Selain Bantu Tumbuh Kembang Anak, Ini Deretan Lain Manfaat Sensory Play

24 Jun 2020 @ 01:20:27
Sensory playmemiliki banyak sekali manfaat bagi anak. Sensory play memberikan kesempatan pada anak untuk eksplorasi, mengembangkan kemampuan berpikir, mengembangkan daya imajinasi, dan daya kreativitas anak.

Berbagai penelitian mengungkapkan betapa besarnya manfaat sensory play dalam perkembangan dan proses belajar anak. Dan inilah deretan manfaat yang akan didapat ketika menerapkan sensory play pada anak.

Perkembangan otak anak

Ketika anak terlibat aktif dalam sensory play, hal ini membantu perkembangan otak mereka yang sangat bermanfaat bagi proses belajar seperti memperkuat daya ingat serta meningkatkan kemampuan anak menyelesaikan tugas yang lebih kompleks.

Perkembangan bahasa

Sensory play mendukung perkembangan bahasa anak yang membantu mereka untuk berkomunikasi secara efektif dengan orang lain. Misalnya, anak belajar kosa kata baru mengenai tekstur yang mereka raba, aroma yang mereka hirup, rasa makanan yang mereka rasakan, atau menceritakan kepada temannya mengenai kegiatan yang sedang mereka lakukan. 

Perkembangan motorik kasar dan motorik halus

Anak mengidentifikasi benda melalui sentuhan ketika melakukan sensory play. Hal ini membantu anak melatih perkembangan motorik kasar dan halus mereka, seperti menarik, mendorong, melempar, meremas, dan merobek. 

Perkembangan kognitif

Sensory play membantu aspek perkembangan kognitif dengan cara melatih proses berpikir, pemahaman, serta kemampuan penalaran. Ketika anak memanipulasi objek di hadapannya, mereka mempelajari konsep baru seperti mengapung dan tenggelam. Anak juga mengamati perubahan bentuk yang terjadi akibat perubahan suhu, seperti es batu yang padat lama-lama menjadi cair ketika dipanaskan. 

Kemampuan menyelesaikan masalah

Ketika anak bereksperimen dengan berbagai benda ketika sensory play, anak mengembangkan kemampuan menyelesaikan masalah serta kemampuan pengambilan keputusan. Mereka mencari solusi dari 'permasalahan' yang muncul ketika bermain, misalnya bagaimana cara merekatkan kinetic sands.

Interaksi sosial

Lingkungan sensory play yang aman dan nyaman mendukung anak untuk berinteraksi dan bekerjasama dengan orang lain secara efektif. Anak dapat menceritakan ide mereka atau mungkin memiliki teman baru.

Mengembangkan awareness

Ketika anak terlibat aktif dalam sensory play, mereka lebih aware terhadap diri sendiri dan tubuhnya, yang membantu mereka menghayati keberadaan diri mereka di lingkungan sekitarnya.

Aktivitas yang menenangkan

Therapeutic sensory play dengan peralatan yang lebih bervariasi dan kegiatan yang lebih terstruktur dapat membantu menenangkan anak yang cemas atau gelisah.  

Mengembangkan kemampuan adaptasi

Sensory play melatih anak untuk beradaptasi di situasi baru. Anak dapat  memanipulasi berbagai alat sensory play dengan cara yang berbeda setiap kali bermain sehingga mereka selalu dapat menemukan hal yang baru.

Itulah sederet manfaat sensory play yang selama ini dinilai sekadar permainan anak yang “berantakan”. Namun, justru di balik hal-hal tersebut tersimpan segudang manfaat yang bisa mendukung tumbuh kembang anak.


Artikel Terkait

Klarifikasi Atta Halilintar dan Aurel Sempat Bertengkar, Ternyata Rebutan Mie Lemonilo!
Atta juga menyiapkan makan malam romantis dengan hidangan mie instan Lemonilo kesukaan aurel..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Wow, Sehat bareng Keluarga A6! Gowes Sambil Keliling Pantai di Bali
Aktivitas bersepeda yang dilakukan keluarga Hermansyah tentunya memberi banyak manfaat kesehatan..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
5 Manajemen ASIP untuk Ibu Bekerja Agar Stok ASI Tercukupi
Memerah ASI juga membutuhkan manajemen yang baik agar jumlah yang diproduksi mencukupi kebutuhan bayi..
Shella Rafiqah Ully
18 September 2020