Selain Mempercantik Kulit, Ini 5 Manfaat Selada Air Lainnya

Selada air umumnya sering disantap mentah sebagai lalapan, dijadikan isian roti, atau dicampur dengan salad. Manfaat selada air juga terbilang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tidak heran jika selada air ini sangat baik untuk dikonsumsi. Nah, Lemonizen simak berbagai manfaat dari selada air berikut ini yuk!

banner consideration shipping bg blue

1. Tinggi Kandungan Antioksidan

Manfaat dari selada air yang pertama adalah kandungan antioksidannya yang tinggi. Setiap kali memakan selada air, kamu telah mendapatkan sejumlah antioksidan yang ada di dalamnya. Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang bertugas untuk melindungi tubuh dari serangan buruk radikal bebas. Jika terlalu banyak terpapar radikal bebas, akan menimbulkan berbagai penyakit kronis yang berbahaya.
Meski antioksidan bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, tetapi tidak ada salahnya untuk lebih mengoptimalkan jumlahnya melalui sumber makanan harian. Apalagi, jumlah antioksidan yang dihasilkan tubuh hanya sedikit saja. Selain itu, selada air mengandung lebih dari 40 jenis flavonoid, yaitu antioksidan yang biasanya terkandung dalam tumbuhan dengan jumlah yang tergolong tinggi daripada jenis sayuran lainnya. Hal ini dinilai ampuh untuk menetralisir efek dari radikal bebas.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Sebuah penelitian pada tahun 2013 dan diterbitkan oleh British Journal of Clinical Pharmacology, menunjukkan bahwa makanan yang mengandung nitrat, seperti selada air, terbukti dapat melebarkan pembuluh darah sekaligus melancarkan kerja pembuluh darah yang kaku dalam tubuh. Manfaat selada air dengan kandungan nitrat di dalamnya juga mampu meningkatkan jumlah oksida nitrat dalam darah. Inilah sebabnya tekanan darah tinggi akan menurun secara berangsur-angsur.

3. Melindungi Kesehatan Jantung

Berbagai nutrisi penting dalam sayur-sayuran dipercaya bagus untuk menjaga kesehatan jantung, termasuk selada air. Beta karoten, zeaxanthin, dan lutein adalah beberapa senyawa antioksidan keluarga karotenoid yang dimiliki selada air. Konsumsi ketiga senyawa ini akan membantu mencegah kamu dari penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Selain itu, menurut Mediators of Inflammation Journal jumlah senyawa karotenoid yang tinggi juga bisa menurunkan risiko terkena  serangan jantung dan stroke.

banner consideration promotion bg blue

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Selada air juga ternyata baik untuk kesehatan tulang loh Lemonizen! Selada air mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang dapat membantu untuk memperkuat dan mempertahankan fungsi tulang dalam tubuh, mulai dari vitamin K, kalsium, magnesium, kalium, hingga fosfor.
Dari sini, vitamin K bermanfaat untuk mempercepat penyerapan kalsium, mengurangi ekskresi kalsium dalam urin, dan sebagai salah satu komponen osteocalcin yang merupakan protein pembentuk jaringan tulang sehat. Peran dari mineral lainnya juga semakin memperkuat kemampuan dan kesehatan tulang sebagai anggota gerak tubuh.

5. Menyehatkan Mata

Bukan hanya vitamin A saja yang bermanfaat untuk kesehatan mata, vitamin C pun punya andil yang sama. Hasil penelitian yang diterbitkan oleh Acta Ophthalmologica Journal menyebutkan, kandungan vitamin C dalam manfaat selada air bisa menurunkan risiko mengalami katarak.
Selain itu, senyawa antioksidan lutein dan zeaxanthin yang ada dalam manfaat selada air akan mencegah perkembangan penyakit degenerasi makula. Degenerasi makula sendiri muncul akibat gangguan pada mata yang dapat mempengaruhi kemampuan untuk melihat. Penyakit ini akan menyerang seiring bertambahnya usia dan kebanyakan dialami ketika seseorang sudah menginjak usia lebih dari 60 tahun.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Selain mempercantik kulit, itulah manfaat selada air yang bisa kamu dapat. Yuk, mulai sekarang jangan ragu untuk konsumsi selada air secara rutin.
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami