Selain Ramah Lingkungan, Inilah 5 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Bersepeda merupakan salah satu olahraga ringan yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Baik anak-anak, remaja, maupun dewasa bisa melakukan olahraga ringan seperti bersepeda ini. Ditengah pandemi ini, popularitas bersepeda juga kembali tinggi. Banyak yang melakukan olahraga ini disore hari untuk membuat tubuh sehat. Selain ramah lingkungan, ternyata bersepeda menghadirkan sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat bersepeda bagi tubuh?

banner consideration shipping bg blue

1. Mengendalikan Berat Badan

Manfaat bersepeda yang pertama adalah terbukti ampuh menurunkan berat badan seseorang. Hal ini karena dengan bersepeda mampu meningkatkan tingkat metabolisme, membangun otot, dan membakar lemak tubuh. lemak tubuh yang terbakar dari kegiatan bersepeda inilah yang bisa mengendalikan berat badan seseorang.
Untuk itu, jika kamu sedang menjalankan program diet tidak ada salahnya mencoba bersepeda. Banyaknya kalori yang terbakar dari kegiatan bersepeda ini bergantung pada berapa lama, berapa jauh, dan berapa cepat kamu bersepeda. Meskipun demikian, ada sebuah studi yang menyatakan manfaat bersepeda setengah jam setiap hari akan membakar hampir lima kilogram lemak lebih dari setahun.

2. Mengurangi Stress

Manfaat dari bersepeda selanjutnya adalah selain dapat menurunkan berat badan secara efektif, ternyata kegiatan bersepeda juga bisa mengurangi stress. Hal ini karena saat bersepeda tubuh akan mengeluarkan hormon yang disebut endorfin. Hormon inilah yang akan memicu timbulnya rasa nyaman dan suasana hati yang positif. Selain itu, hormon ini juga akan menekan rasa sakit yang dirasakan oleh tubuh dan membangkitkan rasa nyaman.
Timbulnya rasa nyaman inilah yang akan membuat pikiran seseorang menjadi lebih tenang sehingga terhindar dari stress. Ketenangan ini akan semakin bertambah karena saat kita bersepeda, mata akan mendapatkan pemandangan baru yang lebih membuat penurunan tingkat stres dalam tubuh akan semakin terasa.

3. Menyehatkan Tulang

Manfaat bersepeda selanjutnya adalah menyehatkan tulang dan mencegah seseorang mengalami patah tulang akibat jatuh. Meskipun kegiatan bersepeda ini tidak secara khusus membantu mengatasi osteoporosis, kegiatan ini bisa kamu lakukan sebagai bentuk latihan yang ideal bagi penderita osteoporosis. Hal ini karena kegiatan bersepeda merupakan kegiatan latihan ringan yang hanya akan memberikan tekanan sedikit kepada sendi.

banner consideration promotion bg blue

Terdapat sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa pasien lansia yang mulai bersepeda, nyeri lutut dan osteoartritisnya semakin membaik. Dalam hal ini, tidak ada salahnya jika kamu rutin bersepeda agar kesehatan tulang terjaga.

4. Menyehatkan Paru-Paru

Bersepeda juga sangat berguna untuk kesehatan paru-paru. Sebuah penelitian yang dirilis baru-baru ini mengungkapkan bahwa orang yang bersepeda benar-benar terhindar atau lebih sedikit terkena asap berbahaya daripada mereka yang melakukan perjalanan menggunakan kendaraan bermesin seperti mobil dan sepeda motor, sehingga menyehatkan paru-paru.
Untuk kamu yang ingin menghindari polusi, bisa memilih bersepeda di tempat yang tenang dari kendaraan bermotor dan berasap yang bisa mengganggu kesehatan paru-paru. Bersepeda di dekat sawah, bisa menjadi solusimu untuk mendapatkan udara yang sejuk.

5. Meningkatkan Kekuatan Otak

Manfaat bersepeda yang ini, sangat sayang sekali jika dilewatkan. Pasalnya, kegiatan ringan seperti bersepeda bisa meningkatkan kekuatan otak seseorang. Tidak hanya itu, bersepeda juga bisa mengurangi perubahan kognitif yang dapat membuat kita rentan terhadap demensia di kemudian hari.
Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2013 menyatakan bahwa selama seseorang bersepeda, aliran darah di otak akan meningkat 28% hingga 70% di area tertentu. Sehingga dalam hal ini, para peneliti menyimpulkan bahwa kita harus bersepeda selama 45-60 menit, empat kali seminggu.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah berbagai manfaat bersepeda yang harus kamu ketahui. Dengan manfaat tersebut, tidak heran jika olahraga ini sangat dianjurkan untuk dilakukan. Yuk, mulai bersepeda agar tubuh kamu selalu sehat dan bugar!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami