Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

Sering Lakukan 6 Kebiasaan Ini? Hati-hati Bisa Jadi Penyebab Penuaan Dini Pada Kulit!

Mondials Anindhita
Mondials Anindhita
27 Sep 2021
Clock Icon
6 menit
Penyebab Penuaan Dini

Seiring bertambahnya usia, kondisi kulit lambat laun memang akan mengalami perubahan. Namun, hal yang banyak dikhawatirkan adalah tanda-tanda penuaan kulit datang lebih awal atau yang lebih dikenal sebagai penuaan dini.


Tanda penuaan dini pada kulit yang harus Lemonizen waspadai antara lain, keriput garis-garis halus, bintik hitam, pori-pori wajah membesar, kerutan di sudut luar mata, kulit terlihat kusam dan terasa kering, dan pipi tampak turun atau mengendur. Penyebab penuaan dini tak melulu soal bertambahnya usia lho, tapi juga kebiasaan yang mungkin selama ini sering kamu lakukan. Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak di bawah ini!


1. Minum air dari sedotan



Kebiasaan minum air dari sedotan memang terlihat biasa saja dan terkesan tidak berbahaya. Namun siapa sangka jika kebiasaan ini memang dampak jangka panjang yang kurang baik bagi kesehatan kulit wajah.


Dilansir dari PinkVilla, kebiasaan minum dari sedotan ternyata tidak disadari bisa membuat kulit sering tertarik dan menjorok ke dalam, hal inilah yang biasanya menyebabkan kerutan di sekitar mulut. Tak hanya itu, garis vertikal di sekitar mulut pun bisa terbentuk.


(Baca juga: 10 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Mengelupas Secara Alami)



2. Sering terpapar sinar matahari tanpa menggunakan pelindung

Mungkin sudah banyak Lemonizen yang paham bahwa kebiasaan satu ini sangat tidak baik bagi kesehatan kulit. Dilansir dari Healthline, paparan sinar matahari menembus kulit dengan sinar UV. Sinar ini merusak DNA di sel kulit, hingga bisa menyebabkan kerutan dan kulit yang terlihat lebih kusam.


Perlu diketahui bahwa terpapar sinar matahari tanpa menggunakan pelindung juga bisa meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Oleh karena itu, sebelum beraktivitas di bawah paparan sinar matahari, pastikan Lemonizen sudah menggunakan krim tabir surya dengan kadar SPF. Gunakan minimal 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan, terutama pada pukul 11.00-15.00 WIB.


3. Merokok



Tak hanya memiliki risiko pada organ dalam, kebiasaan merokok juga bisa menjadi salah satu penyebab penuaan dini pada kulit. Dikutip dari University of Missouri Health Care, merokok bisa merusak elastisitas dan kekuatan kulit. Tak berhenti di situ, merokok juga dapat mengecilkan ukuran pembuluh darah dan membatasi oksigen yang diterima kulit, yang menyebabkan kulit keriput dan kendur.


4. Konsumsi alkohol yang berlebihan

Sama halnya dengan merokok, mengonsumsi alkohol juga memberikan efek yang sama buruknya. Dilansir dari Healthline, minum alkohol secara berlebihan membuat tubuh menjadi dehidrasi. Seiring waktu, dehidrasi dapat menyebabkan kulit menjadi keriput dan kehilangan elastisitasnya.


Sementara dikutip dari Alodokter, mengonsumsi alkohol dikhawatirkan bisa mengurangi kadar vitamin A, vitamin B3, dan vitamin C dalam tubuh. Padahal ketiga macam vitamin tersebut berperan penting dalam proses regenerasi sel-sel kulit.


(Baca juga: 6 Penyebab Wajah Berkomedo yang Harus Kamu Hindari)


5. Terlalu banyak di depan layar gadget


Dikutip dari PinkVilla, cahaya biru dari layar gadget ternyata bisa membuat kulit menua lebih cepat dari waktu ke waktu. Itulah mengapa, kita seringkali disarankan untuk tetap memakai krim tabir surya meski berada di dalam rumah.


Tak hanya itu, kebiasaan melihat gadget dengan berbaring juga bisa menyumbang risiko penuaan dini. Melihat ponsel sambil berbaring dapat menyebabkan kerutan di sekitar mata dan leher. Sehingga sangat disarankan saat melihat gadget, usahakan mata tetap sejajar dengan layar.


6. Kebiasaan tidur yang tidak baik

Kualitas tidur yang baik sangat berpengaruh pada kondisi badan. Tidur memberi kesempatan pada tubuh untuk menyegarkan dan meregenerasi sel. Sebuah penelitian oleh National Library of Medicine yang pernah dilakukan kepada 60 perempuan ras kaukasian dengan kondisi sehat namun dikategorikan kurang tidur, menyatakan hasil bahwa orang yang tidur dengan baik memiliki skor penuaan kulit yang lebih rendah secara signifikan.


Selain itu, 24 jam setelah terpapar sinar ultraviolet, orang yang tidur nyenyak memiliki pemulihan yang jauh lebih baik. Mereka juga merasa dirinya lebih menarik daripada orang yang memiliki kualitas tidur yang buruk.


Nah itu dia sejumlah kebiasaan yang dirasa sepele namun bisa memberikan dampak jangka panjang yang cukup buruk bagi kesehatan kulit. Kalau Lemonizen memiliki salah satu dari kebiasaan penyebab penuaan dini di atas, yuk mulai kurangi dari sekarang. Demi kulit yang semakin sehat dan glowing!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.