Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Selain Penambah Rasa, Ini 8 Manfaat Kecap yang Belum Kamu Tahu

Rizki Indra
Rizki Indra
01 Dec 2020
Clock Icon
3 menit
Manfaat kecap sangat penting untuk tubuh.
Halo Lemonizen! Siapa nih diantara kalian yang suka banget dengan kecap? Dan apakah kalian tahu berbagai manfaat kecap itu? Seperti yang kita tahu, kecap terbuat dari bahan kedelai hitam dicampur dengan gula dan bahan lainnya yang seringkali digunakan sebagai bumbu dapur, yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.
banner consideration shipping bg blue

Rasanya yang manis dan berwarna hitam menjadi ciri khas dari kecap itu sendiri. Kekentalan kecap berbeda-beda, tergantung dari pengrajin kecap dan pabrik yang membuatnya. Manfaat kecap ternyata sangat banyak yang mungkin belum kamu tahu. Berikut manfaatnya:

1. Bisa Menetralisir Rasa Pedas



Kamu ingin mengkonsumsi sambal, namun tidak suka makan makanan pedas? Kalau begitu, kecap adalah solusi tepat. Kecap dapat membantu untuk menetralisir rasa pedas yang ada pada makanan. Caranya adalah dengan mencampurkan kecap ke dalam sambal yang akan dimakan. Hal ini akan membuat rasa pedas berkurang karena adanya tambahan rasa manis yang dihasilkan oleh kecap.

2. Menjadi Pewarna Hitam Makanan



Selain digunakan untuk bumbu dapur, manfaat kecap sering dijadikan pemberi warna hitam pada makanan. Misalnya, pada makanan semur dan ikan bakar yang membutuhkan kecap, supaya dapat memberikan warna pada hasil masakan. Pemberian warna kecap yang hitam pekat juga dapat membuat selera makan meningkat.

3. Menambah Rasa Manis



Bagi kamu yang suka dengan cita rasa makanan yang memiliki rasa manis dan kuah kental, maka kecap merupakan pilihan yang dapat diandalkan untuk kebutuhan memasak sehari-hari.  Hal ini karena rasa manis dan kental yang dihasilkan oleh manfaat kecap sangat berguna. Terutama bagi yang suka dengan rasa manis akan menciptakan rasa yang khas untuk disantap, karena kecap merupakan salah satu bumbu dapur unik yang sering digunakan untuk menunjukkan cita rasa khas Indonesia.

4. Kaya Akan Protein



Kedelai adalah salah satu sumber protein nabati yang sangat baik bagi tubuh. Kecap juga sama, karena olahan dari kacang kedelai memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Kandungan protein ini sangat baik bagi kesehatan tubuh, terutama bagi perkembangan sel, jaringan tubuh dan otot tubuh.
banner consideration promotion bg blue

5. Kaya Akan Vitamin A



Manfaat kecap baik untuk kesehatan mata dan daya tahan tubuh. Hal ini karena kecap memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata dan juga untuk kepentingan indera penglihatan.

6. Mengandung Zat Besi



Zat besi merupakan salah satu jenis zat yang diperlukan oleh tubuh. Zat besi ini sangat bermanfaat untuk membantu memperlancar peredaran darah dan mencegah munculnya gejala anemia, seperti tubuh lemas, mudah terserang penyakit, dan sering merasa lelah.

7. Menurunkan Kolesterol



Bagi kamu yang sering merasa khawatir dengan kadar kolesterol di dalam tubuh, terutama kolesterol jahat cobalah tambahkan menu kecap ke dalam makanan sehari-hari. Hal ini karena ternyata, manfaat kecap mampu untuk membantu menjaga dan juga menurunkan kadar kolesterol yang terlalu tinggi di dalam tubuh.

8. Melancarkan Pencernaan



Sebagai salah satu bahan dapur yang dibuat dari hasil pengolahan biji-bijian, maka manfaat kecap salah satunya adalah memiliki kandungan serat. Adanya kandungan serat ini dapat membantu melancarkan pencernaan kamu. Dengan begitu, maka kamu dapat terhindar dari berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit, sulit buang air besar, perut yang terasa kembung dan mual.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah 8  manfaat kecap yang belum kamu tahu. Dengan mengetahui informasi ini, semoga kalian bisa lebih tahu tentang berbagai manfaat dari kecap ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.