Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Selain Lebih Segar, Ini 8 Manfaat Mandi Air Dingin untuk Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
01 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat mandi air dingin untuk kesehatan tubuh yang penting.

Lemonizen, biasanya kamu lebih suka mandi dengan air dingin atau hangat? Keduanya memang memberikan sensasi tersendiri yang membuat tubuh lebih rileks. Namun ternyata lebih dari itu, mandi air dingin dapat memberikan manfaat juga untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Simak penjelasan manfaat air dingin berikut ini yuk!

1. Meringankan Stres


Ketika seseorang mandi dengan air dingin maka akan terjadi penyesuaian tubuh terhadap stres oksidatif yang berulang. Mandi dengan air dingin dapat meningkatkan glutathione sehingga antioksidan berada di tingkat optimal.

2. Mencegah Depresi


Dampak intens yang diterima reseptor dingin di kulit dimana yang bertugas mengirim impuls listrik dari ujung saraf perifer ke otak dapat menyebabkan adanya depresi. Depresi ini dapat dihindari dengan rutin mandi air dingin.

3. Mempercepat Pemulihan Nyeri Otot dan Pegal Linu


Setelah sesi latihan yang melelahkan seperti misalnya gym, maka akan menimbulkan terjadinya nyeri otot. Air dingin mempunyai sifat regeneratif dimana dapat membantu menenangkan nyeri otot tersebut.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Sirkulasi Darah


Mandi air dingin dapat mengakibatkan sirkulasi darah berjalan lebih lancar, menurunkan tekanan darah, plak yang menumpuk di pembuluh darah terangkat, dan kerja sistem imun akan menjadi lebih baik. Kinerja jantung untuk memompa darah akan lebih efisien ketika tubuh pertama kali merasakan guyuran air dingin, hal ini terjadi saat kita mandi dengan air dingin ataupun berenang.

5. Menghaluskan Rambut dan Kulit


Mandi air dingin dipercaya mampu menjaga kesehatan rambut dan juga kulit. Perbandingannya, ketika seseorang mandi dengan air panas, kulit akan menjadi lebih kering karena minyak alami yang berada di tubuh lambat laun terangkat. Namun jika seseorang mandi dengan air dingin, kutikula rambut dan kulit akan menjadi lebih kencang.


Kencangnya kutikula dan pori kulit ini akan menghambat kotoran yang masuk ke pori dimana memungkinkan untuk terjadi penyumbatan di area tersebut. Selain itu, mandi dengan air dingin akan mengakibatkan rambut tampak lebih bersinar, sehat, kuat, dan meratanya folikel rambut.

6. Meningkatkan Kewaspadaan


Guyuran air dingin yang memungkinkan respon terkejut dalam tubuh kita sebenarnya akan memberikan dampak yang baik bagi tubuh. Hal itu akan membuka pernapasan dan meningkatkan oksigen yang disalurkan ke seluruh tubuh. Dalam hal ini detak jantung akan meningkat dan berakibat pada pada lancarnya aliran darah sehingga tubuh akan tetap terasa hangat.

7. Menurunkan Berat Badan


Tubuh kita memiliki dua jenis lemak yakni lemak putih dan coklat. Pengkonsumsian kalori berlebih dapat menimbulkan penumpukan lemak di perut, pinggang, dan juga leher. Lemak inilah yang dinamakan dengan lemak putih. Kemudian untuk lemak coklat merupakan lemak baik yang berfungsi untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.


Lemak coklat akan terbakar ketika tubuh terkena suhu dingin yang ekstrim. Hal tersebut bisa menyebabkan peningkatan metabolisme pada tubuh. Sehingga dalam praktiknya, tubuh yang terkena guyuran air dingin ketika mandi akan menyebabkan pembakaran lemak coklat yang kemudian berpotensi membantu menurunkan berat badan.

8. Melawan Berbagai Penyakit


Mandi dengan air dingin dapat memicu produksi sel darah putih atau leukosit dimana berperan untuk melawan berbagai macam penyakit.


Mandi air dingin memang sebuah hal yang sering dihindari oleh sebagian orang. Padahal, ada banyak manfaat yang ditimbulkan dari mandi dengan air dingin. Namun perlu diingat juga, bahwa mandi air dingin tidak dianjurkan bagi kamu yang baru saja begadang. Sebab, mandi air dingin setelah begadang bisa menimbulkan masalah kesehatan mulai dari yang ringan sampai fatal.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.