Sering Merasa Sakit Kepala? Mungkin Kamu Terlalu Banyak Konsumsi Bahan Makanan Ini!

01 Apr 2018 @ 01:49:51
Kesehatan merupakan dambaan semua orang. Tak jarang, banyak orang mengorbankan waktu, uang, dan kebiasaan mereka untuk mendapatkan kesehatan itu. Kendati demikian, pernahkah kamu merasakan gangguan kesehatan padahal sudah setengah mati mengusahakan hidup sehat? Salah satunya adalah sakit kepala. 

Tak banyak yang sadar dan tahu kalau beberapa makanan justru dapat menyebabkan sakit kepala ketika dikonsumsi secara berlebihan. Masa sih? Makanan apa saja itu? Yuk, cek di artikel ini supaya pengetahuanmu semakin luas mengenai hidup sehat yang benar dan tepat!

1. Daging Olahan

Siapa diantara Lemonizen semua yang suka sekali dengan sosis, chicken nugget, atau kornet? Wah, kalau semua suka, mulai sekarang berhati-hatilah dan cermatlah dalam mengonsumsi berbagai macam makanan berbahan dasar daging olahan ini. 

Penelitian menyebutkan bahwa bahan daging olahan (processed meat) mengandung zat nitrat dan nitrit yang diketahui dapat memicu sakit kepala tiba-tiba ataupun berkepanjangan. Selain itu, bahan pengawet yang dimasukkan dalam beberapa produk daging olahan membuat jenis makanan ini semakin berbahaya karena bisa memicu kanker dan tumor.

2. Makanan Pedas

Buat beberapa kalangan orang Indonesia, makanan yang bercita rasa pedas merupakan suatu ketertarikan lain dalam bidang kuliner, apakah kamu salah satunya? Jika iya, cermat dan berhati-hati makan makanan pedas mulai sekarang! Jangan berlebihan!

Kandungan cabai di dalam makanan pedas mengandung bahan yang dikenal sebagai Capsaicin yang menurut beberapa penelitian dapat memicu sakit kepala ataupun migrain. Jadi, buat kamu yang punya migrain atau sakit kepala, jangan makan pedas dulu ya! 

3. Kopi

Wah, yang benar nih? Masa kopi bikin sakit kepala? Bukankah kopi justru meredakan sakit kepala? Jika kamu berpikirkan bahwa kopi merupakan minuman yang baik diminum ketika sakit kepala karena dapat meredakan sakit itu dengan cepat. Kafein di dalam kopi merangsang otak untuk bekerja dan meningkatkan oksigen. 

Sayangnya, jika terlalu banyak minum kopi, kamu juga akan merasakan sakit kepala yang bahkan bisa berkepanjangan. Kafein dalam kopi merangsang otak untuk bekerja lebih keras dan hal ini memicu respon berupa sakit kepala dan migrain yang amat mengganggu aktivitas kamu. Ingat, tubuh kamu hanya bisa menampung 200 mg per hari!

4. Keju Tua

Keju juga merupakan salah satu bahan makanan yang amat digemari oleh banyak kalangan di Indonesia bahkan dunia. Salah satu dari kamu pasti amat menggemari keju. Rasanya yang sedikit asin dan manis serta tekstur yang creamy membuat semua sulit menolaknya. 

Sayangnya, keju juga merupakan salah satu sebab dari sakit kepala yang kamu alami. Hal ini diakibatkan karena keju tersebut sudah berumur cukup tua sehingga kandungan tiramin naik dengan sendirinya. Tiramin inilah yang menyebabkan sakit kepala yang kamu alami. Semakin tua keju, semakin tinggi tiramin di dalamnya.

5. MSG 

Nah, ini dia salah satu penyebab terbesar dari banyak orang mengalami sakit kepala berkepanjangan. Monosodium Glutamate (MSG) pada dasarnya merupakan penyedap rasa yang membuat setiap makanan yang kamu cicipi punya cita rasa gurih luar biasa. 

Sayangnya, sifat MSG yang mengandung kadar garam tinggi menyebabkan zat ini banyak menyerap air di dalam tubuh. Alhasil, bahaya dehidrasi bisa saja menjangkiti kamu. Dehidrasi inilah yang menyebabkan aliran udara ke otak kamu jadi tersendat. Setelah itu, otak akan merespon dengan memberikan sakit kepala sebagai peringatan akan bahaya dehidrasi akibat terlalu banyak MSG di tubuh kamu. 

Nah, jika kamu sering mengalami sakit kepala dalam waktu yang panjang, kamu harus menghentikan atau mengurangi konsumsi bahan makan tersebut. Kecermatan dan ketelitian kamu dalam menjalankan hidup sehat akan membantu kamu mendapatkan hasil yang terbaik. Ingat, tak ada hal yang baik dari suatu yang berlebihan. Teliti dalam berhidup sehat!

Artikel Terkait

Kamu Punya Diabetes? Olahraga Berikut Ini Cocok dan Bermanfaat Untukmu!
Mungkin, kamu sudah memahami bahwa diabetes merupakan salah satu penyakit yang menimbulkan banyak korban jiwa di seluruh..
OT Handoko
14 Desember 2018
Sajikan MPASI Lezat dengan Kaldu Penuh Manfaat
Setelah buah hati mencapai usia enam bulan, Moms harus mulai menyiapkan makanan pendamping ASI (MPASI) untuknya. Maklum,..
OT Handoko
11 Desember 2018
Tahu Nggak Sih? Ini Lho Manfaat di Balik Sedapnya Bumbu Pelengkap Masakan
Ada gula, ada semut. Begitu juga, ada makanan tentu ada bumbu pelengkap masakan yang bikin lezat makanan. Bukan hanya me..
OT Handoko
10 Desember 2018