Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Sering Dianggap Jadi Penyebab Kegemukan, Inilah 5 Mitos tentang Karbohidrat yang Wajib Dik

Lulu
Lulu
07 Jan 2021
Clock Icon
3 menit
penyebab kegemukan

Karbohidrat berasal dari tumbuhan dan banyak makanan nabati yang kaya akan vitamin, mineral fitokimia, dan serat yang penting untuk kesehatan tubuh.

Terlepas dari manfaat karbohidrat untuk kesehatan, masih banyak orang yang fobia terhada karbohidrat, terutama mereka yang tengah menjalankan program penurunan berat badan.

banner consideration shipping bg blue

Ini sangat disayangkan karena beberapa sumber karbohidrat, seperti biji-bijian atau buah-buahan, menawarkan nutrisi yang baik.

Dilansir dari Today’s Dietitian, berikut adalah 5 mitos karbohidrat menurut Carrie Dennett:

1. Hanya roti dan biji-bijian yang mengandung karbohidrat


Mandy Unanski Enright, pemilik Nutrition Nuptials di Red Bank, New Jersey, mengatakan bahwa ketika ia bertanya kepada kliennya mengenai jenis makanan yang mengandung karbohidrat, mereka selalu menyebut roti, pasta, dan nasi.

“Ini membutuhkan pengetahuan bahwa sebagian besar makanan nabati mengandung karbohidrat sampai batas tertentu. Semuanya penting untuk pola makan yang sehat,” ujar Enright.

2. Karbohidrat membuat gemuk


Beberapa penelitian telah menemukan bahwa asupan biji-bijian dikaitkan dengan penurunanrisiko kenaikan berat badan, asalkan kebutuhan kalori tidak terlampaui.

“Saya memiliki banyak klien yang mengatakan kepada saya bahwa mereka tidak makan karbohidrat karena menggemukkan,” kata Lindsey Pine, pemilik TastyBalanceNutrition.com yang berbasis di Lo Angeles.

Pine mengatakan, sebagian besar klien yang ia temui tidak paham mengenai karbohidrat sehingga tidak mengenali jenis-jenis makanan yang menjadi sumber karbohidrat.

3. Diet rendah karbohidrat lebih sehat


Diet rendah karbohidrat telah terbukti meningkatkan beberapa penanda metabolik, termasuk lipid darah dan sensitivitas insulin.

Tetapi, meta-analisis di tahun 2013 menunjukkan bahwa karbohidrat tidak mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan kematian secara keseluruhan.

Faktanya, pembatasan karbohidrat justru dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian sebesar 30 persen dan sedikit peningkatan penyakit kardiovaskular.

banner consideration promotion bg blue

David Ludwig, seorang profesor di departemen nutrisi di Harvard TH Chan School of Public Health, setuju dengan bukti yang menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat dapat menghasilkan perubahan metabolisme yang menguntungkan dalam jangka pendek.

Namun, menurut Ludwig, untuk berpegang pada diet rendah karbohidrat sepertinya tidak diperlukan.

4. Karbohidrat menyebabkan peradangan


Beberapa ahli diet mengatakan alasan utama klien menghindari karbohidrat adalah karena mereka percaya bahwa karbohidrat buruk untuk tubuh.

Biasanya, ini mengacu pada peradangan. Peradagan kronis menjadi perhatian karena dapat menjadi perantara penting antara obesitas dengan kanker, penyakit kardiovaskular, dan penyakit kronis lain.

Sementara itu, biji-bijian sebagai salah satu sumber karbohidrat telah terbukti mengurangi risiko diabetes tipe 2 dengan mengurangi peradangan.

5. Bebas gula sama dengan bebas karbohidrat


Ludwig mengatakan, salah satu kesalahpahaman terbesar mengenai karbohidrat adalah anggapan bahwa semua gula itu buruk dan mengira bahwa bebas gula berarti bebas karbohidrat.

Beberapa orang memilih untuk menghindari buah dan yogurt, namun mengonsumsi kue beras atau pretzel dalam jumlah banyak.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Padahal, roti putih mampu meningkatkan insulin dan glukosa lebih dari gula. Kesalahapahaman ini kembali mengarahkan pada simpulan bahwa banyak orang yang masih belum paham dengan seluk-beluk karbohidrat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.