Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Sering Merasa Cepat Haus Saat Puasa? Ini 5 Cara Meredakannya

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
05 Apr 2021
Clock Icon
4 menit
menahan haus saat puasa

Tidak terasa bulan Ramadan sebentar lagi kembali akan tiba. Salah satu tantangan saat menjalani puasa Ramadan tentu adalah menahan lapar dan haus dari sehabis waktu Subuh sampai masuk waktu Magrib.


Saat cuaca terik, menahan haus biasanya akan menjadi tantangan terberat. Banyak orang yang tidak bisa menahan haus ketika berpuasa. Apalagi tubuh manusia mengandung 60-70 persen air, wajar jika merasa haus saat tidak dibolehkan minum selama berjam-jam. Meski begitu, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tubuh tetap terhidrasi selama puasa. Sehingga rasa haus berlebihan bisa dikurangi.

banner consideration shipping bg blue

1. Jaga asupan air putih selama sahur dan buka puasa

Menahan tidak minum selama hampir 12 jam tentu menjadi tantangan tersendiri. Jika tubuh tidak mendapat asupan cairan yang cukup, maka tubuh bisa mengalami dehidrasi selama puasa. Apalagi selama ini kita memang disarankan meminum air putih sebanyak 8 gelas atau sekitar satu setengah liter per hari.


Selama puasa, kamu tetap bisa membuat tubuhmu terhidrasi, lho. Caranya adalah dengan menjaga asupan air putih saat sahur dan buka puasa. Kamu bisa membagi kebutuhan mengonsumsi air putih dengan meminum 2 gelas air saat sahur, 2 gelas saat berbuka puasa, 2 gelas saat sebelum tarawih, dan 2 gelas sebelum tidur.


Namun meski disarankan mengonsumsi cukup air, jangan mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak sekaligus. Sebab nantinya tubuh akan merespon dengan mengeluarkannya dalam bentuk urin yang banyak. Jadi pastikan kamu minum air putih secara bertahap.

2. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Sudah banyak yang tahu jika sayur dan buah baik untuk membantu menjaga stamina tubuh. Saat masuk bulan puasa, maka sayur dan buah seharusnya semakin banyak dibutuhkan. Konsumsi sayur dan buah tidak boleh dilewatkan apalagi saat menjalani puasa. Hal ini berguna agar tubuh tetap terhidrasi meski harus menjalani puasa selama belasan jam. Tak hanya menghidrasi, sayur dan buah juga memberikan nutrisi banyak nutrisi agar kadar air dalam tubuh tetap terjaga 


Beberapa jenis sayur dan buah yang memiliki kadar air tinggi sangat disarankan dikonsumsi saat berpuasa. Antara lain tomat, letucce, timun, dan semangka.

3. Kurangi konsumsi makanan asin dan pedas 

Bagi lidah Indonesia, jika tidak menyantap makanan asin dan pedas terasa seperti ada yang kurang. Namun saat menjalani ibadah puasa, disarankan untuk mengurangi makanan asin dan pedas.


Dikutip dari Kompas Health, mengonsumsi banyak makanan asin dan pedas hanya akan meningkatkan kebutuhan tubuh terhadap air. WHO menyarankan membatasi konsumsi sodium 2.400 miligram atau setara 1 sendok teh garam per hari.

banner consideration promotion bg blue


Tak hanya makanan tinggi garam, makanan pedas juga disarankan untuk dikurangi saat sedang menjalani ibadah puasa. Terutama saat makan sahur, sangat disarankan untuk mengurangi makanan pedas.

4. Kurangi konsumsi kopi

Bagi pecinta kopi, tak mengonsumsinya sehari saja terasa ada yang kurang. Namun jika kamu ingin ibadah puasa yang kamu jalankan lancar, maka lebih baik mulai mengurangi konsumsi kopi.


Kafein dalam kopi merupakan senyawa yang bersifat bersifat diuretik alias bisa menarik cairan untuk keluar dari tubuh. Kafein juga bisa meningkatkan kinerja ginjal lalu memiliki peran terhadap proses pengeluaran urin sehingga risiko tubuh kehilangan banyak cairan akan semakin besar.


Tak hanya kopi, minuman dan makanan yang mengandung kafein juga sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan apalagi saat bulan puasa.

5. Batasi kegiatan fisik untuk menghindari keringat berlebih

Saat kamu melakukan kegiatan fisik yang membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat, rasa haus pasti akan langsung menyerang. Hal ini dikarenakan cairan dalam tubuh menguap dan keluar dalam bentuk keringat. Oleh karena itu, tahan untuk melakukan kegiatan fisik yang berat saat menjalankan ibadah puasa agar cairan dalam tubuh tetap terjaga keseimbangannya.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Jika ingin melakukan kegiatan berat yang memicu keringat seperti olahraga, kamu bisa melakukannya saat mendekati buka puasa. Nantinya rasa haus yang muncul bisa langsung terbayar saat waktu buka puasa tiba.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.