Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Selain Mencegah Peradangan, Ini 5 Manfaat Kemiri Buat Kamu

Rizki Indra
Rizki Indra
20 Dec 2020
Clock Icon
3 menit
Konsumsi kemiri setiap hari untuk mendapatkan manfaat kemiri.
Selama ini, manfaat kemiri dikenal sangat baik untuk melebatkan alis atau rambut. Tidak hanya itu saja, nyatanya masih banyak manfaat dari rempah ini yang baik untuk kesehatan. Kemiri atau Aleurites moluccana merupakan tumbuhan yang bijinya dimanfaatkan untuk rempah-rempah ataupun minyak.

Selain kaya manfaat, kemiri juga digunakan sebagai bagian dari rempah masakan. Kandungan minyak yang tinggi pada rempah-rempah inilah yang membuat rasa masakan yang dibuat menjadi semakin lezat dan nikmat. Tumbuhan yang satu ini dapat dengan mudah kamu temukan di daerah iklim sub tropis seperti Indonesia, Malaysia dan beberapa bagian Australia.
banner consideration shipping bg blue

Ada banyak kandungan kemiri yang bagus untuk kesehatan tubuh kamu. Tanaman ini mulai dari akar, daun hingga bijinya mengandung minyak lemak, flavonoid, saponin, polifenol, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu, kemiri juga mengandung Tanin yang merupakan senyawa yang berfungsi untuk meningkatkan sekresi Tumor Necrosis Factor (TNF). Kemiri tak hanya bisa meredakan peradangan saja, tetapi juga memiliki manfaat lainnya. Inilah beberapa manfaat kemiri untuk kesehatan:

1. Merawat Rambut



Seperti yang telah disinggung sebelumnya, salah satu manfaat kemiri yang sudah diketahui banyak orang adalah sebagai perawatan rambut untuk menggantikan shampoo di rumah. Asam lemak linoleat dan linolenat pada kemiri telah terbukti mampu melembabkan rambut, menutrisi rambut, serta mencegah kerusakan rambut. Kamu yang punya masalah ketombe, bisa kok dihilangkan dengan rempah-rempah yang satu ini. Caranya dengan membuat masker rambut atau mencampurkannya ke dalam kondisioner. Sangat mudah bukan?

2. Menyembuhkan Gigitan Serangga



Kemiri dipercaya dipercaya bisa menyembuhkan luka akibat gigitan serangga. Caranya sangat mudah, yaitu panggang kemiri dan kunyit terlebih dahulu kemudian tumbuh sampai halus. Langkah selanjutnya adalah oleskan secara merata pada bagian tubuh yang terkena gigitan serangga. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

3. Menyembuhkan Luka



Kemiri juga diklaim bisa menyembuhkan luka secara cepat. Selain itu, dapat melindungi luka dari infeksi dan menghilangkan rasa sakit yang ditimbulkan karena luka tersebut. Kandungan asam alfa-linolenat dan asam linoleat pada kemiri mampu menjaga kulit tetap sehat dan bernutrisi. Kandungan minyak pada kemiri juga bisa menembus lapisan kulit terdalam sehingga dapat mencegah kerusakan di sekitar kulit tersebut.
banner consideration promotion bg blue

4. Mengatasi Diare



Tak banyak yang tahu, salah satu manfaat kemiri untuk kesehatan tubuh adalah mengatasi penyakit diare. Dengan catatan, harus dikonsumsi dengan cara dan dosis yang tepat. Menurut dr. Arina Heidiyana, redaksi medis di Klikdokter kemiri dapat dijadikan obat tradisional untuk menyembuhkan diare. Alasannya karena pada kemiri terkandung senyawa anti bakteri.

Namun perlu diketahui, kamu tidak boleh mengonsumsi kemiri secara berlebihan untuk mengatasi diare. Pasalnya, rempah yang satu ini juga mengandung pencahar yang membuat pencernaan bekerja lebih cepat. Selain itu, jangan pernah sekalipun mengonsumsi kemiri saat masih mentah. Lebih baik campurkan dengan bumbu masakan lain seperti yang disarankan oleh dokter Arina Heidiyana.

5. Mengurangi Resiko Jerawat



Di dalam kemiri terkandung asam lemak tak jenuh omega-6 yang dipercaya mengurangi resiko jerawat. Tak hanya itu saja, kandungan ini juga dapat melembabkan kulit sehingga membuatnya menjadi jauh lebih sehat. Tak heran, banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan tersebut.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah Lemonizen, itulah berbagai manfaat kemiri yang harus kamu ketahui. Dari informasi ini, bisa kita tahu bahwa kemiri ternyata tidak hanya digunakan sebagai bumbu untuk masakan saja. Tetapi lebih dari itu, rempah ini memiliki segudang manfaat yang sayang untuk dilewatkan.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.