Download Aplikasi Lemonilo
Butuh Bantuan?
Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Sering Diabaikan, Ini 5 Bahaya Kesehatan Karena Makan Tidak Teratur

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
02 Oct 2020
Clock Icon
3 menit
Sering Diabaikan, Ini 5 Bahaya Kesehatan Karena Makan Tidak Teratur
Bagi kamu yang setiap hari berkutat dengan banyak kesibukan, mungkin melewatkan jam makan menjadi hal yang biasa. Terkadang kamu lebih memilih untuk menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk, dibandingkan mematuhi jam makan.

Padahal, kebiasaan ini ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan. Tubuh manusia memiliki jam tubuh internal atau dikenal dengan ritme sikardian, yang merupakan proses biologis berulang setiap sekitar 24 jam. Ritme Sikardian mengatur antara lain pola tidur, pola makan, suhu tubuh, dan aktivitas biologis lainnya.

Itulah mengapa, makan tidak teratur bisa merusak ritme sikardian ini dan berdampak buruk bagi kesehatan. Dan inilah bahaya yang bisa mengintaimu jika mempertahankan kebiasaan makan tidak teratur.

1. Pencernaan Terganggu

Dampak yang paling terlihat saat kamu tidak makan dengan teratur adalah proses pencernaan dalam tubuh yang terganggu. Tubuh memiliki sistem yang dinamakan efek termal. Efek termal sendiri adalah energi yang digunakan tubuh untuk mencerna dan menyerap makanan. Sementara untuk bisa mencerna makanan dan menghasilkan energi, tubuh butuh asupan kalori dari makanan.

Itulah mengapa, ketika kamu makan dengan tidak teratur, sistem pencernaan juga akan ikut terganggu. Kondisi ini pun menyebabkan metabolisme tubuh akan melambat. Akibatnya tubuh akan terasa lemas dan tak bertenaga.

2. Menyebabkan Iritasi pada Usus

Masalah pencernaan yang diakibatkan oleh kebiasaan makan yang tidak teratur, bisa berakibat pada iritasi pada usus. Sementara iritasi pada usus bisa menyebabkan penyakit-penyakit seperti gejala kronis penyakit lambung. Pada kondisi ini, tubuh bisa merasakan kram dan nyeri perut, sembelit, atau diare.

3. Kadar Gula dalam Darah Bisa Meningkat

Kebiasaan makan tidak teratur ini juga bisa menyebabkan resistensi insulin pada tubuh. Resistensi insulin adalah kondisi yang menandakan bahwa tubuh tidak lagi dapat merespons kerja insulin sebagaimana mestinya alias kebal terhadap insulin.

Sementara itu hormon insulin diperlukan tubuh untuk membantu glukosa masuk ke sel-sel tubuh agar bisa dipecah menjadi energi. Jika tubuh menjadi kebal terhadap insulin, maka glukosa tak bisa masuk ke sel tubuh dan akan tetap berada dalam darah. Hal inilah yang mengakibatkan kadar gula dalam darah akan meningkat dan membuatmu memiliki risiko terkena penyakit diabetes.

4. Muncul Masalah pada Lambung

Permasalahan pada lambung tentu akan muncul jika kamu tidak bisa menjaga pola makan dengan baik. Masalah pencernaan yang kamu alami akibat tidak makan dengan teratur juga bisa ditandai dengan peradangan lambung.

Jika kamu makan setelah membiarkan perut kosong terlalu lama, akan menimbulkan sensasi kembung dan kelebihan gas dalam perut. Hal ini pun membuat kamu akan merasakan nyeri.

5. Lebih Jauh Lagi, Makan Tak Teratur Bisa Menyebabkan Stres dan Mudah Lelah

Siapa sangka, kebiasaan makan tidak teratur juga bisa membuat kamu merasakan stres. Ini adalah reaksi alami yang ditunjukkan tubuh saat kamu telat makan.

Tak hanya stres, telat makan juga bisa mengakibatkan tubuh mudah lelah, pusing, dan tak bertenaga.

Masih mau menunda-nunda waktu makan? Kalau dilihat dari dampak buruk yang akan didapat setelah menunda makanan, jauh lebih baik jika saat ini menerapkan pola makan secara teratur ya. Toh pekerjaan tak akan ada habisnya, menjaga kesehatan tubuh jauh lebih penting.
Komentar
Belum ada komentar.
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.