Serba-serbi Memilih Minuman Sehat

Memilih Aneka Minuman Segar dan Sehat

Tidak hanya makanan yang berpengaruh terhadap kesehatan maupun berat badan Anda. Minuman ternyata juga berpengaruh besar terhadap naik turunnya berat badan Anda. Biar begitu, kebanyakan orang percaya bahwa banyak minum tidaklah menggemukkan karena mereka menganggap bahwa minuman tidak memiliki efek mengenyangkan. 

banner consideration shipping bg blue


Padahal, hal tersebut bergantung pada jenis minuman yang dikonsumsi. Jika minuman tersebut merupakan minuman sehat maka bukan hanya berat badan Anda yang terjaga tetapi penurunan berat badan juga mungkin terjadi. Berikut ini adalah beberapa contoh minuman sehat atau minuman diet yang dapat mendukung kesehatan tubuh Anda:

  • Air putih. Air putih merupakan minuman ideal untuk kesehatan dan program diet. Minuman sehat ini mengandung 0 kalori dan dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas sehari-hari. Untuk menjaga kesehatan, dianjurkan untuk mengonsumsi 6-8 gelas air putih setiap hari.
  • Susu. Susu rendah lemak, susu kedelai, atau susu almond merupakan beberapa alternatif minuman diet lainnya. Kandungan proteinnya dapat membantu tubuh membentuk otot. Selain itu, susu kaya akan kalsium yang sangat baik bagi tulang dan gigi. Hindari penambahan gula agar tidak menambah timbunan kalori dalam tubuh Anda.
  • Sari Buah. Jika Anda tidak suka mengonsumsi buah dalam keadaan utuh atau dipotong-potong, Anda dapat mengolahnya menjadi sari buah terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan juicer untuk memperoleh sari buahnya saja atau menggunakan blender untuk tetap dapat meminum sari buah tanpa kehilangan kandungan seratnya.
  • Infused Water. Minuman sehat yang satu ini juga merupakan minuman yang mengandung sari buah. Hanya saja memang kandungan sari buahnya tidak sebanyak jika buah diolah dengan menggunakan juicer atau blender. Minuman sehat yang cocok untuk diet ini merupakan solusi bagi Anda yang kurang suka minum air putih tawar atau enggan meminum sari buah dengan aroma buah yang kuat.
  • Kopi. Kopi mengandung manfaat yang cukup baik bagi kesehatan jantung. Namun, Anda perlu memerhatikan beberapa hal yang patut dihindari saat meminum kopi. Hindari meminum kopi sebelum tidur karena dapat mengganggu kenyenyakan tidur Anda. 

Selain itu hindari juga menambahkan krim atau gula pada kopi agar minuman sehat ini tidak malah menambah jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda.

banner consideration promotion bg blue

Kreasi Aneka Minuman Segar Untuk Diet

Untuk mengatasi kebosanan terhadap konsumsi minuman diet, Anda dapat membuat kreasi aneka minuman sehat, salah satunya dengan membuat aneka minuman segar yang dikombinasikan dengan bahan-bahan yang menyehatkan. 

Aneka minuman segar yang dapat Anda kombinasikan menjadi minuman sehat antara lain adalah smoothies yang terbuat dari buah-buahan bercampur yoghurt rendah lemak, kopi dengan susu almond, atau sari buah yang bercampur susu rendah lemak.
 
Jika Anda menyukai minuman berupa sari buah atau smoothies untuk konsumsi sehari-hari, sebaiknya minuman segera dikonsumsi setelah dibuat agar sari buah di dalamnya tidak teroksidasi sehingga berkurang kandungan nutrisinya. 

Akan tetapi, minuman sehat berupa infused water sebaiknya disimpan terlebih dahulu di dalam lemari es setidaknya selama 24 jam sebelum diminum agar sari-sari buahnya cukup terekstraksi ke dalam air. Untuk susu kedelai atau almond, Anda bisa meminumnya langsung atau menyimpannya terlebih dahulu di dalam lemari es sebelum dinikmati.
 
Jika Anda sudah konsisten mengonsumsi makanan sehat setiap hari, pastikan juga bahwa minuman yang Anda konsumsi merupakan aneka minuman sehat yang rendah kalori namun kaya manfaat. Selain itu, imbangi juga pola makan sehat Anda tersebut dengan olahraga yang cukup. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Mengonsumsi aneka minuman sehat setiap hari bukan berarti Anda terbebas dari kenaikan berat badan karena banyak faktor yang memengaruhi kenaikan berat badan seperti pilihan makanan serta frekuensi olahraga yang Anda lakukan. Akan tetapi, memerhatikan kualitas minuman yang Anda konsumsi sehari-hari setidaknya dapat membantu Anda mengontrol berat badan.
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami