Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Sebaiknya Dilakukan, Inilah 7 Gerakan Pendinginan Setelah Olahraga

Rizki Indra
Rizki Indra
19 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Gerakan pendinginan sangat penting dilakukan setelah olahraga.

Gerakan pendinginan atau cooling down setelah olahraga memiliki peran yang sama pentingnya dengan gerakan pemanasan. Sayangnya, masih banyak sekali orang yang abai untuk melakukan cooling down setelah menyelesaikan olahraga inti. Hal ini bukan hanya dapat menyebabkan cedera, namun juga untuk menormalkan detak jantung.


Melewatkan kegiatan pendinginan setelah berolahraga dapat berakibat fatal bagi tubuh. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan gerakan yang bertujuan untuk mendinginkan dan juga mengembalikan tubuh pada kondisi normal. Inilah beberapa gerakan pendinginan yang bisa kamu lakukan:

1. Child Pose


Duduklah dengan posisi paha terlipat di atas kaki dan digunakan sebagai tumpuan. Setelah itu, membungkuklah hingga dada menyentuh paha dan pantat menekan tumit serta tangan terjulur ke depan. Tarik dan buang napas secara teratur.

2. Cat Cow


Salah satu jenis gerakan pendinginan ini seolah meniru gerakan dari sapi dan anjing. Pertama-tama, badan berada dalam posisi seolah hendak merangkak dengan kedua tangan berada di bawah bahu dan lutut di bawah panggul. Lengkungkan punggung ke bawah sambil menatap ke arah langit, tarik napas panjang.


Hembuskan napas dengan posisi punggung dilengkungkan ke atas dan tekan lantai menggunakan kedua telapak tangan. Pada posisi ini, jatuhkan kepala pada posisi menunduk seperti pose kucing menunduk. Tahan tubuh dalam posisi ini selama dua hingga tiga detik.

3. Peregangan Leher


Ini merupakan gerakan yang paling mudah untuk melakukan pendinginan setelah berolahraga. Cukup gerakkan leher ke arah kiri, kanan, atas dan bawah secara bergantian. Selain itu, lakukan putar leher secara perlahan dan lakukan masing-masing gerakan dalam selama 10 detik.

4. Standing Forward Bends


Untuk meregangkan otot punggung dan kaki setelah selesai berolahraga, maka lakukanlah gerakan ini. Caranya cukup mudah yaitu dengan berdiri tegak kemudian perlahan bungkukkan badan dengan posisi kaki tetap tegak. Usahakan agar telapak tangan dapat menyentuh lantai tanpa menekuk lutut. 

5. Head to Knee Forward Bend


Lelah setelah berlari jauh? Cobalah untuk melakukan gerakan ini. Duduklah dengan merentangkan kedua kaki lurus ke depan. Lipat salah satu kaki ke bagian dalam, kemudian bungkukkan tubuh ke arah kaki yang tidak terlipat. Posisikan tangan pada ujung telapak tangan dan tahan posisi ini selama 1 menit. Ulangi pada sisi lainnya.

6. Overhead Shoulder Stretch


Berdirilah dengan posisi tegak, kemudian angkat kedua tangan lurus ke atas sambil tarik napas. Lipat salah satu tangan ke arah belakang kepala sementara tangan satunya menarik siku ke arah bawah. Pada posisi ini buanglah napas secara perlahan.


Lakukanlah gerakan yang sama pada tangan yang lain. Tarik dan buang napas secara perlahan agar detak jantung kembali normal. Gerakan ini berfungsi untuk meregangkan otot-otot trisep, punggung, dan juga bahu.

7. Lunge Stretch


Gerakan ini bertujuan untuk melakukan relaksasi pada bagian betis, pergelangan kaki, dan juga pinggul. Caranya cukup mudah, yaitu berdirilah dengan tegak kemudian langkahkan kaki kanan ke belakang dan kaki kiri ke depan. Setelah itu, tekuk lutut kiri dengan posisi kaki kanan tetap lurus.


Doronglah pinggul ke bawah hingga terasa adanya peregangan. Tahan posisi ini selama beberapa saat kemudian kembali berdiri tegak. Lakukan gerakan yang sama dengan posisi kaki sebaliknya yaitu kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang.


Itulah beberapa gerakan pendinginan yang bisa kamu lakukan. Pendinginan biasanya dilakukan selama 5 hingga 10 menit dengan mengatur pernapasan agar kembali normal. Suhu tubuh juga akan menurun dan kembali ke kondisi normal pada saat melakukan gerakan mendinginkan tubuh. Oleh karena itu, ingatlah selalu untuk melakukan gerakan pendinginan setelah berolahraga.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.