Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Sering Jadi Pemanis Buatan, Ini Bahaya Sirup Jagung Tinggi Fruktosa

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
20 May 2021
Clock Icon
7 menit
Sirup jagung fruktosa tinggi

Lemonizen, tahukah kamu, beberapa minuman atau makanan manis dalam kemasan mengandung pemanis buatan yang bernama sirup jagung tinggi fruktosa alias high fructose corn syrup (HFCS)?

Meski dapat membuat rasa minuman atau makanan menjadi lebih nikmat, jenis pemanis yang satu ini ternyata berbahaya bagi kesehatan tubuh bila dikonsumsi secara berlebihan. Belum lagi, banyak risiko penyakit serius yang telah diteliti berkaitan dengan konsumsi pemanis yang satu ini.

banner consideration shipping bg blue

Untuk mengetahui fakta-fakta lebih lanjut seputar sirup jagung tinggi fruktosa, simak penjelasan di bawah ini!

Apa itu HFCS?

High fructose corn syrup (HFCS) atau sirup jagung tinggi fruktosa terbuat dari pati jagung yang diolah menjadi sirup jagung yang terdiri dari 100% glukosa dan ditambahkan enzim untuk mengubah glukosa menjadi fruktosa. HFCS memiliki kadar fruktosa yang lebih tinggi dibandingkan dengan sirup jagung alami.

Walaupun komposisi HFCS mirip dengan gula biasa (sukrosa), terdapat perbedaan ikatan antara glukosa dan fruktosa. Pada gula biasa, terdapat ikatan antara glukosa dan fruktosa, sementara pada HFCS tidak ada ikatan, sehingga mengandung glukosa dan fruktosa bebas.

Bila dibandingkan dengan gula biasa, sirup jagung tinggi fruktosa ini sifatnya lebih manis dan lebih cepat diserap ke dalam tubuh, serta memiliki harga yang lebih murah.

Di mana sirup jagung tinggi fruktosa biasa digunakan?


Pemanis ini umumnya digunakan pada minuman kemasan dan minuman berkarbonasi (soda). Namun tidak hanya pada minuman, HFCS juga dapat digunakan dalam berbagai produk makanan olahan, sereal, kue kering, biskuit, permen karet, makanan yang dipanggang, buah-buahan kaleng, jeli, hingga produk susu.

Apakah ada bahaya dari konsumsi HFCS?

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, konsumsi pemanis sirup jagung fruktosa ini ditemukan memiliki kaitan erat dengan obesitas.

Menurut data penelitian tahun 2015, konsumsi pemanis sirup jagung ini dikaitkan dengan obesitas karena dapat meningkatkan nafsu makan lebih dari gula biasa. Hal ini menyebabkan peningkatan berat badan akan terjadi lebih mudah dan sulit dikontrol. 

Selain itu, konsumsi HFCS yang mengandung fruktosa bebas dapat menyebabkan penurunan pembentukan sel saraf dan fungsi otak, yaitu dalam kemampuan belajar dan daya ingat.

banner consideration promotion bg blue

Konsumsi fruktosa bebas dalam jumlah berlebihan juga diketahui berkontribusi pada peningkatan risiko penyakit hati—fatty liver disease. Jika kondisi ini dibiarkan, dapat menyebabkan peradangan dan sirosis hati yang kemudian mengarah ke kondisi gagal hati. Kebanyakan orang dengan kondisi gagal hati ini perlu menjalani transplantasi hati.

Tidak hanya itu, pemecahan fruktosa bebas di hati dapat meningkatkan kadar trigliserida, LDL kolesterol, lemak viseral, tekanan darah, radikal bebas dan resistensi insulin. Hal-hal ini adalah faktor risiko berbagai penyakit seperti jantung dan diabetes..

Aturan aman konsumsi gula


Perlu kamu ketahui, batas konsumsi gula yang dianjurkan oleh Kemenkes RI adalah 4 sendok makan atau 50 gram per hari. 

Batas maksimal ini meliputi seluruh jenis gula tambahan, seperti gula pasir, gula aren, HFCS, dll baik yang terdapat dalam produk kemasan, atau yang kamu tambahkan sendiri.

Secara umum, berdasarkan panduan gizi seimbang, asupan gula tambahan apapun perlu dibatasi. Termasuk gula biasa dan HFCS. Hindari produk yang mengandung sirup jagung tinggi fruktosa. 

Untuk itu, penting memperhatikan kandungan bahan baku dan informasi nilai gizi terutama kandungan gulanya. Jangan lupa dikalikan dengan jumlah saji dari produk makanan tersebut. 

Sebagai contoh, jika pada satu botol minuman tertulis mengandung 28 gram gula, dan tertulis juga minuman itu terdiri dari 2 saji/serving. Hal ini berarti dalam satu botol minuman tersebut mengandung 56 gram gula. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah itu tadi fakta seputar bahan pemanis HFCS. Demi tubuh yang sehat dan kuat, sebisa mungkin hindarilah mengonsumsi produk dengan bahan berpotensi bahaya. Untuk itu, kamu perlu produk yang pasti aman dan terkurasi seperti produk-produk Lemonilo yang bebas dari 100+ bahan berbahaya.

Artikel kesehatan ini telah di-review oleh Ahli Gizi Winny Dhestina, S.Gz, RD
Referensi:
-FDA. (2018). High Fructose Corn Syrup. Available at: https://www.fda.gov/food/food-additives-petitions/high-fructose-corn-syrup-questions-an-d-answers
-Harvard Health. (2020). Heart Health: Abundance of fructose not good for the liver, heart. Available at: https://www.health.harvard.edu/heart-health/abundance-of-fructose-not-good-for-the-liver-heart
-Lowette, K. et al. (2015). Effects of high-fructose diets on central appetite signaling and cognitive function. Frontiers in nutrition, 2, 5. https://doi.org/10.3389/fnut.2015.00005
-Moeller, S. M., Fryhofer, S. A., Osbahr, A. J., 3rd, Robinowitz, C. B., & Council on Science and Public Health, American Medical Association (2009). The effects of high fructose syrup. Journal of the American College of Nutrition, 28(6), 619–626. https://doi.org/10.1080/07315724.2009.10719794
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.