Sebelum Kamu Mulai Menggoreng, Cek Aturannya Dulu Yuk, Girls!

06 Apr 2018 @ 11:40:26
Buat banyak wanita, memasak merupakan hal yang menyenangkan. Kebebasan untuk berkreasi dan hasil masakan yang sempurna serta disukai banyak orang menjadi salah satu daya tarik dari memasak. Sebaliknya, ada juga wanita yang tak bisa memasak karena anggapan bahwa memasak itu sulit, terutama ketika harus dihadapkan pada kegiatan menggoreng dan berhadapan dengan minyak panas. 

Nah, buat kamu yang tidak suka memasak, apalagi ketika harus menggoreng, cek dulu yuk aturan yang baik waktu kamu harus menggoreng. Dijamin, jika kamu tahu aturan sebenarnya, kamu jadi lebih punya keberanian untuk memasak. Check this out!

1. Suhu Minyak itu Penting

Untuk menghindari percikan yang besar yang memungkinkan nyasar ke kulit kamu, perhatikan suhu minyak dan besarnya api ketika kamu akan memasak. Tidak semua jenis makanan harus dimasak dengan api besar lho! 

Nah, kalau kamu takut terpercik minyak panas, kamu bisa mulai memasak atau menggoreng dengan api kecil atau api sedang. Setelah bahan makanan masuk, kamu bisa mulai menaikkan suhunya supaya lebih cepat matang merata. Dengan kata lain, kamu bisa mengoreng bahan makanan dengan suhu 160 - 170 derajat celcius. Makanan renyah dan percikan minyak bisa diminimalisir. 

2. Minyak itu Musuhnya Air, Gunakan Penutup Ketika Memasukkan Adonan Basah Ke Dalam Minyak

Untuk menjaga keamanan kamu ketika menggoreng, selalu pahami bahwa minyak itu adalah musuhnya air. Jadi, ketika kamu memasukkan adonan basah ke minyak akan menimbulkan percikan sebagai reaksi pertemuan kedua jenis bahan yang berlawanan ini. 

Jadi, jangan lupa selalu sediakan penutup wajan sebagai tamengmu untuk menghindari percikan minyak yang melompat ke arah kulitmu. Setelah keadaan normal dan percikan hilang, kamu bisa mulai menggoreng dan membolak-balikkan adonan sesukamu hingga matang. 

3. Adonan Bukan Bola Baseball, Jadi Jangan Dilempar!

Beberapa dari kamu mungkin akan panik ketika harus berhadapan dengan masakan yang digoreng. Kamu takut percikan minyak panas bisa lompat ke kulitmu dan menyebabkan luka yang perihnya minta ampun. Sebagai jalan keluarnya, kamu akan berdiri agak jauh dan melempar adonan tersebut. 

Duh, girls, jangan ya! Kalau kamu pikir dengan melempar adonan bisa membuat percikannya tidak mengenai kamu, kamu salah. Melempar adonan justru akan membuat percikan lebih besar. Udah gitu, kalau lemparnya tepat sasaran! kalau meleset bagaimana? Bisa mubazir kan?

4. Sehabis Menggoreng, Jangan Lupa Tiriskan Minyak

Pernah gak sih kamu makan makanan yang digoreng tapi penuh dengan minyak? Gak enak kan? Nah, itu yang harus kamu pelajari! Kalau kamu merasa tidak enak ketika makan makanan penuh minyak, kamu juga harus pikir bahwa banyak orang yang mungkin sependapat dengan kamu. 

Jadi, setelah menggoreng, jangan lupa meniriskan dengan tirisan dari besi atau kamu bisa gunakan tisu masak yang dapat menyerap minyak. Dengan begini, rasa makanan kamu akan lebih nyaman dinikmati siapa saja tanpa risih dengan banyaknya minyak ketika dikonsumsi.

5. Minyak Bisa Digunakan Sampai 3x Penggorengan

Kamu pasti sering bertanya kira-kira minyak itu bisa digunakan sampai berapa kali ya? Jawabnya sampai 3x penggorengan. Ketika kamu menggunakannya pertama kali, kamu bisa tampung di sebuah wadah untuk digunakan lagi selama 2x ke depan. 

Jangan gunakan minyak lebih dari 3x karena minyak sudah penuh dengan lemak trans yang beresiko menimbulkan kanker di dalam tubuhmu. Biar begitu, tetaplah gunakan minyak baru karena minyak baru terjamin kualitas dan kesehatannya. Kamu lebih sehat dan aman dengan minyak yang baru. 

6. Minyak Yang Baik Itu... 

Ada gak sih dari kalian yang bertanya-tanya bagaimana ciri dari minyak yang baik itu? Apa semua minyak dipasaran itu sehat seperti di iklannya? Jawaban buat kamu adalah minyak yang baik itu akan membeku (berwarna agak putih padat) pada suhu sejuk dan akan mencair pada suhu ruangan yang hangat. 

Jadi, kamu sekarang jangan heran ketika melihat minyak goreng yang beku ketika berbelanja di supermarket. Itu artinya bahwa minyak itu sehat karena dibuat dengan proses penyulingan terbaik, tanpa melibatkan proses lainnya seperti penghilangan bau ataupun pemberian warna serta terbuat hanya dari kelapa alami.

Nah, sehabis membaca ini, apa kamu sudah siap untuk menggoreng untuk keluargamu? Jangan takut! Walaupun terkesan mengerikan, memasak bisa juga memberikan kesenangan dan hobi yang bisa kamu lanjutkan. Selamat memasak!





Artikel disadur dari: IDNTimes


Artikel Terkait

30% Wanita Beresiko Obesitas Saat Hamil Jika Tidak Menjaga Berat Badan Dengan 6 Cara ini!
Dari sekian banyak momen kehidupan yang dialami wanita, kehamilan bisa jadi salah satu momen membahagiakan yang amat did..
OT Handoko
14 Februari 2018
Ingin Adakan Open House Saat Chinese New Year? Jangan Lupakan Hal-Hal Berikut Ini!
Tidak hanya dikenal sebagai bulan kasih sayang atau bulan Valentine, Februari juga dikenal dan diperingati sebagai bulan..
OT Handoko
07 Februari 2018
Inilah Cara Pencegahan dan Penanganan Malnutrisi Bagi Anda dan Buah Hati Anda
Sudahkah Anda mendengar soal kasus malnutrisi di Papua baru-baru ini? Kasus tersebut seharusnya membuat banyak kalangan ..
OT Handoko
25 Januari 2018