Download Aplikasi Lemonilo
Butuh Bantuan?
Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Selain Menyegarkan, Ini 7 Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan

Rizki Indra
Rizki Indra
16 Sep 2020
Clock Icon
3 menit
Selain Menyegarkan, Ini 7 Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan
Manfaat buah melon untuk kesehatan ternyata masih banyak yang belum mengetahuinya. Kebanyakan orang mengkonsumsi buah melon hanya sebagai pencuci mulut sebelum atau setelah makan. Namun, selain menyegarkan saat dikonsumsi, buah melon ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Yuk simak ulasan berikut.

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung



Tubuh yang kekurangan kalium akan menyebabkan detak jantung tidak teratur dan aliran darah tidak lancar. Untuk memenuhi kalium tersebut kamu bisa mendapatkannya dari salah satu manfaat buah melon. 

Pada 100 gram cangkir daging buah melon mengandung dosis kalium yang seimbang untuk tubuh. Kalium juga dapat membantu mencegah naiknya tekanan darah. Kamu bisa mencampur buah melon, semangka, dan blewah sebagai menu salad sarapan pagi kamu.

2. Membantu Mengatur Mood



Banyaknya kandungan vitamin B, vitamin B-6 dalam buah melon berfungsi sebagai koenzim yang berguna untuk mengaktifkan proses kimia. Enzim ini digunakan untuk metabolisme protein dalam tubuh. Sedangkan vitamin B-6 dibutuhkan untuk merangsang sistem saraf serotonin, neurotransmitter yang membantu mengatur mood dan membuat tidur kamu lebih nyenyak.

Selain itu, kandungan vitamin B-6 pada buah melon dapat mengubah kandungan homosistein menjadi asam amino yang baik untuk tubuh. Hal ini sangat penting, karena zat tersebut sering dikaitkan dengan adanya risiko peningkatan masalah kardiovaskular. Melon juga mengandung vitamin B1 dan vitamin B3 yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

3. Meredakan Nyeri Perut Saat PMS



Manfaat dari buah melon yang selanjutnya juga bisa dirasakan bagi para wanita ketika masa PMS tiba. Potasium yang terkandung di dalam buah melon dapat membantu mencegah kram, mual, dan nyeri selama PMS. Selain itu, dapat membantu melancarkan aliran darah selama masa menstruasi.

4. Mencegah Rambut Rontok



Melon termasuk sumber yang baik untuk beta karoten yang terdapat dalam vitamin A. Nah, vitamin ini sangat  bermanfaat untuk kesehatan, khususnya untuk pertumbuhan rambut.

5. Mengandung vitamin C



Buah melon mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh. Per harinya, kamu bisa mengonsumsi satu cangkir melon, yang sama dengan kebutuhan harian vitamin C. Vitamin C diperlukan tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah penyakit serta infeksi yang menyerang.

6. Baik Untuk Program Diet



Buah melon mengandung sejumlah serat yang dapat membantu mengatur pencernaan serta menurunkan kadar kolesterol tubuh secara keseluruhan. Pencernaan yang lancar, biasanya berhubungan juga dengan buang air secara teratur. Karenanya, dengan makan buah melon, bisa  mengurangi kemungkinan adanya masalah pencernaan, seperti sembelit.

Selain itu, melon juga rendah kalori yang baik digunakan sebagai asupan diet. Buah melon juga bermanfaat untuk membantu tubuh menjaga berat badan, dan melindungi tubuh dari penyakit-penyakit, seperti tekanan darah tinggi hingga kanker.

7. Baik Untuk Ibu Hamil



Selama kehamilan tubuh seorang ibu akan membutuhkan asupan vitamin dan mineral yang lebih tinggi daripada biasanya. Kondisi ini penting untuk diperhatikan karena periode dimana tubuh ibu hamil harus mendapat nutrisi maksimal akibat imunitas yang cenderung lebih lemah dari biasanya.

Sering mengkonsumsi buah melon bagi ibu hamil dapat memberikan sejumlah nutrisi penting selama kehamilan. Contohnya, kandungan kalium melon untuk menjaga kesehatan jantung, dan vitamin C untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.  Jika ibu ingin sehat dan melahirkan bayi yang sehat, disarankan untuk makan 100 gram melon per harinya.

Itulah manfaat buah melon untuk kesehatan. Dengan berbagai manfaat ini dan rasanya yang lezat dan segar, tidak heran jika banyak yang menyukai buah yang satu ini. 
Komentar
Belum ada komentar.
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.