Sangat Mudah Memulai Pola Hidup Sehat dengan 5 Cara Ini

Pola hidup sehat adalah hal penting yang harus dilakukan. Ini bertujuan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Sayangnya, selama ini masih banyak orang yang enggan memulai pola hidup seperti ini dikarenakan alasan ribet dan tidak memiliki waktu. Padahal, sebenarnya pola hidup yang sehat sangat mudah untuk dilakukan. 

banner consideration shipping bg blue

1. Rajin Berolahraga

Meluangkan waktu untuk berolahraga di sela aktivitas sehari-hari termasuk salah satu cara menjalani pola hidup sehat. Sebab dengan olahraga membuat tubuh menjadi lebih fit dan bugar. Berolahraga dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, yang dikeluarkan melalui keringat. 
Nah, bila kamu pekerja kantoran yang tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga, kamu bisa melakukan aktivitas fisik sederhana guna memastikan tubuh tetap bergerak. Misalnya saat menuju kantor, cobalah untuk memilih naik tangga ketimbang naik lift. Bisa juga dengan meluangkan waktu untuk sekadar naik turun tangga sebelum dan sesudah makan siang.

2. Memperhatikan Asupan Makanan

Untuk memulai pola hidup yang sehat, kamu perlu mengatur makanan apa saja yang akan dikonsumsi setiap harinya. Pastikan kalau porsi makanan telah memenuhi prinsip gizi seimbang, yang mencangkup karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik.
Jangan bergantung hanya dengan satu jenis makanan pokok saja. Kamu bisa mengganti bahan makanan pokok dengan jagung, mi, ubi, atau kentang. Dengan variasi makanan yang sehat seperti itu, kebutuhan gizi dan nutrisi harian mu bisa tetap terpenuhi. 

3. Rajin Minum Air Putih

Minum air putih merupakan salah satu cara memulai pola hidup yang sehat yang mudah. Sekitar 60 persen dari komposisi tubuh adalah air. Namun, setiap hari cairan dalam tubuh tersebut akan terus dikeluarkan lewat keringat, urine, dan bahkan setiap kali bernafas. Nah, oleh karenanya penting untuk memastikan kebutuhan cairan selalu terpenuhi setiap hari sehingga sangat dianjurkan untuk minum minimal setidaknya 8 gelas perhari.

banner consideration promotion bg blue

4. Berpikir Positif

Secara psikologi berpikir positif yaitu aktivitas berpikir yang dilakukan dengan tujuan untuk membangkitkan aspek positif pada diri, baik itu yang berupa potensi, semangat, tekad, maupun keyakinan diri sehingga memunculkan perasaan, perilaku, dan hal baik yang menjadi sistem berpikir.
Para peneliti telah menemukan manfaat dari berpikir positif untuk kesehatan, salah satunya dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Selain itu, seseorang yang memiliki mindset optimistis maka dapat lebih merasa bahagia sehingga dapat memicu untuk lebih produktif.

5. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup termasuk bagian yang penting dalam memulai pola hidup sehat. Perlu diketahui juga jika kebutuhan waktu istirahat setiap orang akan berbeda tergantung dengan aktivitas yang dijalani. National Sleep Foundation merekomendasikan bahwa usia dari 18-25 tahun membutuhkan waktu tidur 7-9 jam per malam. Orang yang tidak memiliki waktu tidur cukup berpotensi dapat terkena penyakit mematikan, seperti kanker dan jantung.
Selain itu, memiliki waktu tidur yang kurang setara dengan menjalani pola makan yang buruk. Oleh karena itu, sesibuk apapun tetap usahakan untuk selalu beristirahat dan tidur dengan cukup. Namun, tidur berlebihan juga tidak dianjurkan. Sebab tertidur lebih dari delapan jam secara konsisten dapat menurunkan tingkat konsentrasi seseorang.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah, sangat mudah bukan memulai pola hidup sehat dengan 5 cara di atas? Untuk itu, yuk mulai ubah kebiasaan hidup kamu dengan menjalankan pola hidup yang sehat. Agar bisa tetap sehat, bugar, dan fit untuk menjalankan aktivitas sehari-hari!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami