Sarapan Sehat dan Praktis Dengan Overnight Oats

25 Aug 2017 @ 12:02:37
Oleh OT Handoko
Sarapan Sehat dan Praktis Dengan Overnight Oats
Manfaat oat untuk mendukung pola hidup sehat tentu tidak perlu diragukan lagi. Oat kini menjadi salah satu jenis makanan siap saji yang digandrungi masyarakat modern karena praktis dan mudah diolah menjadi aneka jenis makanan. 

Selain itu, kandungan dan manfaat alami dari oat menjadi pertimbangan lain banyak orang menggandrungi jenis makanan yang satu ini. Kandungan beta glucan pada oat sangat bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan dan jantung. 

Selain itu, kaya akan karbohidrat, oat mampu membuat Anda kenyang lebih lama sehingga Anda tidak perlu ngemil berlebihan di waktu senggang. Kini ada salah satu jenis olahan oat yang sedang populer di kalangan masyarakat, yaitu overnight oats. Ingin tahu lebih banyak tentang penyajian overnight oats? Simak informasi berikut ini!

Mengenal Variasi Overnight Oats yang Lezat

Overnight oats adalah variasi olahan oat yang didiamkan selama semalaman di kulkas. Bahan dasarnya adalah oat yang diseduh dengan air atau susu cair. Setelah diseduh, oat disimpan dalam botol kaca (mason jar) atau wadah yang terbuat dari keramik dan didinginkan di dalam lemari pendingin. Tambahan aneka topping berupa buah-buahan atau kacang-kacangan bisa menjadi finishing sebelum dimasukkan ke dalam lemari es. 

Overnight oats menjadi salah satu alternatif olahan oat yang cocok bagi para penyuka hidangan dingin ketika menyantap oat hangat sering terasa membosankan. Apalagi bila cuaca sedang panas, sensasi dingin pada overnight oats membantu menurunkan suhu tubuh dan nutrisi di dalamnya mampu memberikan energi lengkap dengan rasa yang menggugah selera.

Jenis oat yang cocok digunakan untuk membuat overnight oats adalah oat utuh atau oat instan yang harus dimasak sebelum bisa dikonsumsi. Kedua jenis oat ini tidak akan menghasilkan tekstur yang terlalu lembek ketika didiamkan semalaman di kulkas. Sensasi tekstur oat bisa tetap Anda rasakan pada menu overnight oats buatan Anda.

Sarapan Sehat dan Praktis dengan Overnight Oats

Jika Anda sering kesiangan hingga tidak sempat sarapan, overnight oats bisa menjadi solusi bagi Anda untuk mendapatkan nutrisi di pagi hari. Proses persiapan overnight oats yang dilakukan di malam hari memudahkan Anda untuk menikmatinya. Anda hanya perlu mengeluarkan dari lemari pendingin dan bisa langsung menyantapnya di pagi hari sebelum beraktivitas.

Jika persediaan overnight oats Anda sudah habis, Anda bisa mulai membuatnya lagi di waktu malam menjelang tidur. Seduhlah oat dengan air hangat atau susu cair. Aduk secara merata untuk beberapa saat untuk menunggu teksturnya mengembang dan lembut. Setelah selesai, Anda bisa menambahkan topping nikmat sesuai selera dan kesukaan Anda.
 
Jenis topping favorit yang sering digunakan antara lain kacang almond, potongan pisang, kepingan alpukat, blueberry, potongan cokelat hitam rendah gula, dan sedikit gula palem. Masukkan overnight oats yang sudah diberi topping ke lemari pendingin dan diamkan selama semalaman.
 
Di pagi hari, Anda tinggal mengeluarkan overnight oats dari kulkas dan menyantapnya. Perpaduan oat dan aneka topping bergizi akan menjadi sumber energi yang baik untuk mengawali aktivitas. Anda tidak akan merasa gampang lapar usai menyantap seporsi overnight oats sebagai menu sarapan.

Mari Berburu Oat Berkualitas untuk Membuat Overnight Oats

Kini Anda tak akan bingung lagi mencari oat berkualitas untuk bahan dasar overnight oats karena Lemonilo sudah menyiapkan aneka produk oat untuk kebutuhan Anda. Oats siap saji juga bisa menjadi pilihan paling pas bagi Anda yang tak ingin repot mengolah oat untuk dikonsumsi atau dijadikan overnight oats . Persediaan oat harus selalu siap di dapur Anda supaya Anda leluasa mengolahnya dengan resep favorit Anda.

Menyantap oat tidak lagi terasa membosankan bila Anda sudah tahu cara menyiasatinya. Sudah siap berkreasi dengan resep overnight oats yang istimewa? Yuk, mulai pola hidup sehat secara konsisten dari sekarang agar Anda lekas merasakan manfaatnya di kemudian hari!


Artikel Terkait

Oleh S Nurfauzia
We hear you! Menyambut hari raya Tahun Baru Islam 1 Muharram dan juga HARPITN..
Oleh OT Handoko & V Istarinda
Sebagai start up healthy lifestyle ecosystem pertama di Indonesia, Lemonilo memiliki misi untuk memastikan seluruh masya..
Oleh OT Handoko
Berbelanja merupakan sebuah pengalaman yang menyenangkan untuk dilakukan. Jelas akan lebih menyenangkan jika setiap pemb..