Sangat Mudah, Senam Lansia yang Bikin Tubuh Tetap Bugar

29 Jul 2020 @ 18:46:17
Berolahraga merupakan salah satu cara untuk mendapatkan tubuh tetap bugar dan juga sehat. Meskipun sudah lanjut usia, tidak ada salahnya jika mereka juga melakukan olahraga untuk mendapatkan kesehatan yang tetap terjaga. Akan tetapi, olahraga untuk seorang lansia tentu berbeda dengan orang dewasa pada umumnya. Mereka bisa melakukan olahraga ringan seperti halnya senam lansia yang bisa menjaga keseimbangan, kelincahan, dan daya tahan tubuh.

1. Mengangkat Tangan



Gerakan pertama yang bisa dilakukan oleh lansia untuk menjaga keseimbangan tubuhnya adalah mengakat tangan. Caranya cukup mudah, yaitu dengan berdiri tegak dengan kaki yang direntangkan selebar bahu. Tidak ada salahnya jika menggenggam barbel yang ringan atau dapat juga diganti dengan botol berisi air di kedua tangan. 
Hembuskan nafas perlahan, lalu tekuk kedua siku dengan dibarengi mengangkat beban ke arah dada secara pelan sambil menghembuskan napas.Tarik napas kembali saat lengan kembali diturunkan. Gerakan ini dapat diulangi sebanyak 10-15 kali untuk melatih kekuatan otot bisep yang terletak di bagian depan lengan atas.

2. Angkat Kaki ke Belakang



Senam lansia berikutnya yang bisa dilakukan dengan mudah adalah dengan mengangkat kaki ke belakang. Berdirilah di belakang sebuah kursi yang kokoh lalu pegang bagian atas sandaran kursi. Tarik nafas perlahan, dan hembuskan sambil mengangkat salah satu tungkai ke belakang  tanpa harus menekuk lutut.
Posisi ini bisa ditahan selama kurang lebih tiga detik. Jika sudah, turunkan tungkai sambil tarik nafas kembali. Jangan lupa untuk mengulangi gerakan ini 10-15 kali untuk meregangkan dan melatih kekuatan tungkai dan kaki.

3. Berdiri dengan Satu Kaki



Gerakan ketiga senam lansia yang mudah dilakukan adalah dengan berdiri satu kaki. Caranya cukup mudah, rentangkan kedua tangan ke depan, lalu angkat kaki kanan sehingga sejajar dengan pinggul. Tahan posisi ini selama tiga sampai lima detik. Setelah selesai, turunkan kaki kembali secara perlahan.
Lakukan gerakan ini sebanyak tiga kali. Lakukan cara-cara di atas juga untuk kaki sebelah kiri. Melakukan senam ini dapat melatih keseimbangan tubuh. Selain itu, dengan latihan sederhana ini tubuh bisa mengeluarkan keringat dan kembali fit.

4. Berjalan dari Tumit ke Ujung Jari Kaki



Gerakan mudah berikutnya yang bisa dipraktekan adalah berjalan dari tumit ke ujung jari kaki. Caranya, cukup beridirilah dengan tubuh yang tegak. Posisikan tumit kaki kanan agar berada tepat dan menyentuh ujung jari kaki kiri. Setelah itu, ambil jalan ke arah depan hingga tumit kaki kiri menyentuh ujung jari kaki kanan. Lakukan gerakan ini setidaknya hingga lima langkah. Gerakan sederhana ini juga melatih keseimbangan tubuh lansia.

5. Meregangkan Pergelangan Kaki



Duduk di ujung kursi lalu meregangkan salah satu kaki ke depan tanpa menyentuh lantai bisa menjadi gerakan mudah selanjutnya yang bisa dilakukan oleh lansia. Arahkan ujung jari kaki ke arah depan, agar menjauhi tubuh. Tahan posisi ini selama 10-30 detik. Setelah selesai, tarik ujung jari dan tahan posisi ini juga selama 10-30 detik. Ulangi hal ini setidaknya sampai lima kali. Melakukan senam lansia dengan gerakan ini bisa meningkatkan fleksibilitas pergelangan kaki dan melancarkan aliran darah di bagian tubuh bawah. 

Itulah kelima gerakan senam lansia sederhana yang bisa dicoba. Meskipun sudah berusia lanjut dan tidak lagi muda, tidak ada salahnya untuk menjaga kesehatan tubuh bagi lansia. Selain melakukan gerakan senam di atas, tidak ada salahnya juga jika lansia mengkonsumsi makanan bergizi dan juga menjalankan pola hidup yang sehat. Agar kesehatan bisa senantiasa terjaga! 

Artikel Terkait

Baik Untuk Kesehatan, Ini 7 Manfaat Olahraga Renang yang Rutin
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat renang yang sangat baik untuk kesehatan tubuh loh!..
Rizki Indra
20 Oktober 2020
Wajib Tahu 6 manfaat bekam dan Juga Efek Sampingnya
Apakah kalian suka melakukan bekam? Inilah beberapa manfaat bekam sekaligus efek samping dari bekam..
Rizki Indra
20 Oktober 2020
Tak Melulu Jerawatan, Ini 5 Ciri Perubahan Hormon Saat Menstruasi Akan Datang
Jika kamu mengalami gejala PMS cukup berat, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter..
Shella Rafiqah Ully
20 Oktober 2020