Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Selain Baik untuk Diet, 5 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan

Rizki Indra
Rizki Indra
27 Oct 2020
Clock Icon
3 menit
Selain Baik untuk Diet, 5 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan
Sechium edule atau yang lebih dikenal dengan labu siam, adalah salah satu jenis sayuran yang kerap kali ditemukan dalam berbagai olahan di Indonesia. Labu ini seringkali ditemukan dalam berbagai olahan masakan sehari-hari. Labu siam yang menghadirkan cita rasa enak dan manis ini ternyata mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat labu siam untuk kesehatan tubuh yang sayang dilewatkan?

1. Mencegah Kanker


Kandungan antioksidan flavonoid poli fenolik pada labu siam dapat mengikat radikal bebas yang bisa memicu terjadinya kanker, suatu penyakit berbahaya yang mematikan. Penelitian yang dilakukan oleh Mahasiswa dari UGM juga menyebutkan bahwa labu siam bisa dijadikan sebagai dasar dalam pembuatan salep untuk pengobatan alternatif melanoma maligna, karena kandungan senyawa flavonoid dan saponin di dalamnya. 

Itulah mengapa, tidak ada salahnya jika kamu menambahkan labu siam ke dalam olahan menu masakan untuk mendapatkan manfaat labu siam yang satu ini. 

2. Menurunkan Tekanan Darah



Labu siam yang sering dijumpai dalam olahan sayur lodeh dan juga sayur bening ini, ternyata berkhasiat juga untuk kamu yang menderita hipertensi. Pasalnya, labu siam memiliki sifat diuretik yang memiliki peran dalam menurunkan tekanan darah.  Oleh karena itu, mengonsumsi labu siam secara rutin bagi penderita hipertensi dipercaya secara efektif untuk menurunkan tekanan darah.

Labu siam sendiri merupakan salah satu sayuran yang mudah pengolahannya. Selain dijadikan bahan sayur, kamu juga bisa mencampurkannya dalam berbagai olahan masakan tumis-menumis.

3. Mengatasi Anemia



Tahukah kamu, ternyata manfaat labu siam selanjutnya bisa mengatasi anemia. Mungkin banyak orang yang tidak sadar jika labu siam menyimpan segudang manfaat bagi tubuh. Terutama bagi kamu yang mempunyai masalah anemia, atau kurang darah.

Seperti yang kita tahu, anemia sendiri adalah suatu penyakit dimana penderitanya kekurangan darah merah yang bisa membuat aktivitas seseorang menjadi lesu dan tak bertenaga. Kandungan vitamin berupa zat besi yang terdapat dalam labu siam sendiri dapat membantu hemoglobin yang bisa membantu mengikat oksigen.

4. Baik untuk Wanita Hamil



Manfaat labu siam selanjutnya sangat baik untuk ibu hamil. Hal ini karena dalam labu siam mengandung folat (vitamin B9) yang bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi sang ibu selama kehamilan. Sebuah penelitian sudah membuktikan bahwa kekurangan folat selama kehamilan akan mendatangkan berbagai masalah kesehatan pada bayi, misalnya cacat tabung saraf, masalah jantung, malformasi ekstremitas, bahkan keguguran. Oleh karena itu, bagi ibu hamil sangat dianjurkan untuk mendapatkan berbagai manfaat dari nutrisi yang ada di dalam labu siam.

5. Mencegah Penuaan Dini



Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, nyatanya labu siam juga mempunyai manfaat untuk kecantikan, yaitu mencegah penuaan dini. Munculnya gejala penuaan dini sendiri bisa disebabkan oleh berbagai sebab mulai dari pola hidup yang kurang sehat, hingga paparan radikal bebas yang merusak kulit.

Dalam hal ini, labu siam bertindak sebagai radikal bebas dan juga ROS (Reactive Oxygen Species) yang merupakan zat dari oksigen yang reaktif dan berbahaya bagi tubuh, sehingga mampu mencegah penuaan dini yang bisa mengurangi rasa kepercayaan diri seseorang.

Itulah lima manfaat labu siam yang sayang untuk dilewatkan. Dengan berbagai manfaat ini, tidak heran jika labu siam sangat populer untuk dikonsumsi. Selain itu rasanya juga enak dan manis. Bagaimana, apakah kamu juga salah satu penyuka labu siam ini?
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.