Selamat Hari Gizi Nasional, Ini 4 Cara Sederhana Penuhi Gizi Si Kecil!

25 Jan 2020 @ 20:12:17
Asupan gizi, apalagi bagi si kecil yang masih ada dalam usia pertumbuhan adalah sesuatu yang penting. Menjamin asupan gizi bagi orang-orang muda berarti juga turut serta membangun generasi masa depan yang berkualitas. Bahkan dalam anggaran negara 2020, Jokowi mengeluarkan anggaran besar Rp 132,2 triliun yang dikhususkan untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas tinggi. Secara praktis, anggaran ini dapat digunakan untuk meningkatkan asupan gizi anak, mencegah penyakit, sehingga mencegah terjadinya stunting pada anak-anak.

Nah, pada 25 Januari yang bertepatan dengan peringatan Hari Gizi Nasional ini Moni mau ngasih 4 tips sederhana menurut Gerald Wiseman M.D., Ph.D. dalam buku Nutrition and Health (2002) untuk memastikan asupan gizi para balita (young children) terpenuhi sehingga tumbuh kembangnya berjalan optimal.

1. Pastikan Makanan Si Kecil Penuh Nutrisi

Si kecil seringkali menolak saat diberi banyak jenis makanan? Ya, kadang memang tidak mudah menawarkan si kecil ragam makanan yang bergizi, yang juga mengandung energi untuk mencukupi aktivitas harian mereka. Kalau sudah begini, coba siasati jenis makanan si kecil dengan menyajikannya dalam bentuk kreasi seperti bento atau kreasi lain yang menarik. Yang penting, pastikan dalam setiap makanan yang Lemomoms sajikan terpenuhi nutrisinya, mengandung vitamin dan zat besi, jumlah serat yang cukup dan tidak memiliki kandungan kadar gula tinggi.

2. Selingi Waktu Makan Si Kecil dengan Camilan 

Si kecil membutuhkan banyak energi di masa pertumbuhan, apalagi di fase ini mereka tengah sangat aktif bergerak. Umumnya balita membutuhkan banyak energi yang disediakan oleh karbohidrat dan gizi seimbang lainnya dengan memenuhi kebutuhan protein, lemak, juga serat. Disarankan agar si kecil makan 3-4 kali sehari dan diselingi dengan camilan. Nah, terkait jumlah camilan yang dibutuhkan, ini sangat bergantung pada aktivitas yang dilakukan oleh si kecil. Sedangkan untuk jenisnya, diusahakan untuk memberikan camilan yang beragam seperti telur rebus, buah, dan jus tanpa pemanis. Ingat, jangan berikan si kecil camilan yang mengandung pengawet, perasa sintetis dan bahan-bahan berbahaya lainnya ya!

3. Jangan Biarkan Si Kecil Minum Soda ya, Moms!

Well, minum soda jelas bukanlah sesuatu yang direkomendasikan untuk anak balita. Minuman tersebut nyaris tanpa kandungan nutrisi dan berkadar gula tinggi. Selain itu, kadar asam dan gula pada minuman bersoda juga dapat merusak gigi anak-anak dan mengurangi nafsu makan mereka. Untuk itu, penting untuk memastikan sagar si kecil tidak dulu dikenalkan dengan minuman bersoda. Usahakan Lemomoms dan Lemodad juga tidak minum soda di depan si kecil ya, karena  jadinya akan lebih sulit untuk melarang mereka mengingat anak-anak seringkali meniru apa yang dikonsumsi orang dewasa. 

4. Beri Si Kecil Makanan Alami, Hindari Pengawet dan Bahan-Bahan Berbahaya

Sebenarnya ada banyak alternatif pengawet dan perasa alami yang Lemomoms bisa gunakan untuk membuat makanan si kecil tetap segar, enak, dan tahan lebih lama. Misal, daripada menggunakan pengawet buatan lebih baik gunakan bawang putih untuk membuat makanan lebih tahan lama. Ini karena bawang putih mengurangi jumlah bakteri aerob dan kaliform sehingga bahan makanan yang ditambahkan bawang putih lebih awet.

Terkait makanan olahan dan kemasan, tidak dapat dimungkiri bahwa makanan-makanan ini umumnya mengandung banyak jenis bahan pengawet dan perasa buatan yang jika dikonsumsi berlebihan akan membawa dampak buruk bagi tubuh si kecil. Untuk itu, penting bagi Lemomoms memastikan setiap kandungan bahan makanan yang akan diberikan kepada si kecil alami dan bebas dari bahan-bahan berbahaya, terlebih jika itu makanan kemasan!

Yak, tentu masih banyak kunci pemberian asupan gizi untuk balita, tapi tidak ada salahnya untuk memulai dari 4 yang paling sederhana tersebut dulu kan? Selamat Hari Gizi Nasional, Lemomoms dan Lemodad semua! 

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020