Sangat Mudah, Cara Menghilangkan Varises di Kaki Dengan Cepat

30 Jun 2020 @ 21:13:07
Varises merupakan kondisi dimana pembuluh darah balik (vena) melebar dan berkelok-kelok. Selain menyebabkan masalah kecantikan, varises dapat menyebabkan rasa yang tidak nyaman ataupun rasa nyeri.  Dengan mengetahui bagaimana cara menghilangkan varises yang tepat, maka varises bisa disembuhkan dengan cepat. Varises sendiri disebabkan oleh beberapa hal. Diantaranya adalah:

1. Terlalu Lama Berdiri 

Terlalu sering berdiri dalam waktu yang lama menjadi pemicu timbulnya varises. Hal ini  bisa membuat kaki menjadi tegang, sehingga akan mempengaruhi pembuluh darah balik atau vena yang kaku akibat menahan berat tubuh kamu.

2. Terlalu Lama Duduk

Terlalu lama duduk juga menjadi pemicu timbulnya varises. Ini disebabkan karena ketika duduk, lutut akan tertekuk pada posisi tertentu dalam jangka waktu yang cukup lama, inilah yang membuat pembuluh darah tersumbat dan akhirnya menjadi varises. 

3. Menggunakan Celana Terlalu Ketat

Bagi kamu yang gemar mengenakan celana ketat, bisa mengurangi pemakaiannya. Celana terlalu ketat yang kamu gunakan bisa memicu terjadinya varises karena ukuran yang terlalu ketat. Penyumbatan peredaran darah akan terjadi pada bagian pinggul akibat celana yang terlalu ketat itu, dan akhirnya memicu munculnya varises pada kaki. 

Cara menghilangkan varises sebenarnya cukup mudah, hanya saja memang diperlukan tindakan rutin agar proses ini bisa berjalan dengan cepat. 

1. Olahraga



Dengan olahraga secara teratur dapat membuat sirkulasi darah di kaki menjadi lebih lancar. Tentu saja, hal ini membuat penumpukan darah di pembuluh darah yang menjadi penyebab varises, dapat terdorong. Selain itu, olahraga juga dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi merupakan salah satu faktor risiko terbentuknya varises. Serta Olahraga ringan dapat membantu melatih otot betis, guna mengatasi varises. Jenis olahraga yang dapat kamu lakukan antara lain berjalan kaki, berenang, bersepeda, dan yoga.

2. Mengubah Pola Makan



Mengkonsumsi makanan asin dapat membuat tubuh menahan air secara berlebih. Untuk itu, mengurangi konsumsi makanan asin dapat mengurangi cairan berlebih yang tertahan oleh tubuh. Makanan yang kaya akan potasium dan serat sangat disarankan untuk dikonsumsi. Karena dapat membantu mencegah konstipasi, yang dapat memicu kerusakan pada pembuluh darah. 

3. Melakukan Pijat Refleksi 



Salah satu metode yang selama ini sering dilakukan untuk menghilangkan varises adalah pijat refleksi. Namun, perlu diingat jika varises dialami oleh ibu hamil, maka akan sangat dianjurkan untuk berkonsultasi medis kepada dokter kandungan terlebih dahulu sebelum melakukan pijat ini. 

Umumnya, wanita yang menjalani kehamilan pada trimester pertama, tidak disarankan untuk menjalani terapi ini. Pijat dapat membantu memperlancar aliran darah di kaki. Meski begitu, kamu perlu menghindari untuk menekan pembuluh darah varises secara langsung saat pijat, karena dapat merusak jaringan yang rapuh.

4. Mengatur Posisi Kaki



Ketika kamu sedang beristirahat, sangat disarankan untuk mengangkat kaki setinggi posisi jantung, atau lebih tinggi. Karena, hal ini berguna untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah di kaki. Dengan menaikkan kaki, gaya gravitasi juga akan membantu darah kembali mengalir dengan lancar ke jantung. 

Ada baiknya menghindari duduk terlalu lama. Jika pekerjaan kamu mengharuskan untuk duduk lama, kamu perlu sesekali bergerak atau berdiri untuk menjaga aliran darah agar tetap lancar. Hindari posisi duduk dengan menyilangkan kaki. Karena posisi ini dapat membuat aliran darah ke kaki terhambat, dan membuat gangguan pada sirkulasi darah.

5. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Flavonoid



Cara menghilangkan varises yang terakhir adalah dengan konsumsi makanan yang mengandung flavonoid. Mengkonsumsi flavonoid berguna untuk mengatasi gangguan pada jantung. Kandungan ini dapat membantu memperlancar aliran darah, mengurangi tekanan darah arteri, dan membuat pembuluh darah kamu menjadi lebih rileks. 

Untuk mendapatkan asupan flavonoid, kamu dapat mengonsumsi sayuran seperti bayam, brokoli, dan paprika. Selain itu, kandungan ini terdapat pada buah-buahan seperti anggur, stroberi, blueberry, ceri, apel, serta minuman teh hijau, juga bisa menjadi pilihan.

Nah, itulah 5 cara menghilangkan varises di kaki dengan cepat. Kamu bisa mencobanya di rumah. Selain berolahraga, pola makan dan hidup sehat menjadi kunci utama untuk kesembuhan varises. Berbagai faktor yang menyebabkan terjadinya varises juga harus kamu hindari. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020