Sari Cuka Apel (Apple Cider Vinegar) Untuk Turunkan Berat Badan? Bisa Banget Kok!

26 Feb 2019 @ 19:03:53
Selain cita rasanya yang segar, sari cuka apel (Apple Cider Vinegar) mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B1, B2, B6, A, C, E, magnesium, dan kalsium. Sebab itu, nggak jarang kita temukan Apple Cider Vinegar atau sari cuka apel dimanfaatkan untuk resep minuman ataupun bahan olahan makanan, seperti salad, bumbu rendaman daging, atau saus.

Nah, dengan segudang manfaat kesehatan mulai dari menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kolesterol, ternyata sari cuka apel juga bisa banget kamu jadikan bahan untuk menurunkan berat. Nih, beberapa alasan kenapa Apple Cider Vinegar cocok banget buat jadi amunisi diet kamu!

  • Menghambat Penyerapan Karbohidrat
Konsumsi Apple Cider Vinegar membantu tubuh menghambat enzim tertentu yang bertugas menyerap karbohidrat dalam tubuh. Akibatnya, tubuh kamu menyerap lebih sedikit karbohidrat dan kestabilan tingkat gula darah lebih terjaga.

  • Membantu Tubuh Merasa Kenyang Lebih Lama
Apple Cider Vinegar membantu tubuh mencerna makanan dengan lebih baik, sehingga kamu tetap berenergi dan kenyang untuk lebih lama. Godaan untuk ngemil pun bisa dicegah dan asupan kalori dari cemilan tidak sehat jadi berkurang.

  • Membantu Mengontrol Nafsu Makan
Komponen utama dalam sari cuka apel adalah asam asetat yang merupakan penekan nafsu makan alami. Selain itu, sari cuka apel membantu menjaga kestabilan tingkat gula darah sehingga keinginan untuk ngemil makanan manis jadi berkurang.

  • Membantu Membakar dan Menekan Akumulasi Lemak
Kandungan asam asetat dalam Apple Cider Vinegar membantu menekan penumpukan lemak dan membakar lemak dengan lebih baik. Pada akhirnya, metabolisme tubuh pun meningkat.

Mau Sari Cuka Apel (Apple Cider  Vinegar) Jadi Bahan Diet, Mulai Dari Mana?

Kamu bisa mulai coba menggunakan sari cuka apel dalam hidangan makan atau minumanmu, misalnya saat kamu akan membuat saus salad atau acar sayuran. Untuk minuman, bisa juga campurkan sebanyak 2 sendok teh (10 ml) sari cuka apel dengan segelas air, lalu minum sekitar 2-3 kali per hari sebelum makan.

Perlu kamu ingat nih, sari cuka apel harus lebih dulu dicampur dengan air sebelum diminum. Apple Cider Vinegar sangat tidak direkomendasikan untuk diminum secara langsung, karena cuka yang tidak diencerkan bisa melukai mulut dan tenggorokan. Selain itu, batasi konsumsi sari cuka apel paling banyak 1 sendok makan (15 ml) dalam sekali minum. Terlalu banyak minum sari cuka apel secara sekaligus bisa membuatmu merasa mual.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah memilih sari cuka apel dengan kualitas terbaik. Saat ini mungkin Lemonizen bisa mendapatkan berbagai macam sari cuka apel di pasaran, tapi pilihan sari cuka apel terbaik adalah cuka apel organik yang bebas pestisida dan 100% terbuat dari produk alami. 

Selain itu, pilihlah cuka apel yang belum dipasteurisasi dan belum disaring, karena proses pasteurisasi dan penyaringan akan membunuh berbagai bakteri dan enzim dalam sari cuka apel yang bermanfaat bagi kesehatan.

Bragg Organic Raw Unfiltered Apple Cider Vinegar yang bisa Anda dapatkan di Lemonilo bisa jadi pilihan tepat. Lemonizen tidak perlu khawatir dengan tampilan sari cuka apel yang agak keruh. Sari cuka apel murni dan tidak disaring memang terlihat agak keruh, karena adanya “Mother”, yaitu lapisan menyerupai jaring laba-laba pada permukaan cuka apel. 

Adanya “Mother” ini justru menunjukkan bahwa sari cuka apel tersebut masih memiliki bakteri dan enzim yang bermanfaat bagi kesehatan. Jadi, tampilan keruh tersebut bukan berarti sari cuka apel sudah tidak segar, ya.

Bagaimana? Mulai tertarik untuk konsumsi Apple Cider Vinegar untuk amunisi dietmu?

Artikel Terkait

Ayah Milenial: Bangun Hubungan Setara Mengurus Rumah Tangga
Juni jadi bulan istimewa untuk para ayah di dunia. Hari Minggu pada pekan ketiga bulan Juni ini kita peringati sebagai H..
Shella Rafiqah Ully
17 Juni 2019
Mudik Anti Panik Saat Bawa Si Kecil, Begini Persiapannya
Musim mudik telah tiba, perjalanan pulang ke kampung halaman tentu jadi hal yang membahagiakan bagi keluarga. Bagi kelua..
Shella Rafiqah Ully
02 Juni 2019
Cara Tepat Membuat Aneka Gorengan Sehat
Aneka gorengan kerap jadi pilihan camilan terutama saat berbuka puasa tiba. Sayangnya, gorengan masuk dalam kategori mak..
Shella Rafiqah Ully
29 Mei 2019