stres


Dilansir dari MedicalNewsToday, minum air hangat juga dapat membantu Lemonizen meredakan stres juga kecemasan lho. Sensasi hangat dalam minuman hangat dapat berperan memperbaiki suasana hati. 


3. Mengurangi Racun Tubuh


Minum air hangat juga dapat meningkatkan suhu tubuh Lemonizen hingga berkeringat. Nah, ketika tubuh berkeringat, tubuh dapat mengeluarkan racun melalui pori-pori atau yang biasa disebut sebagai detoksifikasi. 


4. Meningkatkan Sirkulasi Darah


Minum air hangat juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dengan memperlebar pembuluh darah. Otot-otot yang tegang bisa terasa lebih rileks dan rasa nyeri pada otot yang tegang berkurang. Sehingga minum air hangat saat berbuka sangat cocok untuk meredakan rasa lelah. 


Pada akhirnya, berbuka puasa bukan berarti tidak boleh meminum minuman dingin ya, Lemonizen. Namun sebaiknya Lemoninzen mendahulukan konsumsi air hangat. Setelah itu Lemonizen bisa minum minuman dingin yang juga manis untuk mengembalikan kadar gula darah dalam tubuh.


Nah itu tadi penjelasan seputar minuman dingin dan minuman hangat untuk berbuka puasa. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dengan memilih asupan nutrisi yang baik terutama di bulan Ramadan ya, Lemonizen! 

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.