Download Aplikasi Lemonilo
Butuh Bantuan?
Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Selain Baik Bagi Lambung, Ini 6 Manfaat Cincau Bagi Kesehatan

Rizki Indra
Rizki Indra
03 Dec 2020
Clock Icon
3 menit
Atasi berbagai masalah kesehatan dengan manfaat cincau.
Cincau selama ini sering dikonsumsi sebagai pelengkap minuman dingin, seperti es buah dan sirup. Minum es cincau, selain dapat melegakan tenggorokan dan terasa segar di mulut ternyata memiliki manfaat lainnya. Manfaat cincau ini diperoleh karena adanya kandungan karbohidrat, lemak, protein, senyawa-senyawa lainnya seperti polifenol dan flavonoid, mineral dan vitamin seperti kalsium, fosfor, vitamin A, dan vitamin B. Banyaknya nutrisi yang terkandung ini, tak heran ada segudang manfaat yang dapat kamu rasakan untuk kesehatan. Lantas apa saja manfaatnya? Simak ulasan berikut baik-baik.

1. Mencegah Kanker



Salah satu penyebab kanker adalah paparan dari radikal bebas. Untuk melawan radikal bebas ini, kamu harus asupi kebutuhan tubuh dengan antioksidan yang tinggi. Salah satunya dengan konsumsi daun cincau. Daun cincau memiliki kandungan alkaloid dan isokandrodendrin. Kedua zat ini dapat membantu mencegah terjadinya kanker dan tumor ganas menyerang sistem dalam tubuh.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh



Cara meningkatkan kekebalan tubuh secara alami yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan kaya dengan antioksidan. Senyawa ini sangat penting untuk memastikan tubuh kamu mempunyai kekebalan tubuh yang dapat membunuh radikal bebas dan beberapa infeksi virus. Bahan alami yang kaya antioksidan ini adalah daun cincau. Dengan kekebalan tubuh yang kuat kamu tidak mudah terserang penyakit dan bebas beraktivitas.

3. Mengatasi Hipertensi



Senyawa tetandrin yang terkandung dalam daun cincau bermanfaat untuk mengatasi hipertensi. Senyawa ini dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah sehingga darah dalam tubuh kamu akan mengalir lebih lancar. Sistem sirkulasi darah yang lancar tentunya akan membantu tekanan darah tinggi kembali normal. Untuk mengatasi hipertensi ini, kamu sebaiknya mengkonsumsi daun cincau sebanyak tiga kali seminggu untuk hasil maksimal.

4. Mengobati Keracunan Makanan Laut



Di balik manfaat makanan laut untuk kesehatan tubuh, ternyata ada orang tertentu yang justru tidak bisa leluasa mengkonsumsi makanan laut atau seafood ini. Hal ini karena mereka akan keracunan ketika mengonsumsi satu atau semua jenis makanan laut tersebut.

Meskipun begitu, kamu yang mengalami kondisi ini tidak perlu cemas. Untuk mengatasi keracunan makanan laut ini, kamu bisa sering mengkonsumsi olahan daun cincau. Hal ini karena cincau mempunyai senyawa antioksidan yang dapat membantu orang dengan keracunan makanan laut. Dengan begitu, kamu bisa mengonsumsi makanan laut tanpa perlu khawatir terkena keracunan lagi.

5. Menjaga Kesehatan Mata



Manfaat cincau untuk kesehatan lainnya dapat menjaga kesehatan mata kamu, terutama untuk mengatasi kehilangan penglihatan karena kondisi degenerasi makula. Manfaat cincau ini didapatkan dari kandungan senyawa-senyawa penting yang bisa membantu tubuh melawan degenerasi makula dan membuat tubuh kamu selalu sehat meskipun sudah di usia lanjut.

6. Mengobati Gangguan Pencernaan



Ketika sistem pencernaan kamu kurang sehat, maka dapat menyebabkan beberapa masalah, salah satunya perut kembung. Untuk mengobati kondisi ini, kamu bisa memanfaatkan olahan dari daun cincau untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegah gangguan kesehatan dari sistem pencernaan kamu. Selain itu, mengkonsumsi olahan daun cincau dapat membantumu menghilangkan sakit perut dan membersihkan bakteri yang ada di pencernaan sehingga pencernaan kembali sehat.

Itulah 6 manfaat cincau bagi kesehatan kamu selain baik bagi lambung. Mulai sekarang cobalah untuk konsumsi cincau sesering mungkin dan rasakan manfaatnya.
Komentar
Belum ada komentar.
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.