Sayangi Tubuh Anda Dengan Mengenali Fase Prediabetes

06 Jul 2017 @ 11:18:38
Sayangi Tubuh Anda Dengan Mengenali Fase Prediabetes

Prediabetes merupakan sebuah fase awal diabetes yang harus diperhatikan dengan menjaga gaya hidup Anda untuk tetap sehat. Gaya hidup sehat bisa membantu Anda dari ancaman prediabetes atau diabetes tipe 2. 


Diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya yang bisa muncul pada tubuh Anda kapanpun juga. Pada umumnya, diabetes memiliki 2 fase perkembangan: prediabetes dan diabetes serius (tipe 2). Siapapun bisa dengan mudah masuk ke dalam tahap prediabetes ataupun diabetes serius (tipe 2). Untuk itu, memahami alur perkembangan diabetes ini penting untuk kita semua dalam mencegah diabetes. 

Untuk mendiagnosa diabetes dalam tubuh Anda, prediabetes merupakan fase yang bisa Anda cermati dengan seksama. Prediabetes pada intinya adalah sebuah fase dimana kadar gula darah dalam tubuh Anda lebih tinggi dari kadar gula darah normal. Biar begitu, pada fase ini, tubuh Anda belumlah masuk pada fase diabetes serius (tipe 2). Fase prediabetes ini sebenarnya hanyalah awal dimana gaya hidup Anda yang menjadi penentu apakah Anda akan mengidap diabetes tipe 2 atau tidak.

Apa Penyebab Prediabetes dan Bagaimana Menanggulanginya?


Pada dasarnya, para dokter masih belum meyakini sebab dan akibat yang memicu adanya prediabetes dalam tubuh Anda. Namun, faktor keluarga (genetis) merupakan faktor penting seseorang mengidap prediabetes. Seorang anak yang lahir dari seorang orang tua pengidap diabetes tentu memiliki resiko yang lebih tinggi dari anak lainnya. 

Selain itu, gaya hidup dan ketidaksempurnaan tubuh dalam mencerna glukosa (gula) merupakan faktor lain yang menyebabkan seseorang berada di fase prediabetes. Glukosa yang tidak dicerna dengan baik pada akhirnya terbawa dan masuk ke dalam darah. Hal inilah yang menyebabkan angka gula darah Anda meningkat. 

Untuk menanggulangi prediabetes, hal yang Anda bisa lakukan adalah dengan mengubah gaya hidup Anda dari sekarang. Perubahan gaya hidup ini ditandai dengan perubahan cara dan waktu makan, serta perubahan frekuensi olahraga. Anda bisa mulai membiasakan untuk melakukan diet sehat, makan makanan alami, dan mengimbanginya dengan olahraga teratur. Dengan begini, glukosa (gula) dalam darah mampu terserap sempurna dan angka gula darah Anda bisa turun. 

Bagaimana Caranya Memahami Kalau Anda Sudah Masuk Ke Fase Diabetes Serius (Tipe 2)?

Tak hanya memahami prediabetes, Anda juga perlu memahami apakah Anda sudah masuk ke diabetes serius (tipe 2) atau tidak. Diabetes serius (tipe 2) ditandai dengan terus meningkatnya angka gula darah Anda menjauhi angka gula darah normal manusia. Hal ini banyak disebabkan oleh faktor gaya hidup, makanan dan minuman yang Anda konsumsi, dan terlalu jarang berolahraga. 

Selain faktor tersebut, beberapa faktor yang bisa mengubah prediabetes menjadi diabetes serius (tipe 2), antara lain:
  • Berat badan. Faktor berat badan merupakan faktor penting peningkatan angka gula darah dalam tubuh Anda. Semakin banyak Anda menyimpan lemak dalam tubuh, semakin sulit tubuh Anda untuk menyerap insulin.
  • Lingkar pinggang. Besarnya lingkar pinggang bisa menjadi indikasi bahwa tubuh Anda sulit menyerap insulin. Lingkar pinggang ideal bagi pria adalah 40 inci (101.6 cm) dan bagi wanita adalah 35 inci (88.9 cm). 
  • Pola makan yang salah. Konsumsi daging merah, produk olahan daging, dan minuman manis berhubungan erat dengan resiko prediabetes atau diabetes tipe 2. Untuk mengatasinya, Anda bisa mulai mengganti pola makan Anda dengan makan buah, sayuran, kacang-kacangan, gandum utuh, dan minyak zaitun yang menurunkan resiko prediabetes atau diabetes tipe 2.
  • Malas berolahraga dan bergerak. Banyak berolahraga membantu menurunkan kadar gula darah karena aktivitas fisik memacu tubuh untuk mengubah glukosa (gula) menjadi energi. Untuk itu, semakin Anda malas berolahraga dan bergerak, semakin tinggi resiko Anda terkena prediabetes atau diabetes tipe 2. 
  • Usia. Penelitian menyebutkan bahwa usia 45 tahun ke atas merupakan usia yang rentan terhadap prediabetes atau diabetes tipe 2. Hal ini disebabkan karena orang-orang di usia ini cenderung malas untuk berolahraga. Hal ini berdampak pada mengendapnya glukosa (gula) dalam darah karena tidak dirubah menjadi energi.
  • Pola tidur tidak teratur. Orang yang memiliki pola tidur tidak teratur lebih rentan terhadap prediabetes atau bahkan diabetes tipe 2. Pola tidur tidak teratur dapat menggangu kerja organ tubuh yang berfungsi mengubah glukosa (gula) menjadi energi atau menyerap insulin.
Prediabetes merupakan fase yang amat menentukan bagi tubuh Anda. Perubahan gaya hidup dan pola makan bisa mencegah prediabetes meningkat menjadi diabetes tipe 2. Sebaliknya, ketidakpedulian Anda bisa memicu peningkatan prediabetes menjadi diabetes tipe 2. 

Untuk itu, mulailah rajin mengonsumsi buah, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan makanan lain yang mampu menurunkan kadar gula dalam darah Anda. Selain itu, berolahragalah secara teratur. Dengan melakukan gaya hidup sehat sejak dini, niscaya Anda bisa terbebas dari ancaman diabetes, baik prediabetes ataupun diabetes tipe 2. 


Ditulis oleh:

Artikel Terkait

Cara Tepat Ngemil Cokelat
Cokelat merupakan makanan favorit sebagian besar orang. Rasanya yang legit mampu memanjakan lidah dan memberikan rasa ba..
Nadia Gunawan
14 Desember 2017
Come and Say Hello to Our Lemonilo Crush Trio: Nino, Ilman, and Lale!
Di tengah banyaknya produk dan budaya makan yang tak sehat di masyarakat, Lemonilo, sebagai salah satu start up healthy ..
OT Handoko
30 November 2017
Apa Sih Manfaat Tidur Cukup Untuk Kecantikanmu?
Tidur cukup merupakan satu kegiatan yang memiliki banyak manfaat bagi perkembangan tubuh Anda. Fungsi tidur yang paling ..
OT Handoko
29 November 2017