Sering Merasa Kelelahan Setiap Hari? Jangan Remehkan!

20 Des 2018 @ 13:48:22
Rasa lelah atau kelelahan memang terkesan wajar ya, guys? Tugas dan pekerjaan yang banyak membuat kamu jadi kehabisan tenaga dan kelelahan pun tiba. Sederhananya, jika kamu mengalami kelelahan, istirahat untuk beberapa waktu akan membantu mengembalikan tenaga tubuhmu. Lantas, bagaimana kalau ternyata kamu sering merasa kelelahan setiap hari? Apakah wajar? 

Kenapa Kamu Bisa Jadi Kelelahan Setiap Hari?

Kenapa Kamu Bisa Jadi Kelelahan Setiap Hari?

Pada dasarnya, ketika kamu melakukan pekerjaan berat, pelan-pelan kamu bisa merasa kelelahan. Namun, permasalahan kelelahan tidak hanya sesederhana itu. Ada beberapa alasan kamu bisa merasa kelelahan setiap hari, antara lain: 
  • Aspek Medis dan Kesehatan Tubuh: Kelelahan setiap hari bisa saja diakibatkan oleh kondisi tubuh kamu yang menurun atau terdapat adanya penyakit di dalam tubuh. Beberapa kondisi yang harus kamu perhatikan jika sudah mengalami kelelahan adalah ketidakseimbangan tiroid, penyakit jantung, anemia, dan diabetes. 
  • Gaya Hidup: Kelelahan tentu tidak terlepas dari gaya hidup yang kamu lakukan sehari-hari ya, guys. Kalau kamu kurang tidur, tentu siangnya kamu akan mengalami kelelahan. Selain itu, makanan dan minuman yang kamu konsumsi juga berpengaruh pada energi dan tenaga yang kamu punya untuk beraktivitas. 
  • Kondisi Kejiwaan: Jika kondisi kejiwaanmu baik atau kamu tidak sedang stress, kamu tentu akan punya potensi untuk mengalami kelelahan pada siang hari. Tak hanya itu, jika kamu mengalami kesedihan dan depresi, kamu malah akan lebih mudah lelah ketika kamu sedang beraktivitas.

Sering Kelelahan Apakah Tanda Penyakit?

Sering Kelelahan Apakah Tanda Penyakit?

Kalau kelelahan sudah jadi ceritanya, tentu kamu akan merasa bahwa ada yang tidak beres dengan tubuhmu. Perasaan ini lantas membuat kamu menjadi was-was apakah kamu sedang memiliki penyakit serius atau tidak. 

Secara medis, para peneliti dan dokter mengatakan bahwa ada hubungan antara kelelahan yang dirasakan setiap hari dengan munculnya beberapa penyakit di dalam tubuh. Penyakit apa saja sih? Apakah salah satunya ada di tubuhmu?

1. Anemia, Penyakit Kurang Darah yang Sering Bikin Lemas

Jika kamu sering merasa lemas, kurang gairah, ataupun kelelahan, bisa jadi kamu mengalami kurang darah atau yang juga dikenal sebagai anemia. Ketika kamu mengalami kurang darah, itu artinya asupan oksigen ke seluruh tubuh menjadi terhambat atau tidak maksimal. Inilah yang bikin kamu jadi lemas dan lelah. 

2. Diabetes, 'Si Pembunuh' yang Biasanya Ditandai Dengan Kelelahan dan Sering Mengantuk

Jangan kaget kalau kelelahan dan sering mengantuk biasanya erat kaitannya dengan diabetes. Kadar gula darah yang tinggi menyebabkan beberapa glukosa dalam tubuh tidak terpecah dan terserap sehingga mengendap. Nah, hal inilah yang membuat tubuhmu terasa berat dan kelelahan tidak terhindarkan. 

3. Chronic Fatigue Syndrome (CFS), Gejala Kelelahan Dahsyat Pada Tubuh Seseorang

Ketika kamu mengalami ini, kamu merasa aneh karena kamu tidak tahu penyebab atau kegiatan yang membuat kamu merasa lelah. Namun, salah satu penyebab terbesar dari CFS adalah gaya hidup yang tidak berjalan dengan baik, seperti minum minuman beralkohol atau terlalu banyak makan makanan fast food

4. Penyakit yang Berkaitan Dengan Tiroid

Tiroid adalah salah satu kelenjar di dalam tubuh, letaknya di sekitar leher atau belakang telinga. Salah satu pekerjaan utama kelenjar tiroid adalah mengatur kerja hormon sehingga berjalan dengan fungsi dan porsinya. Untuk itu, ketika tiroid terganggu, tubuh kamu akan merasa kelelahan karena hormon berjalan tidak semestinya. Selain itu, gangguan pada kelenjar getah bening juga bisa menyebabkan kelelahan. 

Apa kamu sering mengalami kelelahan setiap hari, Lemonizen?

Artikel Terkait

Hari Hutan Sedunia: Jaga Hutan Tetap Lestari, Wujud Cinta Kita Kepada Bumi
Tahukah kamu bahwa setiap tanggal 21 Maret kita memperingati Hari Hutan Sedunia? Perayaan ini ditetapkan secara internas..
Shella Rafiqah Ully
20 Maret 2019
Lemonilo Hadirkan Mie Instan Alami Versi Kuah, Sudah Siap Seruput Kelezatannya?
Tak ada yang bisa menolak kelezatan yang ditawarkan oleh mie instan, apalagi harganya murah dan cara penyajiannya tidak ..
Shella Rafiqah Ully
15 Maret 2019
Wujudkan Indonesia Lebih Sehat, Lemonilo Hadirkan Lemonilo Mie Kuah Instan Alami
Indonesia menjadi negara kedua dengan konsumsi mie instan terbanyak di dunia setelah Tiongkok dengan 12.6 miliar bungkus..
Shella Rafiqah Ully
15 Maret 2019