Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Sering Malas Makan? Cari Tau 7 Penyebab Tidak Merasa Lapar Berikut Ini

Rizki Indra
Rizki Indra
06 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak penyebab tidak merasa lapar yang wajib diketahui.

Penyebab tidak merasa lapar umumnya terjadi karena penurunan nafsu makan dan kurangnya rasa ingin memakan sesuatu. Dalam dunia medis kurangnya nafsu makan dalam jangka waktu yang lama disebut dengan istilah anoreksia. Ketika seseorang mengalami anoreksia cenderung menyebabkan penurunan berat badan yang drastis.


Penurunan nafsu makan terjadi karena beberapa faktor, mulai karena kondisi mental dari seseorang tersebut hingga disebabkan karena penyakit fisik yang diderita. Ketika seseorang mengalami penurunan nafsu makan biasanya juga disertai gejala kekurangan gizi dan berkurangnya berat badan secara drastis. Pada kebanyakan kasus yang terjadi nafsu makan akan kembali normal ketika kondisi yang mendasarinya telah diobati. Berikut akan membahas tentang apa saja penyebab tidak merasa lapar selengkapnya yang bisa disimak!

1. Bakteri dan Virus


Menurunnya nafsu makan pada seseorang dapat disebabkan karena terinfeksi virus, bakteri, dan jamur. Di antaranya disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan atas, radang paru-paru, gastroenteritis, infeksi kulit, meningitis, atau radang usus besar. Ketika seseorang sudah menjalani pengobatan yang tepat biasanya nafsu makan akan berangsur-angsur kembali normal.

2. Kondisi Psikologis


Selain penyakit fisik berkurangnya nafsu makan seseorang dapat terjadi karena kondisi psikologis seseorang yang sedang tidak stabil. Nafsu makan akan berkurang ketika seseorang merasa depresi, sedih, cemas, kecewa dan lain-lain.

3. Gagal Ginjal


Menurunnya nafsu makan juga biasanya terjadi pada penderita penyakit gagal ginjal. Penderita gagal ginjal akut maupun kronis dapat mengalami gangguan penyaringan zat beracun di dalam tubuh, gangguan elektrolit, produksi sel darah merah berkurang, dan tekanan darah tinggi.


Gangguan tersebut membuat penderita gagal ginjal kehilangan nafsu makan atau merasa makanan yang dikonsumsi memiliki rasa yang berbeda. Tidak hanya itu menurunnya nafsu makan juga terjadi karena rasa mual yang muncul karena penumpukan racun di dalam darah. Kondisi tersebut disebut dengan uremia karena fungsi ginjal tidak bekerja dengan baik.

4. Gangguan Tiroid


Penderita gangguan tiroid seperti hipotiroidisme juga dapat mengalami penurunan nafsu makan. Hal tersebut dapat terjadi karena diduga gangguan fungsi tiroid yang dapat mempengaruhi rasa makanan serta mengganggu kinerja otak yang mengatur nafsu makan.

5. AIDS


Penderita AIDS juga mengalami gangguan nafsu makan karena rentan mengalami infeksi pada saluran pencernaannya. Kondisi tersebut biasanya ditandai dengan rasa mual hingga muntah disertai diare. Selain itu penderita AIDS juga kerap kali mengalami infeksi jamur atau sariawan di area mulut sehingga membuat selera makan menurun.


Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa penurunan nafsu makan pada penderita AIDS berkaitan dengan kondisi kelainan hormon, peradangan kronis di dalam tubuh karena disebabkan infeksi, gangguan fungsi otak, dan efek samping pengobatan HIV.

6. Kanker


Sebagian besar penderita kanker juga mengalami penurunan nafsu makan karena disebabkan dari efek samping pengobatan penyakit yang bisa mempengaruhi kemampuan indera pengecap pada mulut. Tidak hanya itu penderita kanker juga kerap kali mengalami gangguan pencernaan. Di antaranya seperti rasa mual, muntah, perut kembung, hingga diare. Hal tersebut yang menyebabkan menurunnya nafsu makan pada penderita kanker.

7. Gagal Jantung


Gagal jantung merupakan penyakit yang membuat kinerja jantung tidak mampu memompa darah secara maksimal. Sehingga membuat penderita gagal jantung mengalami sesak napas serta pembengkakan di bagian kaki dan tungkai. Hal tersebut terjadi karena adanya penumpukan cairan. Jika penumpukan cairan terjadi di saluran pencernaan akan membuat penderita gagal jantung merasa mual, dan perut kembung. Sehingga menyebabkan menurunnya nafsu makan pada penderita gagal jantung.


Itulah penyebab tidak merasa lapar yang biasanya terjadi. Agar nafsu makan kembali normal, sebaiknya melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Dengan begitu, bisa diketahui masalah kesehatan dan penanganannya dengan lebih tepat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.