Sebelum Membuat Kue Kering Keto, Perhatikan Dengan Seksama 5 Hal Ini!

13 Sep 2018 @ 11:16:50
Dalam menjalani proses diet keto, kamu tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi karbohidrat dan gula. Biar begitu, bukan berarti kamu tidak bisa menikmati kue kering  atau camilan lainnya lho, guys. Kalau kamu sering berjalan-jalan atau browsing di internet, banyak sekali saat ini sajian kue dan cake yang keto-friendly alias bisa dinikmati oleh orang-orang yang menjalani diet keto. Tak hanya membeli, ternyata kamu bisa mencoba resep-resep kue kering, cake, dan sajian keto-friendly di rumah lho!
 
Tentu saja, resep kue kering keto-friendly tidak sama dengan resep kue kering biasa. Buat kamu yang baru mencoba diet keto atau yang sudah lama melakukan, kamu bisa mencoba menyimak beberapa catatan berikut ini!

Bahan Pengganti Tepung Terigu

Tepung merupakan bahan makanan yang harus dihindari saat menjalani diet keto. Oleh karenanya, kamu harus menggantikan tepung terigu dengan bahan lain untuk mencoba membuat kue kering yang keto-friendly. Cobalah beberapa bahan pengganti tepung terigu yang cocok untuk digunakan pada kue kering nikmatmu!

  • Tepung Almond
Tepung Almond

Tepung almond merupakan tepung yang cocok untuk diet keto. Selain rendah karbohidrat, tepung almond juga gluten-free, sehingga sering digunakan untuk membuat kue dan cake bebas gluten. Nutrisi yang terkandung dalam tepung almond di antaranya adalah vitamin E, potassium, kalsium, zat besi, mangan, dan magnesium. 

Tak hanya mudah didapat di pasar dan beberapa supermarket di Indonesia, kamu juga bisa membuat tepung almond sendiri dengan cara menghaluskan almond tanpa kulit yang telah disangrai menggunakan blender. Karena tepung almond mudah tengik dan kehilangan aromanya, sebaiknya tepung almond yang sudah dihaluskan langsung diolah dan tidak disimpan terlebih dulu.

  • Tepung Kelapa

Tepung Kelapa

Kandungan karbohidrat pada tepung kelapa tidak serendah tepung almond, tapi tepung kelapa memiliki tekstur yang lebih ringan dibandingkan tepung almond. Tidak mengandung gluten dan tinggi serat, kamu dapat membuat kue kering dengan tepung kelapa, tambahkan sedikit cairan atau telur pada resep agar kue jadi tidak terlalu kering dan keras.

Stevia Cocok Untuk Menggantikan Gula

Gula menjadi salah satu bahan yang tidak disarankan untuk digunakan oleh para pelaku diet keto. Tentunya, untuk merasakan rasa manis pada makanan, gula dalam berbagai resep kue kering juga harus digantikan dengan bahan lain. Salah satu gula yang keto-friendly adalah stevia.

Stevia dibuat dari daun tumbuhan yang berasal dari Amerika Selatan, Stevia Rebaudiana. Walaupun manis, stevia tidak mengandung kalori atau karbohidrat sama sekali dan tidak berpengaruh pada kadar gula dalam darah, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Biar begitu, sebelum memilih produk stevia, periksa kemasan stevia untuk memastikan bahwa produk stevia tersebut tidak mengandung maltodextrin, dextrose, atau pemanis buatan lainnya.
 
Salah satu yang perlu dicatat dalam menggunakan stevia adalah stevia jauh lebih manis daripada gula biasa. Karena itu, jumlah stevia yang kamu gunakan tentu lebih sedikit dibandingkan jumlah gula biasa yang tertera dalam resep. Selain itu, kue kering yang dibuat menggunakan stevia sebaiknya dipanggang dengan suhu di bawah 200°C.

Bagaimana Mengganti Susu Dalam Kue Kering?

Beberapa kue kering menggunakan susu dalam resepnya. Susu yang kamu gunakan untuk membuat kue kering yang keto-friendly tidak boleh mendapatkan tambahan gula. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan susu almond tanpa gula atau santan dalam resep kue kering.

Cokelat Aman Juga Untuk Diet Keto Lho!

Siapa sangka, ternyata cokelat merupakan salah satu bahan makanan yang boleh dikonsumsi dalam diet keto. Untuk menikmati cokelat, pilihlah cokelat dengan kandungan kakao di atas 70% (dark chocolate) dan tidak menggunakan gula. Cokelat bubuk juga bisa digunakan saat membuat kue kering cokelat yang nikmat.

Pilih Resep Kue Kering Keto-friendly yang Tepat Dan Cermat

Resep kue kering biasa tentu tidak sama dengan resep kue kering keto-friendly. Karena itu, untuk menghemat waktu, sebaiknya gunakan resep kue kering yang memang disiapkan dan disesuaikan dengan diet keto. Tak perlu khawatir sulit mendapatkan resep yang lezat. Karena popularitas diet keto, saat ini sudah banyak situs yang menampilkan berbagai resep sajian yang keto-friendly, termasuk resep cake dan kue kering.
 
Bagaimana, Lemonizen? Sudah siap mencoba membuat kue kering yang keto-friendly? Kalau ragu, kini kamu juga bisa membeli kue kering yang keto-friendly dengan mudah kok! Kue kering keto-friendly kini sudah bisa didapat di banyak tempat. Siapa bilang kamu tidak bisa ngemil enak saat menjalani diet keto?

Artikel Terkait

Tetap Sehat Walaupun Sedang Travelling? Inilah Cara dan Panduannya!
Travelling atau berwisata tentu menjadi waktu yang menyenangkan. Di waktu travelling, kamu bisa merasakan lega dari akti..
Andesma. W
02 Oktober 2018
Tak Nyaman Karena GERD? Cobalah Cara Alami Menyembuhkan GERD berikut Ini!
Apa kamu pernah merasakan rasa sakit di sekitar perut bagian atas dan ulu hati, Lemonizen? Kalau iya, bisa jadi itu adal..
Andesma. W
28 September 2018
Dark Chocolate: Bagaimana Bisa Sehat Dengan Konsumsi Dark Chocolate yang Cukup?
Dalam menjalani hidup sehat, kamu tentu banyak tahu tentang macam-macam superfood atau makanan super yang mempunyai bany..
OT Handoko
27 September 2018