Sering Dipakai, Memangnya Garam Himalaya Sehat?

31 Jan 2019 @ 19:18:04
Bahan apa sih yang paling sering kamu gunakan ketika memasak? Tentunya, garam ya? Bukan hanya garam meja saja, kamu juga mungkin sering mengetahui atau mengenal jenis garam lain yaitu garam himalaya. Berwarna merah muda atau pink, garam himalaya mengandung mineral murni sebanyak 92%. Bermanfaat banget kan untuk tubuh kamu?

Garam himalaya adalah garam yang berasal dari Khewra Salt Mine, tambang garam terbesar kedua di dunia yang terletak di Pakistan, tepatnya 1,5 km di bawah Pegunungan Himalaya. Beberapa pihak menyebut garam himalaya sebagai bentuk garam yang paling murni, karena tidak melewati proses pembuatan yang berlebihan dan tidak mengandung zat kimia tambahan. 

Hal ini berbeda dengan garam meja biasa yang mengandung bahan kimia tertentu untuk mencegah penggumpalan. Perbedaan inilah yang menyebabkan kandungan mineral dalam garam himalaya lebih terjaga. Beberapa sumber bahkan menyatakan bahwa garam himalaya mengandung 84 jenis mineral yang berbeda.
 
Hal lain yang unik dari garam himalaya adalah warnanya. Garam himalaya asli memang berwarna merah muda secara alami tanpa bahan pewarna yang didapat dari kandungan zat besi di dalamnya. Selain itu, garam himalaya juga mengandung mineral lain seperti potasium, magnesium, kalsium, kalium, yodium, seng, dan selenium. Lalu, apa sih manfaat garam himalaya sebenarnya? Supaya tidak bingung, segera deh lihat beberapa manfaat garam himalaya berikut ini!

1. Menyeimbangkan pH tubuh

Garam himalaya mengandung natrium yang membantu menyeimbangkan pH tubuh dengan cara menetralkan asam dalam tubuh. Bila pH tubuh seimbang, maka kekebalan tubuh akan terjaga dan masalah batu ginjal serta hilangnya kepadatan tulang jadi bisa dicegah.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Konsumsi air garam himalaya secara rutin dapat membantu menetralkan asam lambung yang berlebihan, menjaga metabolisme tubuh, serta mendorong produksi cairan pencernaan di hati dan pankreas.

3. Mengontrol tekanan darah

Garam himalaya mengandung natrium yang lebih rendah dibandingkan garam meja biasa, yakni sebesar  420 mg. Itulah sebabnya tekanan darah akan lebih terkontrol dengan konsumsi garam himalaya.

4. Mencegah dehidrasi dan kram otot

Tubuh manusia mengandung garam elektrolit yang berfungsi menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Dengan kandungan elektrolitnya, garam himalaya memberi manfaat tersebut. Selain itu, bila dikonsumsi dengan jumlah yang tepat, garam himalaya juga membantu mencegah masalah kram otot.

5. Membantu tubuh melawan infeksi

Garam himalaya mengandung antimikroba yang membantu tubuh melawan infeksi dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat ini tidak hanya didapat dari konsumsi garam melalui makanan saja. Kamu juga bisa mandi dengan garam himalaya atau mengoleskannya ke kulit untuk mencegah masalah bakteri dan jamur pada kulit. Garam himalaya juga dikenal cukup ampuh untuk meredakan gejala eksim.
 
Selain manfaat-manfaat di atas, garam himalaya juga memiliki manfaat kesehatan lain, seperti menjaga pembuluh darah sehat, menjaga tulang tetap kuat, dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi dari makanan. 

Dengan sekian banyak manfaat kesehatan ini, tak heran kalau popularitas garam himalaya terus meningkat. Untungnya, meningkatnya popularitas garam himalaya diimbangi dengan produknya yang juga semakin mudah didapat.

Artikel Terkait

Penting: RUM Bukan Layanan Kesehatan ‘Antiobat’
Masih banyak orang tua yang salah kaprah memahami RUM sebagai tindakan antiobat. Padahal bukan begitu seharusnya...
Shella Rafiqah Ully
14 Oktober 2019
Lemonilo Chilita 60 Derajat Hadir dengan Rasa Lebih Pedas!
Ada yang baru dari Lemonilo Chilita. Kini hadir dengan rasa yang puedees banget tapi tetap alami tanpa tambahan MSG...
Shella Rafiqah Ully
04 Oktober 2019
Doyan Makan Pedas Bagus untuk Kesehatan?
Lidah orang Indonesia umumnya sangat menyukai rasa pedas terutama dari cabai. Semakin pedas, semakin nggak bisa lepas...
Shella Rafiqah Ully
04 Oktober 2019